Selasa, 24 Juli 2012

Tertelan benda logam , apa yang harus dilakukan ?


Beberapa benda logam yang bisa dan  sering tertelan dalam beragam bentuk dan parade foto :








Banyak pasien atau orang tua dan kerabat pasien yang datang ke ruang praktek dokter bedah atau Dokter THT dengan wajah penuh ketakutan , pucat dan sesak nafas terburu-buru menjelaskan bahwa dirinya atau anak menderita baru saja tertelan benda asing . sering hal ini terjadi tidak di sengaja seperti peniti , peluru , gigi palsu , gunting , uang logam dll.

Umumnya benda asing seperti peniti atau jarum pentul sering tertelan karena kelalaian atau gegabah yang terjadi akibat kebiasaan yang tidak baik pada orang dewasa atau remaja.Dimana kebiasaan menggigit atau meletakkan peniti di bibir sewaktu memasang atau memperbaiki posisi jilbab atau kerudung di mana akibat kejadian yang tiba-tiba atau jika terbatuk atau bersin akan mengakibatkan benda asing tersebut tersedot atau masuk ke dalam.Ada dua ke mungkinan benda asing tersebut masuk bisa melalui tenggorokan dan masuk ke saluran nafas dan paru - paru atau masuk dan tertelan sampai ke lambung dan usus.

Kebiasaan tidak baik lagi pada penderita dewasa yang sering menggunakan senapan angin dengan meletakkan beberapa peluru senapan angin di dalam mulut sebelum di gunakan . sehingga besar kemungkinan peluru tersebut masuk ke saluran cerna.

Gigi palsu adalah hal lain lagi yang mesti di waspadai sebab benda tersebut memang sudah hari-hari ada di dalam rongga mulut.Harus di waspadai jika memang gigi palsunya sudah longgar ,goyang dan kurang kokoh harus segera di perbaiki ke dokter gigi anda.

Benda lain yang sering tertelan adalah coin atau mata uang logam dan sering terjadi pada anak-anak yang nota bene tidak di sadari oleh keluarga atau orang tua penderita.

Lalu jika di jumpai kasus seperti ini apa sikap anda selaku penderita atau orang tua penderita.Ynag pertama tentu anda harus pastikan kemungkinan jenis atau bentuk benda yang tertelan jika penderita sadar.Jika penderita tersedak dan sulit bernafas kemungkinan benda tersebut masuk ke dalam saluran nafas .Jika pada orang dewasa maka anda dapat menekan dada bawah penderita dari belakang  dengan kuat sampai benda bisa keluar . Atau tidurkan telungkup di meja dengan dada jatuh bebas ke bawah dan dada penderita di tepuk dari belakang berulang kali sampai penderita dapat bernafas dan benda bisa keluar.

Jika pada anak-anak penderita di baringkan telungkup pada paha penolong dengan dada keatas terjatuh bebas dan punggung di tepuk dan diurut sampai penderita bisa bersuara dan bernafas spontan.

Umumnya benda asing yang masuk ke saluran nafas menyebabkan penderita sulit bernafas , sesak dan tidak dapat bersuara atau berbicara.Sehingga penolong yang ada di sekitar penderita.Bila keadaan darurat telah terlewati maka penderita segera di lakukan pemeriksaan X-ray foto untuk memastikan posisi dan jenis benda yang masuk.dan untuk menentukan penanganan defenitif selanjutnya.

Jika  benda asingnya masuk ke saluran cerna umumnya relatif lebih tenang dengan resiko yang lebih sederahana.Benda yang sudah masuk ke dalam lambung hanya memerluka pemantauan dengan x ray foto setiap 4 jam apakan benda asingnya terus bergerak mengikuti posisi usus sampai ke anus.Setiap penderita buang air besar harus di lakukan pemeriksaan teliti untuk mencari apakah ada benda asing yang keluar jika sudah di jumpai maka pengamatan berakhir,

Jika belum keluar sampai beberapa hari maka perlu di pertimbangkan untuk melakukan tindakan operasi untuk mengeluarkan benda asing tersebut.


155 komentar:

  1. mau tanya ni min, saya pernah tertelan uang logam seratus rupiah yg warna kuning waktu berumur 3 atau 4 tahun, sekarang usia saya 19 tahun, menurut anda apakah uang tersebut sudah keluar dari dalam tubuh saya atau belum?
    plis kasih jawaban min, baru baru ini saya memikirkan kejadian itu, dulu saya gak kepikiran karna masih kecil dan takut untuk memberitahu orang tua saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal min ...tertelan logam adalah sesuatu yang sering terjadi apalagi terhadap anak-anak . dan itu telah terjadi kira-kira 15 tahun yang lalu..dari penuturan anda tadi kami bisa berinterpretasi bahwa anda tidak menyadari adanya masalah itu sampai dewasa ..dan mungkin juga tidak ada keluhan yg sangat mengganggu sehubungan dengan benda asing seperti gembung , sakit pada perut , susah bab dll. Sebenarnya untuk tahu masih ada atau tidak sangat sederhana caranya buat saja foto perut dan dada maka akan terlihat jika masih ada logam di dalam perut anda tks. Tapi saya yakin bahwa benda itu sudah tidak ada lagi dan umumnya akan keluar bersama kotoran lain tks.

      Hapus
    2. Siang dok,,saya tdi makan ,tp lidah saya ada tindikan peke spircing,pas saya makan spircing y ketelan tp yg ketelan sepircing yg buder u aja buat penutup spircing y dok,,apa itu bisa keluar dok lewat buang air besar,,saya da ketakutan dok..ksih jawabannya dok.tu bahaya pa tidak dan bisa keluar lewat buang air besar pa g dok

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ya..anda melakukan masturbasi dengan kelereng tapi kami kurang paham kelerengnya anda masukkan kemana ? sebaiknya anda menghindari memasukkan segala sesuatu yg kedalam rongga tubuh karena dapat menyebabkan infeksi. tks.

      Hapus
  3. Selamat Pagi Dok.
    Sy lg kuatir nih, isi staples tertelan. Sudah 2 hari ini saya melakukan pengamatan pada kotoran saya, tp kq blm ditemukan. Apa yg harus sy lakukan Dok?
    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya.suzan ...anda tertelan staples ...sudah dua hari masih belum di jumpai ...pada pemeriksaan kotoran..jika ikut kotoran seharusnya sudah keluar , apa mungkin sudah keluar karena massa kecil..Namun jika masih ragu silakan anda lakukan pemeriksaan dengan foto polos abdomen...x ray tks..

      Hapus
  4. Selamat malam n salam kenal dok....
    tadi pagi adik saya tertelan jarum pentul dok.umurnya 18thn dan setelah di rontgen jarum nya masih didada dok.apa yg sebaiknya kami lakukan dok??trimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak ...mohon maaf saya baru bisa jawab sekarang..jika adik anda tertelan jarum pentul ...masih ada tempat untuk melakukan observasi atau pengawasan saja 1 -2 x 24 jam dan setiap bab di periksa . jika pada pemeriksaan bab tidak di jumpai dapat dilakukan pembuatan foto xray ulang guna memastikan apakah sudah bergerak turun atau masih di sana atau sudah tidak ada...anda tidak perlu terlalu khawatir , sebab pada umumnya akan keluar dengan sendiri karena tubuh tetap akan menolak benda asing dalam bentuk apapun. tks

      Hapus
  5. selamat pagi dok...sy mau tanya anak sy 1,5 th ketahuan sy makan isi staples..lalu sy buka mulutnya dan sy temukan 1 isi staples tsb. Tp sy msh bertanya tanya dan ragu apakah sblm sy ambil isi staples dr mulut anak sy ada yg sdh tertelan?lalu sy bawa anak sy ke UGD untuk foto xray, tp kata dokternya kok "walaupun difoto tdk bs kelihatan krn ukuran benda asingnya terlalu kecil" apa bnr begitu dok?klo tdk difoto lantas bgmn menjawab rasa penasaran sy apakah anak sy menelan isi staples sblm sy temukan di mulutnya?terima ksih mohon penjelasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak ganis..anak anda 1,5 tahun menelan staples tapi masih dapat dikeluarkan 1 buah , namun anda khawatir kalau masih ada dan dilakukan konsultasi dan di buat foto polos perut anak namun tidak bisa terlihat atau tidak dijumpai lagi adanya staples dari pemeriksaan dengan foto x ray. Jika dari pemeriksaan x ray tidak terlihat kami yakin bahwa memang tidak ada lagi staples yang masuk ke dalam perut , karena meski kecil staples itu masih terlihat dengan x ray karena terbuat dari logam , ini berdasarkan pengalaman dari kasus - kasus yang kami hadapi., berapa lama dari kejadian anda bawa anak anda ke IGD dan di foto..? karena benda sekecil apapun dan setajam apapun umumnya akan keluar dari pencernaan atau rongga usus kita sebab tubuh kita akan menolak benda asing menempel di dinding usus dan selalu berupaya untuk mendorongnya ke luar. Jadi hampir 80 - 90 % benda logam yang masuk kemulut akan di keluarkan kembali melaluitinja atau kotoran..tks

      Hapus
  6. Pagi doc, bayi saya usia 15 bulan kemarin tertelan ujung earphone. Itu lho dok ujung earphone yg berbentuk karet bulat. Takutnya kenapa2... dan setelah 2 hr kok demam ya doc. Kuatir apa krn itu atau krn hal lain. Bayi saya sih ceria2 saja doc. Gmn ya doc. Lalu berapa hr sampe keluar feses? Terima kasih dok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya ... anak anda usia 15 bulan tertelan ujung earphone berbentuk karet bulat , saat ini sudah 2 hari dan ada demam saat ini.Namun kondisi bayi ceria saja . Dari pemaparan anda keadaan bayi anda baik-baik saja hanya saja ada keluhan demam atau febril.Demam bisa di sebabkan oleh banyak faktor dapat juga oleh masuknya benda asing tadi.Dan biasanya benda asing tadi akan sudah keluar dalam 24 jam.Permasalahan nya apakah sudah anda periksa bab anak anda ? untuk demamnya sebaiknya anda berikan obat penurun panas saja untuk sementara waktu ...seperti paracetamol syr 2 x sehari 0,5 sendok teh.

      Permasalahan bahan yang terbuat dari karet sulit di lihat dengan foto x ray . jika anak anda mengalami muntah dan sulit makan atau gembung sebaiknya di periksakan ke dokter tks ya..

      Hapus
    2. Dok .. anak saya usia 1 tahun ... 2hari yang lalu dia menelan ujung earphone yg berbentuk karet bulat ... anak saya tidak demam, tidak muntah, doyan makan dan aktif ... semalem anak saya PUP tapi di PUPnya tidak keluar karet tsb ... saya mau tanya dok bahaya gak bila karet tsb masi ada d tubuh anak saya ? Apakah bakal mengganggu perkembangan anak sya nntinya ? Dan apakah karet tsb bsa hancur d dalam usus ?? Tolong infonya yaa .. terimakasi doh

      Hapus
  7. sltm siang min maaf mengganggu sya mau tanya nih bru aj semalem pas sya abis minum yakult sya gk sengaja min botol yakult yg sya gigit itu besarnya ad seukuran ujung kelingking apakah bahaya atau tidak min dan jika di lakukan X Ray apakah bisa terlihat atau tidak karna kan benda tersebut terbuat dari plastik dan bukan dari logam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda minum yakult dan tertelan bagian dari botol yakult sebesar kelingking , jika bukan logam maka pemeriksaan dengan x ray memang tidak akan memberikan gambaran apapun sehingga tidak perlu di lakukan pemeriksaan x ray. Sebenarnya kalau kita ibaratkan makan sea food misalnya termakan cangkang kepiting atau cangkang udang maka dikorelasikan hampir sama dengan konsistensi olastik tersebut...jadi menurut hemat kami awasi saja dan dalam 24 jam atau lebih akan keluar bersama tinja atau feces. Sedang jarum pentul atau peniti aja dapat keluar sendiri . tks

      Hapus
  8. Dok, anak saya 9 bln. Saya tdk mengetahui persis kejadiannya, kmrn tiba2 anting anak saya hilang sblh, entah tertelan atau memang hilang. Sya cari2 kmn2 jg tdk ada. Tp tdk tau knp anak sya muntah tdk tau sebabnya. Dan klo makan atw minum susu itu d muntahkan lg. Apakah memang anting itu tertelan dok? Tp anak saya ceria, tdk rewel. Atau cm masuk angin? Mohon penjelasannya, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya....anda khawatir anak anda menelan anting anak anda yang lain , namun anda kurang yakin . keyakinan anda semakin bertambah dengan kejadian di mana si kecil yang berusia 9 tahun selalu mengalami muntah saat makan atau minum susu. Jika masih berlangsung dalam 24 jam atau 2 x 24 jam. Jika anda mengalami keraguan dengan anak anda sebaiknya di konsultasikan ke dokter anak agar di rancanakan pembuatan foto abdomen atau perut . sebab jika anting yang terbuat dari logam akan terlihat dengan foto polos perut atau X ray biasa..tks

      Hapus
  9. malam dok..saya mo nanya.kira2 dua hari yang lalu saya pas makan kayak menelan sesuatu..seperti seteples..trus skarang dada saya agak terasa sakit,apakah itu pengaru seteplesnya dok..?? makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...anda meras tertelan benda logam berbentuk staples namun tidak dapat di pastikan , sekarang anda merasa ada rasa nyeri pada dada , umumnya benda logam yang tertelan akan di keluarkan kembali oleh tubuh melalui bab jika anda rajin untuk memeriksa bab anda sendiri tentu dalam 1 atau 2 hari benda itu akan ada di feces anda . namun jika sudah lama masih ragu anda tidak ada salah untuk memeriksa melalui x ray perut dan dada tapi sebaiknya anda konsultasi dulu ke dokter .

      Namun perlu di ketahui bahwa benda asing sebesar staples bisa saja tidak terlihat namun . Rasa panas yang anda rasa bisa di sebabkan oleh iritasi di lambung oleh berbagai causal. Jadi pastikan saja terlebih dahulu kalau tidak terlihat dengan x ray sebaiknya anda menenangkan diri dulu sambil melakukan evaluasi tks

      Hapus
    2. pagi dok,, anak saya kemaren tertelan anting anting cemana ya dok mengeluarkan nya

      Hapus
  10. Dok, saya mau nanya. Sepertinya saya td sengaja menelan straples 10 jam yg lalu, nah pagi tadi saya coba makan makanan yg padat seperti mie instan dan susu kental sekali. Boleh saya tanya, umpama memang benda sekecil straples bisa keluar melalui feses, makanan apa saja yg bisa membantu pergerakan peristaltik pada usus sehingga bisa mendorong straples keluar melalui feses? Terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya , kami cukup kaget jika benar pernyataan anda yang menyatakan sengaja menelan stapler , tapi setelah kami amati lebih teliti ternyata td yang anda maksud adalah tidak bukan maknanya tadi. Anda telah mengalami hal tersebut 10 jam yang lalu. sampai - sampai anda telah makan semua makanan yang akan mengeraskan feces.

      Seharusnya tidak perlu anda sampai khusus banget memilih makanan dan makan cukup seperti kegiatan seperti sebelumnya . karena secara alami dan normal akan keluar dengan sendiri. sesuai gerakan peristaltik usus jadi tidak perlu juga diberi atau di konsumsi obat untuk merangsang kontraksi usus.

      Pada kenyataan cukup sering kami dikeluhkan akibat tertelan staples , biasanya ini akibat makan nasi bungkus atau makanan lain yang di klip atau di pasang dengan stapler. Jadi perlu dijaga agar jangan terburu-buru saat anda kelaparan dan ingin makan atau minum sesuatu. Lalu pastikan bahwa stapler benar-benar telah di buka , diambil dan di buang atau di jauhkan dari makanan , sebab sering karena kecilnya saat membuka dilakukan penarikan bungkus makanan dengan tergesa-gesa dan tidak di perhatikan bahwa stepler tersebut jatuh dan masuk ke makanan kita. tks

      Hapus
  11. dok mau nanya kalau tertelean isi staples itu harus bagaimana? apa harus makan makanan tertentu agar isi staples keluar? mohon bantuan nya terimaksih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...jika tertelan benda asing atai yang tajam seperti staples atau tulang sebenarnya tidak ada makannan khusus yang mesti di makan . dan jenis makanan tidak juga akan mempercepat proses keluarnya benda asing tersebut , malah bisa lebih berbahaya karena gerakan peristaltik usus yang terlalu kuat bisa melukai permukaan mukosa usus. Mungkin makanan seperti nasi atau roti dapat membantu mengikat benda asing sehingga tetap berada di dalam lumen usus..yang lebih perlu anda perhatikan adalah mencari benda tersebut dengan mengevaluasi dari bab atau memeriksa dengan foto x ray...tks

      Hapus
  12. Dok seumpama bumil makan tertelan steples apa berbahaya untuk bayi yg ada di perut terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya regina...anda tertelan steples saat ini yang jelas jika menimbulkan masalah tentu akan langsung ke anda misalnya infeksi dll . dan efek kepada bayi anda adalah tidak langsung misal anda mengalami infeksi , demam dll tentu akan tidak baik juga terhedap kesehatan bayi. Sebaiknya di pastikan melalui pemeriksaan feces anda saat bab agar perasaan anda menjadi lebih baik.
      Dalam keadaan hamil tentu pemeriksaan yang menggunakan modalitas x ray dan yang sejenis perlu dihindari atau di minimalisir dan melihat usia kehamilan .

      Namun secara langsung tidak berefek ke pada bayi tsb tks

      Hapus
  13. dok, saya ragu2 apakh ank sy tertelan uang logam atau tidak karena ia memainkan uang logam 4 dan ketika dilihat uang logam tgl dua. ia tidak terlihat batuk dan mengeluhkan apa2. tanda2 anak yg tertelan uang logam bagaimana ya? apakah pemeriksaan dg foto x ray itu menimbulkan efek samping tdk? ank sy berumur 2 tahun kurang 10 hr.

    BalasHapus
  14. Selamat siang dan salam kenal pak Ahmad, tertelan benda asing dalam hal ini uang logam, bisa bergejala klinik ataupun tanpa menimbulkan gejala, tergantung ukuran dari benda asing dalam hal ini uang logam, solusi yang dapat kami sarankan jika kasusnya terjadi kurang dari 48 jam dapat dianjurkan pemeriksaan x ray, walaupun tentunya dengan mempertimbangkan cost and benefitnya, tks

    BalasHapus
  15. dok, aku punya gigi kecil yang tumbuh diblakang gigi atas aku trus giginya goyang. rencana hari ini mau dicabut. tapi sepertinya semalam pas tidur itu giginya terlepas sendiri dan tertelan dok karna tadi pas bangun giginya sudah tidak ada. itu gimana yah dok?berbahaya ga?
    makasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya anita , anda mengeluhkan tertelan gigi sendiri yang copot ..itupun terjadinya saat tidur..anda tidak perlu terlalu khawatir karena kejadian seperti ini sering terjadi namun karena gigi biasa tidak besar dan tidak tajam juga sehingga umumnya akan lancar sampai ke saluran akhir..yang sering mengalami kesulitan adalah orang tua dengan gigi palsu yang lepas dan tertelan , biasanya ada kawat segala dan punya penyantol segala sehingga kerap tidak mulus sampai ke saluran akhir. sehingga jika dalam 2x24 jam mesti di periksa dimana posisinya . untuk memstikan anda dapat periksa saja feses nya jika sudah berjumpa yo wes. Tapi jika tidak berjumpa atau anda ragu bisa di lakukan pembuatan foto polos perut dengan x raya ..biasanya terlihat..tks

      Hapus
  16. Malam dok...kmrn saya mengerjakan tugas pada malam hari.tapi saya lupa menaruh flash disk saya.apakah mungkn flash disk sya termakan saya waktu saya tidur?
    karena smpe skrng flash disk sya blm dtemukan.terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...anda ragu dan cemas bahwa anda telah tertelan flash disc , ini suatu kasus yang sangat jarang dan belum pernah saya temui ...namun jika telah anda cari secara jelimet dan teliti memang tidak anda , serta anda merasa yakin ada tertelan sesuatu silakan di buatkan foto x ray pada perut,,,dan awasi bab tks

      Hapus
    2. jika tidak keluar dari feses.apakah mungkn akan terasa sakit dok?

      Hapus
    3. selamat siang ya , jika bisa tahu saya seberapa besar ukuran flash disc anda karena ada yang kecil dan yang besar ukuran flash disc tersebut..jika tidak keluar bisa karena memang tidak ada flash dish yang tertelan atau tersangkut pada tempat-tertentu..jika nyangkut tentu biasanya ada keluhan jika menimbulkan sumbatan atau infeksi..tapi jika tidak bisa juga tanpa keluhan..tks

      Hapus
  17. Bagaimana jika tertelan plastik kecil? apakah kesan dan cara penyelesaiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tertelan benda plastik kecil memamng tidak bisa terlihat dengan x ray , namun jika tidak ada bagian yang tajam ya di observasi aja dengan mengevaluasi benda tersebut...tks

      Hapus
  18. Kmarin malam saya secara tidak sengaja menelan 7 butir peluru baja yg kira2 sebesar telur cicak..
    paginya saya sengaja BAB untuk mengeluarkan peluru tersebut,setelah itu saya cek tidak ada satu pun..lalu sore nya saya kembali melakukan hal yg sama..dan ternyata sama saja..apakah mungkin peluru tersebut masih bersarang di tubuh saya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda tertelan peluru senapan sebesar telur cicak sebanyak 7 butir..dibawah 24 jam namun saat anda periksa ternyata belum dijumpai...ada beberapa kemungkinan yang bisa jadi logika karena bisa saja benda yang tertelan itu masih belum sampai ke anus karena masalah konstraksi dan lain2. atau mungkin anda mencarinya kurang teliti ..sebab bab mesti di tempatkan di atas bahan yang keras sehingga akan terasa saat di tekan..

      Jika setelah dua hari anda belum juga menemukan benda tsb sebaiknya anda konsultasikan ke dokter untuk di lakukan pemeriksaan foto x ray..pada perut. tks

      Hapus
  19. Dok, kemarin saya secara tdk sengaja memakan kawat seukuran 2 cm.. Apakah hal tersebut tdk apa2 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya steven ...anda tertelan kawat panjang 2 cm ...sebenarnya cukup kecil namun jika pinggirnya tajam dan runcing mesti dii waspadai juga benda tersebut. mohon deskripsikan lagi besarnya kawat sebab jika sangat halus tentu juga tidak terlalu membahayakan., Jika dalam dua hari anda sudah periksa dan tidak di temukan coba dilakukan pemeriksaan ke dokter terdekat , mungkin perlu dilakukan pemeriksaan foto polos perut..tks

      Hapus
  20. selamat siang dok, anak saya berumur 9 bulan, seminggu yang lalu anak saya kehilangan cincinnya, tapi saya tidak tau apakah itu memang hilang atau tertelan, karena anak saya tidak menunjukan gejala apapun. Ada yang bilang kalau tertelan cincin akan keluar melalui BAB, tapi saya perhatikan setiap BAB tidak juga saya temukan. Dan sampai saat ini anak saya juga tidak menunjukan gejala apapun. Bagaimana menurut dokter? apakah perlu dilakukan pemeriksaan dok? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..anak anda tertelan cincin berdasarkan kecerigaan anda ..namun setelah di periksa tidak dijumpai adanya cincin tersebut. normal memang jika cincin itu sederhana dan bulat serta tidak ada bagian yang tajam maka cincin akan keluar dengan sendirinya. Namun jika beluam di jumpai pada kotoran yang anda periksa lebih dari 2 hari sebainya di lakukan foto x ray jika terbuat dari logam maka akan terlihat ... tks

      Hapus
  21. Siang dok.tadi malam anak saya tertelan benda tajam kaya peluru pistol ...sdh ada n brda dlmbung wktu di x ray...dri tde mlm smpai skrng gak ada kluar...terus g mna sbaiknya...umur anak q 1,7thn

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya...anak anda tertelan benda spt peluru dan telah terlihat dengan x ray..jika tidak ada masalah dan tidak ada keluhan sebaiknya di awasi . namun anda mesti konsultasi dan mengawasi anak anda seetiap 3 hari dan dilakukan pemeriksaan x ray secara serial..untuk melihat perkembangan posisi dari benda asing tersebut...

      Hapus
  22. malam dok saya mau nanya jadi gini ibu saya tadi siang kan lagi makan siang lalu dia tersedak tanpa sengaja gigi palsunya (depan) tertelan tapi cuma 2 beserta gompelan gusi plastik penyangga gigi tsb dan sisanya 2 berhasil keluar saat tersedak, yg tertelan tdk ada kawatnya kira-kira ukurannya 1,5cm. apakah bisa keluar nantinya melalui feses? apakah ini berbahaya? mohon dijawab ya dok, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya salwa , ibu anda tertelan gigi palsu dan tersedak , ini termasuk kejadian yang sering terjadi makanya saat akan melakukan operasi biasanya pada orang tua diwajibkan untuk membuka gigi palsunya. Begitu juga pada orang tua pegangan gigi palsu jelas sama sekali tidak ada atau sedikit sekali sehingga mudah untuk copot. atau longgar.

      Gigi yang tertelan ukurannya 1,5 cm harusnya jika tidak ada kawat dapat keluar sendirinya melalui feces. namun jika sudah lebih dari dua hari belum keluar sebaiknya di lakukan pemeriksaan x ray , usg atau ct scan. sesuai urutan . jadi berbahaya jika tersedak dan masuk ke paru 2, atau nyangkut di katub sal makanan. tks

      Hapus
  23. Dok... Selamat Malam ... Saya ketelan Tembaga Kabel Menurut Dokter berbahaya ? Panjang nya sampai 1 CM lebih.. Saya khawatir Apa kah Tembaga Nya udh Keliar atau belum ? Kejadian udh 2 hari yang lalu saya ga ada amati Kotoran saya.. Saya berumur 13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya anda tertelan kabel tembaga sudah 2 hari yg lalu panjang 1 cm , apakah saat ini anda merasa ada keluhan pada bagian perut atau dada ? jika ada boleh juga anda berkunjung ke igd untuk pemeriksaan x ray peurt dan dada , biasanya kalau sudah keluar tidak akan terlihat lagi pada pemeriksaan x ray . kalau masih terlihat mungkin perlu pemeriksaan dan kontrol yang lebih serius tks

      Hapus
  24. salam doktor. anak saya temakan play doh bahaya tak. yg dimakan doh nya. doh yg did beli do pasaraya.bahaya tak doktor????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya...jika boleh tahu di mana anda berdomisili..? kami kurang jelas yang anda maksud dengan play doh ini > kira2 bendanya berbentuk seperti apa ? seberapa besar ? , bahannya apa ? dan apakah ada bagian yang tajam ?. Jika bulat , tidak tajam dan tidak besar maka anda tinggal awasi apakah benda tersebut keluar saat anak bab dalam 2 x 24 jam jika adakeluhan cepat di bawa ke dokter agar di periksakan dengan x ray jika logam atau sejenis akan terlihat dengan x ray. berbahaya jika , menyumbat atau menusuk dinding dari usus..tks

      Hapus
  25. Malam dok, anak saya laki-laki berumur 2 bulan...kemarin kakeknya memberikan cincin dan gelang emas dan langsung dipakaikan. Sewaktu dimobil saya lihat sarung tangannya sudah terbuka, dan bayi saya asyik menghisap jarinya, tapi saya lihat cincin nya sudah tidak ada...Saya panik dan langsung mencari dimobil dan rumah tapi tidak ditemukan. Apa mungkin cincin itu bisa tertelan bayi berumur 2 bulan dok? reaksi bayi saya biasa saja tetap ceria cuma sesekali batuk, kejadian sudah 1x24 jam dan setiap BAB saya cek namun saya tidak menemukan apa2..saya sangat khawatir dok, apakah sebaiknya saya harus langsung membawa anak saya ke dokter untuk dilakukan rontgen? atau saya menunggu 1x24 jam lagi sambil terus memeriksa BAB nya? apakah cincin itu tidak membahayakan anak saya?terima kasih sebelumnya dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..anak usia 2 bulan yang telah terpasang cincin dan saat ini tidak di jumpai lagi cincin di jari si anak . Sebaiknya dilakukan pemeriksaan kotoran anak setiap mengganti popok karena bisa saja cincin tersebut tertelan oleh anak . biasanya pengosongan lambung terjadi dalam 1x24jam pertama.Jika kondisi anak biasa saja anda tidak perlu terlalu khawatir . Jika dalam 2 atau 3 hari bisa anda konsultasikan ke dokter anak agar dilakukan pemeriksaan rongent..tks

      Hapus
  26. malam dok mau nanya. kemarin gak sengaja makan sesuatu trus kayaknya ada isi staples yang nyangkut ditengorokan saya. dan pas saya coba muntahkan. malah keluar darah sedikit dari muntahan saya dan staplesnya masih tetap nyangkut. trus setelah besok nya masih kerasa menganjal ditengorokan staplesnya. dan kerasa sakit dan ngilu. saya harus gimana ya dok? kalau harus diperiksa harus ke dokter apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda tertelan staples dan nyangkut di tenggorokan , sudah terjadi 1 hari.yg lalu. Jika masih terlihat atau nampak pada penglihatan langsung sebaiknya anda konsultasikan ke UGD pada dokter bedah atau dr THT agar bisa di buang atau di ambil secara langsung dengan pembiusan adan alat khusus . Namun jika tidak terlihat maka di perlukan pembuatan foto x ray guna memastikan staples sudah turun atau masih tersangkut di tenggorokan ..tks

      Hapus
  27. Tadi pagi saya makan basreng tanpa sengaja gigi saya ngunyah isi steples langsung saya muntahkan...tapi saya mau tanya gimana gejala kalau kita tertelan isi steples..umpanya saya termakan sebab saya gak tau kalau yang lain tertelan..sya kalu makan sering buru buru trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..anda tertelan staples saat makan , makanya kalo makan jangan terburu-buru mesti di kunyah dengan baik mang , karena bahan makanan yang tidak di kunyah baik tentu akan di cerna dengan tidak baik oleh usus anda. Tertelan isi staples adalah sesuatu yang sering terjadi sebagaimana juga telah di keluhkan oleh mas andreas di atas. biasanya akan keluar sendiri mengingat staples tidak terlalu besar , namun kadang bisa juga melukai dinding mukosa saluran usus sehingga menempel untuk waktu yang cukup lama. Keluhan nyeri , sakit di perut jarang , namun jika terjadi infeksi biasanya di iringi oleh rasa sakit dan demam . keluhan , mual dan muntah juga bisa muncul meski itu tidak spesifik dan tidak khas. Pemeriksaan x ray dapat anda lakukan namun sebaiknya konsultasi ke dokter bedah atau penyakit dalam. tks

      Hapus
  28. Assalamualaikum dokter, salam kenal saya Kone dari padang (20thn).. kemarin saya makan cemilan (kue) sadar isi steplesnya udah ngak ada.. dan saya lupa apakah isi steplesnya udah saya buang atau ketelan (T_T) Jikalau ketelan dok, (mudah-mudahan ngak ketelan) :

    1. apakah isi steples bisa nyasar dan efek samping ke jantung/paru-paru?
    2. apakah akan melukai usus dok?
    3. berapa lama sembuhnya dok rata-rata pengalaman?
    4. apa tanda kalau sudah sembuh dan belum sembuh dok?
    5. apakah ada pengalaman orang death gara-gara ketelan steples dok?

    jujur takut bgt krna baru perdana nglamin mslah bgnian..
    baca d google ad yg blang bhaya (nakutin aja), ada yg bilang aman nnti kluar di pup (lega)..
    kata emak sama bpak gpp nnti jg kluar d pup (mngkin cuma menghibur)

    maunya sih rongent tp saya takut ke rumah sakit / puskesmas dok... (scary hospital)
    mohon pencerahannya dokter.. terima kasih banyak salam sejahtera dok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb ..selamat sore dan salam kenal ya..mas kone..anda merasa tertelan staples dari makanan yang anda telan ...atau apakah anda mempunyai keluhan di sal cerna ?

      1 . sangat tidak mungkin saples tersebut akan masuk ke dalam jantung namun ke paru 2 adalah cukup sering jika kita tersedak saat terbukanya katup sal nafas misalnya terbatuk atau lainnya.

      2 . ya memang bisa melukai usus atau menembus jika ada bagian yang tajam , namun biasanya usus sendiri akan mendorong staples itu keluar.

      3 . jika normal akan keluar dalam 1 - 2 x 24 jam ...bisa anda periksa kotorannya saat bab.dan tentu tidak ada keluhan

      4 . jika saat di periksa bab anda tidak temukan boleh di lakukan pemeriksaan x ray untuk melihat posisi logam staplernya.

      5 . Resiko kematian tentu saja ada jika yg tertelan adalah alat yang lebih besar dan tajam , namun untuk stepler cukup sering terjadi dan sangat jarang diketahui menyebabkan kematian..tks

      Hapus
  29. Dokter anak saya makan play dough, mainan anak" seperti bentuk lilin lunak yg bisa di bentuk" gitu dok. Tau kan? Kira" bahaya ga yah? Sy ga tau dy mkn brp byk, tp sepanjang hari ini, dia ga mau mkn nasi. Anak nya si masi ceria sprti biasa aja. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mbak dian ..anak anda bahan mainan yh berbentuk seperti lilin , jika bahannya tidak beracun dan tidak bersifat korosif maka benda itu akan keluar kembali melalui feces. jika anak anda masih ceria dan aktif seperti biasa sebaiknya anda wait and see saja dulu , jadi jika dalam beberapa hari ada tanda mencurigakan baru anda periksakan ulang tks

      Hapus
  30. Slamat malam dok, tadi sore saya minum air gelas kemasan , saya membuka pake tangan , tak disengaja potongan plastik tertelan ,,, dan sekarang masih nyangkut di tenggorokan.. Gimana solusinya dok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya andaminum segelas air dan bersama air minum anda tertelan potongan plastik yang terasa masih nyangkut di tenggorokan anda . apakah plasti yang anda maksud keras atau lembut ? jika tidak tajam maka sebaiknya anda menunggu saja karena akan keluar bersamo kotoran nantinya . namun jika keras dan tajam mungkin harus anda pastikan keluar dari bab , sebab bisa nyangkut dan melukai dinding usus dan sulit di lihat dengan sinar x ray ..tks

      Hapus
  31. reaksi apa yah dok kalau tidak sengaja tertelan isi staples yah dok... tapi saya tidak tahu karena saya makan camilan keras dok... lah sya takut terus saya minum air putih terus dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..jika tertelan staples sering akan keluar kembali saat bab terutama dalan 1-2 x 24 jam jika tidak di jumpai anda dapat melakukan pemeriksaan rongent untuk melihat posisi dari staples tersebut. dan sebaiknya anda rasakan di rongga perut apakah ada nyeri atau gembung yang berulang...tks

      Hapus
  32. Dok tadi saya baeu saja makan nasi bungkus yg di ikat staples dok, staples itu tertelan dok dan ada rasa nyangkut di tenggorokan sebelah kiri saya dok. Mohon dok solusinya dok, jujur saja saya panik ini dok sampai" ingin operasi saya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya anda tertelan staples dan saat ini terasa menganggu di tenggorokan kiri , langkah yang perlu anda lakukan adalah tenang rileks dan berpikir jernih . permasalahan yang mungkin bakal terkjadi adalah adalah infeksi . jika staplesnya masih terlihat anda bisa minta tolong ke dokter sp tht untuk mengambilkannya dengan cara berkonsultasi langsung ke dr ahli tht . jika sudah tidak ada di tenggorokan bisa anda lakukan pengecekan melalui feces atau x ray untuk melihat posisi dari staples tks

      Hapus
  33. selamat siang,mau tanya Dok,anak saya menelan jarum pentul dan x Ray sudah posisi di lambung,bagaimana cara mengeluarkannya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang mohon maaf setelah sekian lama tidak aktif karena berbagai kesibukan baru saat ini kami bisa membuka dan membaca comment anda..baik anak anda umur berapa ..? saat ini tertelan jarum pentul ..dan sudah jelas terlihat dengan foto x ray...dengan posisi di lambung..sudah berapa hari dari kejadian sampai saat ini terlihat di foto x ray ??. jika tidak menimbulkan keluhan dapat di awasi terlebih dahulu sambil di lakukan evaluasi x ray setiap hari jika bergerak ke arah bawah di biarkan. kami pernah mendapat pasien dengan benda asing di lambung sampai 3 bulan dan suatu saat penderita mengalami muntah dan benda asingnya ikut keluar bersama muntah. Jika tidak keluar dalam sekian lama dapat juga di lakukan tindakan gastroscopy intuk melihat dan mengambil atau dengan operasi terbuka.tks

      Hapus
  34. dok saya mau tanya, 4 hari yg lalu sy rasanya antara tertelan isi staples dan tidak, saat makan mie, kalau memang termakan bahaya kah atau tidak dok, Terimakasih Mohon Di Jawab dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya adit...jika tertelan benda asing yang kecil seperti steples biasanya akan di tolak oleh dinding usus dan akan di keluarkan kembali bersama kotoran anda ...sangat jarang benda asing kecil terbut nyangkut di saluran cerna ...dan pemeriksaan x ray untuk benda asing seperti staples itu sulit di lihat ..tks

      Hapus
  35. Selamat siang Dok suamiku td pgi potongan gigi palsunya tertelan.. Bagaimana cara mengatasinya?.. Bahayakah untuk kesehatan?.. Bisa keluar lagi ga tu potongan gigi palsu?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya ...untuk kasus tertelan gigi palsu jika tidak terlalu besar dan tajam bisanya akan keluar dalam waktu 1 atau2 hari keadaan ini bisa di pantau dengan pemeriksaan serial atau berulang x ray . jika dari pemeriksaan tidak terlihat lagi gambaran gigi palsunya maka berarti sudah keluar bersama kotoran...tks

      Hapus
  36. Selamat pagi dok.. Saya ga sengaja menelan se tetes air raksa atau mercury ... Cara penanggulangan terbaik sebelum keracunan apa yg musti di lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya tertelan air raksa adalah kasus yang jarang di jumpai termasuk kami jadi mengingat resiko keracunan dan hal lain yang tidak di inginkan sebaiknya anda segera konsultasikan ke UGD hal yang anda alami tsb tks

      Hapus
  37. Siang dok saya mau bertanya tadi saya tersedak makanan pedas lalu saya batuk2 dan ternyata di dada kanan saya terasa panas dan mengganjal, lalu saya coba minum pelan pelan dan rasa panasnya berangsur hilang apakah makanya masuk ke paru2 dok? Bagaimana ya dok cara mengatasinya mohon bantuanya ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..dari keluhan anda sepertinya ada cairan atau makan yang masuk ke dalam rongga sal nafas , dan batuk adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau makanan tadi dan rasa panas bisa di sebabkan oleh bahan makanan pedas yg masuk ..jika tdk sesak nafas di biarkan saja namun jangan di paksa untuk minum jika masih batuk atau sesak. cairan akan di serap secara perlahan untuk waktu yang tidak terlalu lama tks

      Hapus
  38. Doc mau tanya, barusan saya nelen tindik logam yg buat kuping, sya iseng iseng gigit tindik itu..tpi yg terjadi malah ketelen, saran docter buat saya apa doc..dan apa yg harus saya lakukan ? Pertama sih tindiknya sempet berhenti di tenggorokan, tp saya tidak sadar kalau itu tindik, jadi saya telen doc..mohon sarannya..makasih doc..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ..benda tajam yg tertelam memang berpotensi untuk tersangkut di sepanjang saluran makanan namun ttubuh sendiri juga punya mekanisme penolakan terhadap benda asing sehingga jika tidak ada keluhan di perut di awasi saja dan di kontrol atau di pantau setiap hari dengan x ray di mana posisi benda tajam tersebut jika bergerak terus atau berobah maka benda tersebut akan keluar melalui BAB tapi jika nyagkut maka pilihan operasi baru menjadi pilihan...tks

      Hapus
  39. Ass
    Dok Tadi Pagi Saya Tidak Sengaja menelan Baut Kamera Dan Sampai Sekarang Masih Terasa mengganjal di Tenggorokan, Apabila Turun ke saluran pencernaan apa bisa keluar lewat BAB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass ..selamat malam dan salam kenal ya mas hairul...baut kamera sebesar apa ya ? jika tidak besar lebih dari 1 cm biasanya akan turun dan keluar melalui bab ..awasi bab anda dan jika tidak di jumpai dapat di lakukan pembuatan x ray tks

      Hapus
  40. Selamat pgi dok..
    Maap dok sya mau nanya ..
    2 hari kmaren saya menelan 1 biji peluru senapan angin...
    Bahaya gak dok?
    Kecendrungan keluar lewat bab atau tinggal di perut menimbulkan penyakit lebih besar mana dok?
    Tolong dok ..
    Saya takut ..
    Karena sya juga pernah operasi usus buntu saat masih umur 10 thun...
    Skarang dah dewasa...
    Terima kasih perhatiannya ...
    Smoga dokter diberi kesehatan dan panjang umur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...problem anda sama dengan yang lain apalagi peluru senapan angin cukup kecil sehingga akan mudah mengalir mengikuti saluran pencernaan dan dapat di looking for pada tinja anda atau dilakukan dengan pemeriksaan x ray ..tks

      Hapus
  41. Selamat pagi dok ..
    Maap sya may nanya ..
    2 hari kmaren sya menelan peluru senapan angin 1 biji ...
    Bahaya gak dok?
    Kecendrungan keluar lewat BAB atau tinggal di perut menyebabkan penyakit lebih besar mana dok?
    Tolong dok .
    Sya takut ..
    Karena saya dulu saat masih kecil pernah operasi usus buntu (udah pecah)...
    Terima kasih ..
    Smoga dokter di beri kesehatan dan kebaikan agar terus bsa memberikan masukan pada orang 2 yg meminta masukan ...

    BalasHapus
  42. Selamat pgi dok..
    Maap dok sya mau nanya ..
    2 hari kmaren saya menelan 1 biji peluru senapan angin...
    Bahaya gak dok?
    Kecendrungan keluar lewat bab atau tinggal di perut menimbulkan penyakit lebih besar mana dok?
    Tolong dok ..
    Saya takut ..
    Karena sya juga pernah operasi usus buntu saat masih umur 10 thun...
    Skarang dah dewasa...
    Terima kasih perhatiannya ...
    Smoga dokter diberi kesehatan dan panjang umur

    BalasHapus
  43. Dokter baik banget sama semua orang yang ingin bertanya. Padahal biasanya dokter itu cuek. Tapi dokter yang ini baik hati :D semoga sukses doc ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal serta terima kasih ya..

      Hapus
    2. Selamat pagi dok..saya td malam tertelan kawat behel kurang lebih 1 cm an.. gmn dok apakah berbahaya??

      Hapus
  44. Dok.. kemarin aku ga sengaja nelen staples dan ini kayaknya nyangkut deh d tenggorokan.. musti gimana atuh dok? Bahaya ga dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..anda tertelan staples satu hari bisa saja mengalami infeksi dan menyebabkan rasa kurang nyaman di tenggorokan ...sebaiknya anda periksakan ke dokter untuk di periksa tenggorokannya dan pembuatan x ray foto serta pemberian obat seperti anti biotik dan pengurang nyeri...tks

      Hapus
  45. Slam dokter, saya gelisah, sudah 4 hari saya ketelan biji korma, dan ahir2 ini sulit buang air besar... apakah biji korma ini bisa keluar dgn sendirinya? Upaya apa yg bisa saya lakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya anda tertelan biji korma yang sebenarnya bukanlah benda tajam ...mestinya biji korma tersebut akan keluar dengan sendirinya bersama bab ..gejala sulit bab bukan mutlak dari adanya biji korma tersbut jika tidak ada hal-hal yang berat seperti muntah 2 sakit perut yg mengganggu berulang-ulang maka selayaknyalah anda tidak perlu mengkhawatirkan nya ...dimana anda berdomisili ? tks

      Hapus
  46. Slam dokter, saya gelisah, sudah 4 hari saya ketelan biji korma saat berbuka puasa, dan ahir2 ini sulit buang air besar... apakah biji korma ini bisa keluar dgn sendirinya? Upaya apa yg bisa saya lakukan.

    BalasHapus
  47. Selamat siang dok.
    Anak saya umur 3,8th 2 jam yang lalu tertelan uang logam seribuan yang mirip koin
    Tapi dia tidak tetsedak dan juga tidak sesak nafas
    Apakah koinnya langsung keusus dok?
    Apakah ada kejadian anak yg tertelan uang logam berakir dengan operasi?
    Terus brapa persen kemungkinannya koinnya keluar bersama fasesnya dok?
    Terimakasih dok sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...kalau benda asing masuk ke saluran nafas kondisinya tidak sesederhana ini ..tentu anak anda akan sesak atau henti nafas..kemungkinan besar koinnya akan masuk ke saluran cerna ...uang logam lkalau yg baru relatif lebih kecil di banding seribuan lama ..tentu peluang untuk nyangkut selalu ada dan anda mesti melakukan pemeriksaan baik feses maupun kondisi fisiknya...jika perlu ke dokter buat pemeriksaan klinis dan radiologis..tks

      Hapus
  48. Saya pernah mnelan 3 batu baterai ukuran jari kelingking saya medical berkali2 untuk keperluan kerja Di luar Negri tpi hasil x ray saya okey g ADA apa2 ,,,pertnyaan saya apakah benda itu masih ADA Di tubuh saya atau Sudah keluar Da ri anus

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..sebenarnya apakah anda menelan secara sadar atau bgmn ? kalau sadar berarti anda punya kebiasaan yang kurang baik ...sebab baterai itu mengandung bahan yang berbahaya...jk sudah di periksakan tidak ada tentunya baterai tersebut sudah keluar bersama feces . namun sebaiknya anda menghentikan kebiasaan tadi tks

      Hapus
  49. saya putri umur 13 tahun dok , bagaimana jika benda itu masuk 6 bulan lalu dan baru terasa gejalanya sekarang, masih bisa kan dikeluarin benda itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ..saya pernah dapat kasus hanya tertelan peluru 3 bulan baru ketahuan.jadi bisa saja benda asing masih ada di dalam usus jk nyangkut ....benda apa kira-kira yg tertelan ?

      Hapus
  50. Selamat siang dok... Gigih palsu saya tertelan saat tertidur tapi tadi pagi saya b.a.b saya cek kok gg ada giginya ya?? Mohon solusinya dok... Apa harus menunggu 1 hari untuk tau hal pastinya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..jika ada keluhan tentu tidak perlu anda menunggu hingga satu hari.namun jika ada rasa nyeri atau gembung sebaiknya di lakukan pemeriksaan x ray untuk melihat posisi dari gigi palsu tersebut. selalu diawasi setiap hari untuk memantau kemajuan posisi nya tks

      Hapus
  51. Malam dok, anak saya umur 2 thn menelan tutup botol kecil bening , di rontgen tidak nampak.. Nunggu pup ga pup smpe 4 hari karna sembelit, memang dari baby sampe skrg slalu sembelit karna anak saya malas mengejan dan kaki dirapatkan .. Mohon tolong dibalas dok.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...4 hari waktu yang cukup lama untuk sesuatu yang di makan untuk sampai keluar sbg feces.jika tidak terlihat dengan x ray mungkin dapat di lakukan denan pemeriksaan usg sebaiknya anda konsultasikan kembali ke dokter anak atau dokter igd di rumah sakit tks

      Hapus
  52. Sore dok,,, mw tanya td mkn siangsy tertelan tulang ikan,, skrg trs perihdi dada,,symencoba memuntahkan tp keluar,,ap yg hrs sy lakukan... Mkasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. sel;amat malam dan salam kenal ya..sering orang tertelan tulang ikan..namun seberapa besar tulang ikan yang anda telan ? biasanya jika tulang akan menusuk di daerah tenggorokan dan hal ini akan sangat menganggu namun jika sudah masuk biasanya akan keluar dengan sendirinya. sebaiknya jika rasa nyeri di dada anda masih hebat coba konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam tindakan endoscopi dapat menjadi pilihan jika kondisi ini di perlukan tks

      Hapus
  53. Dok, kmrn says gak sengaja menelan benang. Bgmn ini dok, apa bs keluar melalui bab dok. Saya baru 1x bab td tp saya g bs kelihatan benangnya. Sptne berhelai2 benang dok

    BalasHapus
  54. Permisi dok, saya baru saja menelan (setengah) biji staples. apa benda itu PASTI terbawa oleh feses atau ada kemungkinan lain? dan jika dibiarkan bagaimana akibatnya? mohon balasan. terimakasih

    BalasHapus
  55. dok waktu umur saya 6 tahun saya ngga sengaja menelan baterai berbentuk bulat kecil, tapi waktu itu ngga ada keluhan apa2. sekarang umur saya udah 16 thn. kira2 baterainya udah keluar lewat feses atau blm dok?

    BalasHapus
  56. Misi Dok, anak saya baru berumur 10 bulan menelan cincinya,apa yang harus saya lakukan dok?

    BalasHapus
  57. selamat sore dok, sya mau tanya 1 minggu yg lalu sya makan bakso tnpa sadar behel sya ikut tertelan satu, dan sekarang saya masih rsa behel saya nyangkut di tenggorokan, sblm sya sadar sya mrasa badan sya panas, dan batuk pilek.. smpai skrg suara sya msh sdikit serak, dan bru saja sya melakukan tips dr dokter yg ada di artikel ni tp yg ada malah semua sisa makanan yg keluar, dan tenggorokan saya tetap msih trsa ada yg ganjal.. mohon saran dok, apa yg hrs sya lakukan?

    BalasHapus
  58. selamat sore dok, sya mau tanya 1 minggu yg lalu sya makan bakso tnpa sadar behel sya ikut tertelan satu, dan sekarang saya masih rsa behel saya nyangkut di tenggorokan, sblm sya sadar sya mrasa badan sya panas, dan batuk pilek.. smpai skrg suara sya msh sdikit serak, dan bru saja sya melakukan tips dr dokter yg ada di artikel ni tp yg ada malah semua sisa makanan yg keluar, dan tenggorokan saya tetap msih trsa ada yg ganjal.. mohon saran dok, apa yg hrs sya lakukan?

    BalasHapus
  59. Selamat malem dokk ,kemaren malem saya ga sengaja kemakan isi steples dok dan sekarang kerasa banget nyangkut di tenggorokan gimana dok sulusinya ? Apa yg harus sy lkukan

    BalasHapus
  60. Selamat malem dok , mau tanya dok kemaren malem saya tidak sengaja kemakan isi steples dan sekarang kaya masih nyangkut di tenggorokan dok ,gimana dok sulusinyaa ?

    BalasHapus
  61. Selamat malem dokk ,kemaren malem saya ga sengaja kemakan isi steples dok dan sekarang kerasa banget nyangkut di tenggorokan gimana dok sulusinya ? Apa yg harus sy lkukan

    BalasHapus
  62. Selamat sore dok..
    Saya mau nanya..beberapa hari yang lalu saya makan telur dadar dan tanpa sengaja sepertinya saya menelan kulit telur nya juga..seperti ada yang mengganjal di tenggorokan..ke dokter THT katanya gak ada apa2 yang tersangkut..dia bilang infeksi..tp saya merasakan sakit ketika menelan makanan / minuman..menelan air ludah pun agak sakit..kadang terasa sakit..kadang tidak.. apa yang harus saya lakukan dok? Terima kasih

    BalasHapus
  63. selamat malam dok, saya mau tanya tadi sore saya tidak sengaja menelan jarum pentul.
    lantas saya panik dan memakan nasi yang digumpalkan namun tidak ada reaksi apapun di tekggorokan saya..
    apakah jarumnya sudah turun apa belum menurut dokter,
    dan jika belum, apa yang saya harus lakukan dok.,,

    maaf mengganggu dokter malam begini..

    BalasHapus
  64. selamat malam dok, saya mau tanya tadi sore saya tidak sengaja menelan jarum pentul.
    lantas saya panik dan memakan nasi yang digumpalkan namun tidak ada reaksi apapun di tekggorokan saya..
    apakah jarumnya sudah turun apa belum menurut dokter,
    dan jika belum, apa yang saya harus lakukan dok.,,

    maaf mengganggu dokter malam begini..

    BalasHapus
  65. selamat malam dok, saya mau tanya tadi sore saya tidak sengaja menelan jarum pentul.
    lantas saya panik dan memakan nasi yang digumpalkan namun tidak ada reaksi apapun di tekggorokan saya..
    apakah jarumnya sudah turun apa belum menurut dokter,
    dan jika belum, apa yang saya harus lakukan dok.,,

    maaf mengganggu dokter malam begini..

    BalasHapus
  66. selamat malam dok, saya mau tanya tadi sore saya tidak sengaja menelan jarum pentul.
    lantas saya panik dan memakan nasi yang digumpalkan namun tidak ada reaksi apapun di tekggorokan saya..
    apakah jarumnya sudah turun apa belum menurut dokter,
    dan jika belum, apa yang saya harus lakukan dok.,,

    maaf mengganggu dokter malam begini..

    BalasHapus
  67. Selamat pagi. Bagaimana jika tertelan air raksa dok? Gimana cara mengatadinya?

    BalasHapus
  68. Selamat pagi, saya mau tanya. Ginama cara mengatasi jika tertelan air raksa? Dampaknya apa?

    BalasHapus
  69. Selamat siang dok, saya gak sengaja menelan tindik yang di lidah, apakah bisa keluar melalui usus? panjangnya sekitar 1,5cm dan salah satu ujungnya mempunyai pentolan.

    BalasHapus
  70. Selamat siang dok, saya gak sengaja menelan tindik yang di lidah, apakah bisa keluar melalui usus? panjangnya sekitar 1,5cm dan salah satu ujungnya mempunyai pentolan.

    BalasHapus
  71. selamat malam dok...sy mau tnya..kemarin sy tdk sengaja menelan penutup bagian belakang pulpen.. tetapi smpai hari ini tdk ada tanda2 di dlm tubuh saya... sy cek lewat tinja/kotoran tetapi ragu...apakah harus dibawa ke dokter??

    BalasHapus
  72. Dok..
    Bika anak berumur 1 thn 5 bulan tertelan kawat kabel sepanjang 1 cm gimana dunk? Apa yang harus dilakukan utk mengetahuinya dan mengeluarkannya? Makasih

    BalasHapus
  73. Salam ...kenal dok bagaimana jika tidak sengaja menelan tembaga / kabel srabut ...rasanya di leher saya nganjel banhet ni apa saranya dok makasih

    BalasHapus
  74. Malam dok, anak sy umur 4 tahun memasukan playdoh (mainan lilin ) ke hidung nya. Ada yg berhasil saya keluarkan, tp ada yg masuk ke dlm hidung krn di hisap sama anak saya..
    Td saya ke dokter THT, setelah di periksa langsung di sedot pakai alat.. Kata dokternya sudah keluar,, tp saya tidak yakin itu lilin sudah keluar krn dokternya tidak bisa kasih bukti lilin yg sudah keluar..
    Saya takut lilin nya masih menempel di dalam / masuk ke bagian lain. Saya harus bagaiman ya dok biar saya yakin itu lilin sudah benar2 keluar dr hidung anak saya.. Terima kasih

    BalasHapus
  75. Dok,mau tanya ,kemarin saya makan gorengan,mungkin karna emang saya makannya buru",setelah makan itu rasanya ada yang ngeganjel di tenggorokan ,saya takutnya ada benda asing yang nyangkut,soalnya udah coba minum yang banyak tapi tetep aja rasanya kaya ada yang ngeganjel,saya harus gimana ya dok????

    BalasHapus
  76. Dok, saya mau tanya, kemaren saya tidak sengaja ketelen isi stapler, dan ternyata itu nyangkut dibagian amandel, cara mengatasinya gimana ya dok? minta sarannya yaa..

    BalasHapus
  77. Kan gini dok, saya kurang bisa minum obat pil, dan td saya paksain mencoba minum pil, tapi saya ngerasa pil saya salah tertelan ke arah tenggorokan (pernapasan). Kalo ternyata beneran, dan cuma pil yg ngendap di paru2, tidak apa2 atau bermasalah ya dok? Dan baiknya gimana ya dok?

    BalasHapus
  78. Kemarin tanpa sengaja anak saya umur 7thn tertelan kelereng... awalnya anak saya mengeluh sakit perut tapi hanya 1hari saja.. besoknya sudah tidak ada keluhan lagi.. tapi saya masih merasa takut karna kelereng itu masih ada di dalam perut anak saya. Apakah dengan X ray posisi kelerengnya bisa terlihat... trima kasih atas perhatiannya...

    BalasHapus
  79. Selamat pagi dokter. Saya ingin bertanya. Kalo tadi saya baca banyak pertanyaan yg berkaitan dg tertelan.
    Nah kalo ini beda.
    Ini ada benda yg masuk kedalam hidung kemudian kesedot kedalam dan sepertinya masuk tenggorokan. dan gimana solusinya? Apabila tidak dikeluarkan apakah bahaya?

    BalasHapus
  80. Assalamu'alaikum dokter.
    dari sekian banyak pertanyaan yg saya baca ini kasusnya adalah tertelan benda logam dan sebagainya. Nah kasus yg menimpa saya ini berbeda. Kemarin (minggu, 6 maret) saya saya menggunakan nose 3d (pemancung hidung) ternyata pada nose 3d yg kanan dia masuk dan tidak bisa dikeluarkan bahkan kesedoy ditenggorokan. Lalu apa yg harus saya lakukan? Kalo misalnya tidak dikeluarkan apakah berbahaya?

    BalasHapus
  81. Dok tadi siang pulang sekolahkan aku bikin vidio gitu dijalan. Nah pulang sekolah itu aku makan seblak setelah makan seblak itu sepertinya breket behel saya lepas dan tertelan 1biji karna pas saya berkaca itu sudah gada 1 dan saya liat di video juga td siang mash ada. Seluruh makanannya sudah saya muntahkan tapi kayanya belum keluar deh dok, saya sangat takut dan cemas. Saya harus bagaimana ya dok? Trimakasih

    BalasHapus
  82. Selamat malam dok,salam kenal juga.. perkenalkan nama saya nanda usia 16tahun. Dok td sore sepertinya saya tertelan breket behel 1biji tp makanan sudah saya muntahin semua. Saya gatau breketnya sudah keluar atau belum. Tapi saya rasa belum karna saya tidak melihatnya. Apa yg harus saya lakukan dok? Saya benar benar takut. Trimakasih

    BalasHapus
  83. Dok tadi siang pulang sekolahkan aku bikin vidio gitu dijalan. Nah pulang sekolah itu aku makan seblak setelah makan seblak itu sepertinya breket behel saya lepas dan tertelan 1biji karna pas saya berkaca itu sudah gada 1 dan saya liat di video juga td siang mash ada. Seluruh makanannya sudah saya muntahkan tapi kayanya belum keluar deh dok, saya sangat takut dan cemas. Saya harus bagaimana ya dok? Trimakasih

    BalasHapus
  84. Selamat mlm dok...sy mau tnya dok.3 hari yg lalu anak sy umur 5 thn tak sengaja tertelan coin 1000.sudah diphoto dan coin itu sudah di usus dan sampai sekarang belum keluar jg kl BAB.apakah itu sanfat bahaya dok dan apa yg harus sy lakukan.terimakasih bnyak dok

    BalasHapus
  85. Selamat mlm dokanak sy umur 5 thn.anak sy tertelan coin 1000.dan sdh diphoto coin itu sdh di usus.dan sdh 3 hr ni jg blm keluar.pa itu sangat bahaya dok?dan apa yg harus sy lakujan dok?terimakasih dok

    BalasHapus
  86. Mlm dok.anak sy umur5 thn.tertelan coin 1000.sdh dophoto dan koin da diusus.sdh3 hr blm keluar jg.apa itu coin bs keluar wkt BAB kah dok?dan apa yg hrs sy lakukan dok?terimakasih dok..

    BalasHapus
  87. Siang dok.anak sy umur 5 thn menelan coin 1000.sdh di x ray coin tu sdh di usus.apa bs keluar nt BAB dan berbahaya kah krn sdh 4 hr blm keluar.thankyoy dok

    BalasHapus
  88. Siang dok.anak sy umur 5 thn menelan coin 1000.sdh di x ray coin tu sdh di usus.apa bs keluar nt BAB dan berbahaya kah krn sdh 4 hr blm keluar.thankyoy dok

    BalasHapus
  89. Saya barusaja tidak sengaja menelan jarum pentol.. masih terasa di tenggorokan.. apa yg harus saya lakukan sekarang.?

    BalasHapus
  90. Selamat sore dok,slm kenal ya.anak saya umur 2 tahun,waktu makan camilan make garpu plastik,trus garpu nya patah sebelah gak terlalu panjang,apakah bisa keluar lewat pup nya ga yah.kejadian nya seminggu yg lalu,saya lupa ga meriksa waktu anak saya pup.sampe sekarang sya kepikiran terus.tolong jawaban nya dok makasih sebelum nya...

    BalasHapus
  91. Selamat sore dok,slm kenal ya.anak saya umur 2 tahun,waktu makan camilan make garpu plastik,trus garpu nya patah sebelah gak terlalu panjang,apakah bisa keluar lewat pup nya ga yah.kejadian nya seminggu yg lalu,saya lupa ga meriksa waktu anak saya pup.sampe sekarang sya kepikiran terus.tolong jawaban nya dok makasih sebelum nya...

    BalasHapus
  92. Selamat sore dok,slm kenal ya.anak saya umur 2 tahun,waktu makan camilan make garpu plastik,trus garpu nya patah sebelah gak terlalu panjang,apakah bisa keluar lewat pup nya ga yah.kejadian nya seminggu yg lalu,saya lupa ga meriksa waktu anak saya pup.sampe sekarang sya kepikiran terus.tolong jawaban nya dok makasih sebelum nya...

    BalasHapus
  93. Siang dok.kemaren saya gak sengaja menelan batu baterai jam tangan.apa yang harus saya lakukan dok.
    1.saya nggak sesak nafas
    2.apakah baterai langsung tutun ke usus
    3.apakh baterai tersebut keluar dari feses
    4.apakah mungikin baterai tersebut berbahaya
    Apa yang harus saya lakukan dok?
    Makasih

    BalasHapus
  94. Siang dok.kemaren saya gak sengaja menelan batu baterai jam tangan.apa yang harus saya lakukan dok.
    1.saya nggak sesak nafas
    2.apakah baterai langsung tutun ke usus
    3.apakh baterai tersebut keluar dari feses
    4.apakah mungikin baterai tersebut berbahaya
    Apa yang harus saya lakukan dok?
    Makasih

    BalasHapus
  95. Selamat malam Dok, tadi secara tidak sengaja isi staples dan masih nyangkut di pangkal tenggorok. Saya raba masih bisa tetapi tidak bisa saya keluarkan. Apa yang harus saya lalukan?

    BalasHapus
  96. Selamat malam Dok, tadi secara tidak sengaja isi staples dan masih nyangkut di pangkal tenggorok. Saya raba masih bisa tetapi tidak bisa saya keluarkan. Apa yang harus saya lalukan?

    BalasHapus
  97. Dok, anak saya usia 14bulan, 3 malam yg lalu tiba tiba dia nangis tdk sepeti biasanya bangun jam 4 am minta digendong, sy awalnya berfikir krn dia sdng manja saja krn siangnya dia manja krn sy tdk mau membiasakan saya diamkan saja sampai tertidur, tapi pas bsk nya tiba tiba saya kepikiran, apa jangan jangan anak saya tertelan benda kecil dari plastik seperti balok pazel andai itu tertelan apakah bisa keluar dok melalui fase nya ? skng ini anak saya masih ceria hanya flu sama batuk, tapi kk nya juga sedang flu n batuk... apakah apa saja dok ciri ciri kalo anak balita tertelan benda asing, jawaban dokter sangat membantu buat saya karen sekarang saya sedang kuatir, terima kasih dikter.

    BalasHapus
  98. Dok, anak saya usia 14bulan, 3 malam yg lalu tiba tiba dia nangis tdk sepeti biasanya bangun jam 4 am minta digendong, sy awalnya berfikir krn dia sdng manja saja krn siangnya dia manja krn sy tdk mau membiasakan saya diamkan saja sampai tertidur, tapi pas bsk nya tiba tiba saya kepikiran, apa jangan jangan anak saya tertelan benda kecil dari plastik seperti balok pazel andai itu tertelan apakah bisa keluar dok melalui fase nya ? skng ini anak saya masih ceria hanya flu sama batuk, tapi kk nya juga sedang flu n batuk... apakah apa saja dok ciri ciri kalo anak balita tertelan benda asing, jawaban dokter sangat membantu buat saya karen sekarang saya sedang kuatir, terima kasih dikter.

    BalasHapus
  99. Selamat Sore, mau tanyak kejadiannya baru semalam. pada saat minum obat gigi palsu mama saya tertelan beserta kawat dan lilinnya yang msih utuh. pada awalnya mama saya agak sakit dibagian jantung tetapi karna mama saya banyak minum jadi beliau merasa gigi palsunya sudah kelambung merasa ngambang gitu di lambung. kira kira itu bakalan keluar melalui kotoran ? soalnya mama indah merasa giginya sudah berada di lambung.

    BalasHapus

leave a comment please..