Jumat, 20 Juli 2012

Tiga keluhan utama trauma dada yang harus di waspadai

Adalah hal lazim dan sering terjadi akibat kecelakaan lalulintas atau pada saat olah raga terjadi benturan pada dada.Sering pada saat kecelakaan terasa biasa saja bahkan aktifitas berkendaraan dan berolahraga masih di lanjutkan.Namun setelah beberapa hari atau beberapa waktu nyeri mulai di rasakan . terutama di saat istirahat atau tidur di malam hari.




Beberapa kemungkinan yang akan terjadi harus ada di dalam kerangka berpikir kita agar lebih waspada dengan resiko membahayakan yang mungkin akan terjadi jika salah dalam mengambil sikap :

1 . Nyeri
     Nyeri adalah hal yang paling tidak nyaman yang sering terjadi akibat benturan benda keras baik tajam maupun tumpul.Jika nyeri sangat hebat missal dengan skala VAS di atas 5 maka penderita tentu akan sangat tersiksa , terutama saat bernafas . Sehingga penderita akan berusaha menghindari nyeri dengan bernafas secara dangkal.Akibatnya penderita akan bernafas cepat dan dangkal.sehingga terkesan penderita mengalami sesak nafas.

     Terhadap penderita ini perlu di berikan pengurang nyeri yang kuat sehingga rasa nyerinya dapat berkurang dan keluhan sesak seperti diatas tadi dapat berkurang.

     Nyeri pada benturan dada ini baik disertai atau tanpa adanya patah pada tulang iga akan berlangsung agak lama , sering lebih lama dari cedera pada tempat lain.Kenapa ?? hal ini sering karena tulang dada lebih bersifat lentur karena tulangnya pipih dan selalu bergerak kembang dan kuncup sesuai irama nafas.Umumnya nyeri berdasarkan pengalaman dari penderita yang selama ini di tangani mengalami nyeri sampai 3 minggu atau 1 bulan setelah mengalami kecelakaan.Namun jika tulang dada yang mengalami kecelakaan itu mengalami patah maka nyeri akan semakin lama dirasakan sesuai dengan usia penderita.Dimana semakin muda usia penderita maka semakin cepat terjadi penyembuhan patah pada tulang dan semakin cepat berkurang nyeri yang di rasa penderita.

2 . Sesak Nafas
     Sesak nafas seperti yang telah di jelaskan di atas harus di waspadai apakah benar benar sesak nafas atau palsu seperti yang di atas.Jika hanya karena nyeri dengan pengurang nyeri maka sesak akan reda secara perlahan.Masalahnya jika benar-benar sesak nafas.Seperti adanya udara yang terperangkap didalam rongga pleura atau selaput pelapis paru , adanya darah yang terperangkap didalam rongga pleura atau campuran udara dan darah.Adanya udara yang keluara dari paru-paru ke bawah kulit.Atau adanya luka terbuka sampai kekulit yang menyebabkan udara masuk kedalam rongga pleura dari kulit tapi tidak bisa keluar lagi dari kulit atau disebut mekanisme ventil.

     Kondisi terakhir harus mendapat penanganan segera sebab jika anda panik sampai terlalu lama maka hasil akhir adalah penderita tidak tertolong.apa tanda sesak yang perlu di waspadai ?? pederita disebut sesak nafas jika frekwensi nafasnya lebih dari 28 x per menit.bisa di bayangkan jika frekwensi nafas sudah 40 x per menit apa yang terjadi....jika anda panik dan bingung berlama-lama.Segera bawa ke instalasi gawat darurat dan jangan tunda-tunda lagi.

     Pada luka terbuka yang di jumpai adanya udara yang keluar pada tempat luka harap luka jangan di tutp rapat karuna hal itu sangat berbahaya pada penderita. Jika harus di tutup juga tutuplah dengan kain bersih atau plastik bersih pada tiga sisinya di plester dan satu sisi di biarkan terbuka sehingga udara luar tadak dapat masuk tapi udara dari dalam bisa keluar dari satu sisi yang tidak di plester.selanjutnya penderita di lakukan pemasangan selang dada atau di sebut chest tube di IGD.



3 . Crepitasi atau udara yang terperangkap di bawah kulit
     Crepitasi adalah gambaran bengkak yang berawal dari daerah trauma yang makin bertambah seiring waktueraba  dimana bagian ini jika diraba akan teraba seperti gesekan kertas.hal ini terjadi akan berbeda jika bengkak berisi cairan atau darah.ini adalah khas untuk benjolan yang berisi udara.Masalahnya adalah udara itu berasal bisa dari paru-paru dan pleura yang robek tapi kulit utuh pada daerah trauma.Atau robekan langsung pada bronchus atau trakhea yang menyebar ke bawah kulit.Perlu di ingat bahwa bengkak ini bisa sampai ke kepala dan ke ujung kaki.

     Jika bengkak di daerah leher perlu di ingat ternyata ini bisa menimbulkan kematian jika di biarkan menjadi semakin hebat.Karena tekanan pada daerah leher yang semakin hebat akan menekan aliran darah ke kepala.

179 komentar:

  1. saya berumur 42 tahun.dalam seminggu ini saya merasa dada saya nyeri seperti ada sesuatu yang mengganjal.rasa nyeri terasa sepertiti di bagian luar tlg iga.perlukah saya rontgen ?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas saifuddin .. mengalami nyeri dada , terutama pada bagian luar usia 42 thn . Apakah ada riwayat terbentur atau trauma ? jika ada dapat di lakukan pemeriksaan foto rongent untuk melihat adanya tulang iga yang patah dan untuk melihat adanya perdarahan dan udara di rongga selaput paru. Jk tidak ada benturan dan nyeri terutama di sebelah kiri perlu hati-hati dengan kelainan jantung yg di perlukan terutama periksa irama jatung dengan EKG ( pemeriksaan grafik irama jantung ).tks

      Hapus
    2. Sore Dok,
      saya berumur 21 tahun, 1 minggu yang lalu saya jatuh dari motor, dan dada kanan atas terbentur dengan motor.
      saat kejadian tidak terasa sakit, hanya memar kecil berwarnah biru.
      Setelah 1 minggu memarnya hilang tapi mulai terasa sakit, saat batuk atau tertawa terasa nyeri. Saat di tekan terasa sakit.
      apakah itu perlu di periksa ke rumah sakit.?

      Hapus
    3. selamat malam dan salam kenal ya..cedera dan benturan pada dada memang sering timbul rasa nyerinya belakangan yg penting tidak menimbulkan sesak dan kadar haemoglobin darah tidak turun maka itu masih masalah di luar tulang dada.Persoalannya jika nyeri pada dada ini memang berlangsung cukup lama bisa sampai 3 minggu atau 1 bulan.jika tidak ada masalah yg berat dan foto dada tidak ada perdarahan atau gambaran udara bebas maka sebaiknya mengkonsumsi obat pengurang nyeri saja . seiring dengan waktu maka nyeri anda akan berkurang secara bertahap..tks

      Hapus
  2. saya baru jatuh dari motor, ada nyeri di sekitar ulu hati. di bagian dalam. rasanya seperti ada sesuatu yg mengalir. dan nafas agak sakit sedikit.
    jatuhnya pagi ini terserempet mobil di pertigaan. Pingsan sekitar 5 detik
    . umur saya 28th

    R61

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal..benturan pada kec lalin dapat terjadi multiple trauma ..sehingga bisa cedera kepala , dada , perut atau lengan dan tungkai.Jika ada riwayat pingsan mesti waspada dengan perdarahan pada otak..dapat di pastikan dengan pemeriksaan ct kepala. jika nyeri bisa makan pengurang nyeri..tks

      Hapus
  3. Selamat malam dok,,,keluhan suami saya.

    dada suami saya nyeri,dan bengkak,awalnya sakit pada bagian tulang dada kanan,kemudian menjalar hingga hampir ke tengah.

    agak sulit bernafas dan tidak sulit untuk batuk.

    suami saya pernah kecelakaan 1 minggu yang lalu.

    BalasHapus
  4. malam dok..suami saya nyeri pada daerah dada,dan jika ditekan terasa sakit..awalnya sakit terasa pada dada kanan,,tapi skarang hampir ditengah...dan agak sulit unuk bernafas ketika dadanya sakit,,bahkan mual dan muntah,serta sulit untuk batuk.

    Dia pernah kecelakaan,,dan waktu itu dadanya menyapu aspal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malamdan salam kenal ya mbak jumrah .. Nyeri pada dada setelah mengalami benturan yg keras apalagi sampe nyosor di aspal mesti anda pastikan bahwa tidak ada patah pada tulang iga hal ini bisa di ketahui dengan membuat foto rongent dada.Jika tidak ada gambaran fraktur atau patah iga , tidak ada gambaran udara bbebas di dada atau gambaran darah di rongga pleura dada.

      Biasanya cukup dengan pemberian pain killer yang kuat , sebab nyeri didada akan lama baru hilang sebab tulang-tulang iga akan selalu bergerak seiring dengan frekwensi pernapasan anda.

      Namun yakinlah bahwa nyeri secara perlahan akan makin berkurang dan akan menghilang biasanya setelah 3 minggu samapi satu bulan tks.

      Hapus
  5. phithik_nakal@yahoo.com20 September 2013 pukul 17.12

    Pagi dok.,
    saya 1 minggu yang lalu ikut pertandingan atlit pencak silat, saya sempat terkena pukulan di dada beberapa kali. saat terkena tidak terasa sakit, tapi selang beberapa saat kemudian rasa sakitnya muncul dan terasa sampai sekarang.
    bagaimana cara menyembuhkannya dok??
    Trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal ya mas..pada olah raga pencak silat biasanya anda tentu menggunakan alat sabuk pelindung namun jika kekuatan pukulan terlalu besar maka tenaga pukulan masih akan sampai ke tulang iga pada dada.

      Rasa sakit pada benturan atau pukulan pada dada masih akan terasa sampai 3 minggu karena otot dada akan terus berkontraksi saat bernafas. Jika anda tidak sesak dan kesulitan bernafas maka nyeri ini secara bertahap akan semakin berkurang nantinya. sampai 1 bulan setelah benturan.

      Jika anda masih merasa khawatir dapat juga di lakukan pembuatan foto dada posisi berdiri sehingga dapat di pastikan tidak ada bagian iga yang mengalami fraktur atau adanya tumpukan udara atau darah yang menumpuk di rongga pleura atau jar paru.

      Hapus
  6. selamat malam dok, umur saya 30th, saya mau tanya
    sudah sekitar 2 bulan ini, dada sebelah kanan atas sakit, dan apabila otot dada sebelah kanan digerakkan, seperti ada otot mengeras/keram , tapi sakitnya tidak sangat, hanya konstan dan tidak hilang hilang, kerasa banget pada pagi hari ketika baru bangun tidur. padahal sudah saya coba dengan berhenti merokok dan olahraga teratur, dan menggunakan salep counterpain untuk otot, tapi masih belum sembuh, kira-kira kenapa ya?
    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dave..anda dulunya merokok , usia 30 tahun sebenarnya masih cukup muda , saya kurang tahu apakah ada riwayat terbentur , batuk atau sakit yg lain , Atau bisa juga nyeri di otot setelah olah raga atau aktifitas berat dan banyak faktor lain yg bersifat sementara dan itu dapat membaik setelah beberapa hari...tks

      Hapus
  7. selamat pagi dok, sya edo umur 17tahun. kemarin saya bermain basket, lalu bagian sekitar tulang iga saya terkena benturan dengan lutut teman saya, sempat sesak nafas pada saat itu, namun skrng terasa sangat nyeri apabila sedang batuk atau tertawa. bagaimana solusinya dok ? apa saya perlu melakukan rontgen atau membiarkan sembuh sendiri ?

    BalasHapus
  8. ASSALAMUALAIKUM.WR.WB soree dok, sya iftha umur 14 tahun. kemarin-kemarin saya sempat demam dan akhirnya beberapa hari saya sembuh dan kelihatan sehat . tapi tiba-tiba setelah wudhu untuk shalat magrib saya mengigil , demam , dan dada kanan saya sangat sakit dan sampeh sekarang sakitnya masih terasa apa lagi ketika bergerak , batuk , dan tertawa .. bagaimna solusinya dok ?? apa sebenarnya yg terjadi ?? mhon di respon dok.. WASALAMUALAIKUM. WR.WB

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass wr wb , selamat sore dan salam kenal ya , informasi yg anda berikan belum menjelaskan awal kejadiannya , apakah anda mengalami kecelakaan atau benturan pada dada sebelumnya ? sehingga anda merasa nyeri ,atau tiba2 mengalami demam saja dan batuk, Sebab jika anda mengalami batuk dan demam kemungkinan anda mengalami infeksi pada saluran nafas ini perlu anda periksakan ke dr spesialis paru- paru. tks

      Hapus
  9. asllmlkm wr.wb. slmat malam dok.. Nma saya mey, umur 19 thn.
    13 thun yg lalu saya pernah mengalami kecelakaan, dada saya terbentur pagar sangat keras, tetapi tdak meninggalkan bekas memar, selama hampir sbulan dada saya terasa nyeri ketika saya sedang tertawa, berjalan cepat dan aktifitas lainnya, sejak saat itu sampai skrang dada bagian kiri saya msih terasa sakit, tetapi hanya ketika saya mengangkat beban, batuk yg terus mnerus dan bergerak aktif. Pernah suatu hari saya mengikuti perlombaan lari dan ditengah perlombaan saya tdak bsa melanjutkannya karena nyeri itu kmbali datang dan saya sulit bergerak, nafas saya juga terasa sesak, kmudian dada saya tekan dngan tngan karena hal ini bisa mngurangi rasa sakit di dada saya.. Trmksih dok. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi...selamat malam dan salam kenal ya ...mey.anda berusia masih belia 19 tahun tapi mengalami nyeri pada dada sudah berjalan 6 tahun setelah terbentur. saya khawatir mungkin ada sesuatu yg lebih serius di cari dan di pelajari dengan teliti dan hati-hati. Sebab keadaan ini sudah bukan merupakan proses normal dalam penyembuhan benturan pada tulang dada. Mungkin anda perlu memeriksakan dada anda ke dokter paru atau dokter bedah .

      Pemeriksaan seperti foto dada , ct scan rongga dada , ekg dll. perlu dilakukan untuk mencari penyebab pasti kelainan pada dada anda. tks

      Hapus
  10. assalamaualaikum salam kenal dok
    nama saya danan umur 24 tahun, dulu saya pernah jatuh dari motor sekitar 5 tahun yang lalu, pas kejadian dada terasa sakit dan malamnya batuk2.
    terus sekarang nyeri di dada terasa kumat lagi apalagi kalo sedang kecapean dan udaranya dingin
    apa solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam wr wb..selamat malam dan salam kenal ya mas danan , anda jatuh dari sepeda motor 5 tahun yl l , sekarang anda merasa nyeri pada dada dan cepat capek jika udara dingin ..Benturan lima tahun yg lalu menurut kami kecil kemungkinan berhubungan dengan nyeri dan sesak sekarang. Jadi mungkin anda perlu pemeriksaan yg lebih lengkap seperti foto dada dan ekg serta periksakan kondisi tubuh anda saat ini ke dokter . Bisa jadi anda ada kelainan lain seperti lambung , asma atau jantung . sebaiknya segera anda periksakan diri anda ya , di mana anda berdomisili ? tks.

      Hapus
  11. Selamat sore dokter ..saya seorang ibu rumah tangga kemarin hari senin saya jatuh tengkurep ..Dada kiri saya kebentur balok kecil ..saat ini saya merasakan sedikit nyeri ...perlukah saya melakukan Rontgen dock ..atau itu hanya karena rasa nyeri terbentur .
    Terimakasih sebelumnya Dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore juga dan salam kenal ya mbak vitha..anda mengalami jatuh tengkurap dan mengalami rasa sakit pada dada kiri. apakah anda merasa sesak nafas yg sangat mengganggu ? atau hanya nyeri saat menarik nafas dalam ?. perlu diketahui bahwa nyeri pada dada dapat berlangsung cukup lama bisa 3 mgg sampai 1 bulan. Jika anda merasa khawatir bisa saja untuk konfirmasi dilakukan pembuatan foto dada posisi ap berdiri. tks

      Hapus
  12. Salam dok, saya seorang mahasiswa, belum lama ini ada orang yang mengajak saya berdebat, namun saya tidak sependapat dengan dia, dia merasa tersingung karena saya tidak menerima pendapatnya lalu dia memukuli saya, salah satunya dia meninju tepat di tengah tulang dada saya, dan sampai sekarang tulang dada saya terasa sakit jika saya ingin menggerakan bebas tangan dan badan saya, apalagi pada saya batuk dan sendawa, dada saya terasa sakit sekali, memang sebelum saya dipukuli itu saya sedang batuk pilek dan batuknya belum pulih sampai sekarang, jadi saya merasa tersiksa sekali pada saat batuk karena sakit di tulang dada tersebut.

    BalasHapus
  13. Salam dok, saya seorang mahasiswa, belum lama ini ada yang mengajak saya berdebat, namun saya tidak sependapat dengan dia, dan dia merasa tersinggung karena saya tidak sependapat dengan dia, dan dia kemudian memukuli saya, dan dia meninju tepat di tengah tulang dada saya, setelah itu tulang dada saya terasa nyeri sekali, dan terasa sakit sekali pada saat saya menggerakkan badan dan tangan saya, jadi gerak saya agak terbatas, dan tulang dada saya terasa sakit sekali pada saat saya batuk dan sendawa, memang dari sebelum kejadian tersebut saya sedang sakit batuk pilek, dan sekarang hanya batuk, namu itu terasa sakit sekali pada saat saya batuk, mohon penjelasannya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..mas mahir , anda mengalami benturan pada dada akibat pukulan dan saat ini masih terasa sakit. Memang benar bahwa nyeri dada akibat benturan akan berlangsung cukup lama dapat sampai 1 bulan atau lebih . Namun jika anda mengalami sesak nafas sebaiknya sebaiknya anda periksakan ke dokter apakah ada permasalahan lain akibat benturan didalam paru atau pada selaput pembungkus paru. Mungkin perlu dilakukan pemeriksaan x ray dada . jk tidak terlihat adanya permasalahan pada foto dada maka anda dapa lebih tenang tentunya.dan nyeri dada anda biasa akan berkurang setelah tiga minggu tks

      Hapus
  14. Sellamat malam, papa saya 2minggu lalu jatuh dari motor, esoknya mulai nyeri, konsumsi obat, dan gel pereda nyeri sendi, malah terasa tambah sakit lebih parah, apa itu wajar? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...orang tua anda terjatuh dari sepeda motor sdh 2 mgg yl, anda sudah mengkonsumsi obat pereda sakit namun masih teras nyeri. kami kurang dapat informasi tentang daerah yg nyeri apa maksud anda di dada ? jika ya memang nyeri didada berlangsung cukup lama . bisa sampai 3 minggu atau lebih karena rongga dada selalu bergerak kembang dan kempis saat bernafas. apakah sudah di periksakan ke dokter atau dilakukan pembuatan x ray dada ? coba pastikan tidak ada permasalahan di rongga dada dengan membuat x ray dada terlebih dahulu. tks

      Hapus
  15. Selamat siang dok. Bagian dalam dada saya terasa sakit setelah terjatuh waktu main bola. Dalam posisi tenang saya tidak merasakan sakit... tp pada waktu mau bangun dr tidur dada saya terasa sakit dok buat beranjak dr tempat tidur/ apalagi kalo dibuat beraktifitas misalanya seperti angkat2 yg agak berat dada saya terasa sakit dok. Apakah ini berbahaya dok?? Dan apa yg harus saya lakukan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...anda mengalami sakit pada dada setelah terjatuh saat main bola kaki.sakit terutama saat bangun tidur dan beraktifitas . pada umumnya nyeri dada akibat benturan memang berlangsung cukup lama bisa sampai 3 minggu atau 1 bulan . sangat tergantung berat ringannya benturan.dan biasanya dengan pengurang nyeri yang kuat maka rasa sakait akan berkurang . nyeri yang lama ini terjadi karena dada kita selalu bergerak saat kita inspirasi menarik atau ekspirasi mengeluarkan nafas.Nyeri didada jika tidak ada perdarahan di rongga dada dan tidak ada kelainan paru lain umumnya tidak berbahaya. jika ada perdarahan atau robeknya paru atau perdarahan pada selaput jantung maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan ahli bedah , jantung dan lainnya.

      Pemeriksaaan segera yg perlu anda lakukan adalah pembuatan foto thorak

      Hapus
  16. Selamat malam pak dokter saya intan umur saya 20thn saya baru saja mengalami kecelakaan dan dada saya terkena stang motor sudah 2kali awalnya klo tidur terasa ga nyaman dan sesak pas baru terbentur lgi kmarin ,dada saya semakin sakit mau batuk sakis .mau bungkuk juga sakit ketawa pun dada terasa sakit sekali ituh untuk mengatasinya gimna ya apa sudah parah? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya intan , anda mengalami nyeri dada pasca kecelakaan terkena stang sepeda motor , nyeri didada yang hebat sehingga sangat mengganggu aktifitas anda . Pada pathologis pathwaynya mesti anda pahami bahwa benturan pada dada akan memeberikan efek nyeri yang berbeda dengan benturan atau injury pada daerah lain.Terutama dalam hal rasa nyeri bisa berlangsung lama karena dada kita selalu beregerak sehingga nyeri akan terasa cukup lama terutama saat batuk , mengedan , menghirup udara inspirasi dalam...tks

      Hapus
  17. ∫έƪαṁ̭̥̈̅̄α†̥ malam Dok, saya Andre umur 32 thn, saya kecelakaan dgn motor dan dada kiri saya sangat sakit, †̥ά̲ρȋ̝̊̅̄ tdk ada tanda" merah atau memar pada kulit. Saya Bernafas normal, †̥ά̲ρȋ̝̊̅̄ ketika menggerakan tangan dada saya sangat sakit, saat ℳªãȔ berbaring atau bangun pun dada saya terasa sangat sakit. Kira" apa solusi ƴƍ harus saya lakukan Dok,?
    ℳaƙașîħ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya dan sekalian salam kenal buat mas andre...anda mengalami kecelakaan sepeda motor dan mengalami rasa nyeri pada dada jika menggerakkan tangan atau mau berbaring dan bangun dari tidur .terutama pada dada kiri . Sudah berapa lama kecelakaan itu terjadi..? jika sudah gak lama sebaiknya anda lakukan pemeriksaan foto dada untuk melihat adanya bagian iga yang mengalami patah . sebab dari keluhan anda tidak sesak , maka kemungkinan ada bagian tulang atau otot yang cedera . Terkadang fracture pada tulang bahu depan juga memberikan keluhan seperti di atas..tks

      Hapus
    2. ℳaƙașîħ Dok, saya kecelakaan 2 minggu ƴƍ lalu, sakitnya sudah agak berkurang setelah 1 minggu pertama dan saya suda mulai beraktivitas lagi. †̥ά̲ρȋ̝̊̅̄ kenapa akhir" ini sakitnya terasa lagi ƴa Dok,?

      Hapus
    3. Selamat siang dan salam kenal ...selama waktu dua minggu tersebut mungkin juga karena anda telah mulai beraktifitas sehingga tanpa terasa anda melakukan gerakan-gerakan yang dapat mencetuskan nyeri akibat regangan dan tarikan otot . namun jika tidak sesak nafas dan batuk saya yakin itu akan berkurang kembali. Jika sangat nyeri sebaiknya anda kembali mengkonsumsi pengurang nyeri tks

      Hapus
  18. Siang dok, nama saya helmy, usia 39 th. tgl 20 april kmrn saya n kelg. Alami kecelakaan tunggal di tol, mobil terbalik..anak2 dan istri saya, alhamdulillah normal, hanya istri luka2 pecahan kaca. Sementarasaya, sptnya thorax atas alami benturan (mungkin dg stir)..walau seatbelt n airbag semua berfungsi dg baik..sdh rontgen dan hasilnya normal semua, paling nyeri terasa saat gerakan2tertentu...terutama sptnya otot belakang hingga ke leher, jika melakukan gedakan2 tertentu spt ketarik dan terasa sakit. Sudah diurut sebagian otot lengan, bahu dan sdh lebih baik saat hari kejadian..tinggal hal diatas yg msh nyeri...solusi apa kira2utk atasi nyeri oto dr belikatkanan sampai pundak dan leher tsb? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas helmi...anda mengalami kecelakaan di jalan tol 1 bulan yl. Semua terjadi dan safety di kendaraan anda berfungsi dengan baik kami ikut senang mendengarnya. apalgi hasil x ray thorax anda juga tidak menunjukkan temuan yang jelek. Saat ini anda merasakan nyeri pada otot mngkin akibat benturan tersebut yang menyebabkan cedera pada serat-serat otot anda terutama di tulang belikat dan pundak . menurut hemat kami itu bukanlah daerah yang fatal jadi urut atau pijat seharusnya tidak perlu dilakukan , karena cedera pada otot akan mengalami perbaikan dengan sendirinya , namun butuh waktu. Cukup jika berasa nyeri anda konsumsi obat nyeri oral atau obat nyeri oles.. tks

      Hapus
  19. Selamat malam dok,
    Saya faby,24 tahun, sebulan yang lalu saya mengalami kecelakaan mobil, dimana mobil saya terbalik, sejujurnya saya tidak ingat apakah saya mengalami benturan di bagian dada atau tidak? Tetapi karena saya tidak merasa sakit pada saat kejadian, makanya saya pikir tidak kenapa2..tetapi seminggu setelah kejadian, dada saya terasa nyeri dan semakin luas dan dada semakin sesak..saya sudah ke dokter dan rontgen..hasilnya tidak ada yang patah dan saya diberikan obat penghilang rasa nyeri..setelah seminggu mengkonsumsi, rasa sakit sudah tidak terasa lagi..tetapi beberapa hari ini rasa sakit dan sesaknya terasa lagi..apakah itu masih diakibatkan dari trauma tulang dada dok? Berapa lama akan sembuh ya dok?apakah akan ketergantungan dengan obat? Apa ada penyebab lainnya? Mohon sarannya dok.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya faby...anda mengalami kecel;akaan mobil sejak 1 bulan yang lalu , awalnya tidak terasa nyeri saat kejadian namun setelah 1 minggu nyeri mulai muncul . Dilakukan pemeriksaan x ray tidak dijumpai adanya kelainan . Nyeri dada anda masih terasa sampai saat ini , namun tentu akan semakin berkurang...biasanya waktu 1 - 2 bulan bisa saja terjadi masih terasa nyeri , namunj kami yakin akan mengalami penurunan rasa nyeri kedepannya..tks

      Hapus
  20. halo dok saya nisa 28th.kemarin saya jatuh dan dada saya terbentur semacam balok agak keras hingga memar. td pagi saya kasih thrombopop dok.tdk ada sesak nafas yg berarti. tp kalau mengangkat tangan sakit dan kalau disentih juga sakit dok. apa saya perlu rontgen? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siangh dan salam kenal ya anda mengalami memar pada dada dan sudah di oles thrombophob oles . Jika anda mengalami nyeri dan ada hematome mungkin dapat di lakukan pemeriksaan foto thorak posisi erect atau berdiri , terutama untuk melihat adanya frakture pada tulang iga atau adanya hematopneumo thorak atau emphisema subkutan ...tks

      Hapus
  21. Slm knal dok..sy nasta, pd saat sy usia 9thn sy lompat dr ats lemari dn sy jtuh mngenai ujung tmpt tdur (kyu), stlh itu dada sblh kiri sy terasa sesak dn smbuh stlh diberi minyk gosok tp blkgn ini stlh sy b.usia 21 rs skit ny kmbli..terasa skit ny stlh sy menahan posisi bdan sy pakai tangan..itu knp ya dok..mhon jwbnnya..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr wb , selamat malam dan salam kenal ya...nasta...anda merasa nyeri setelah melompat dan terbentur pada sudut tempat tidur 12 tahun yang lalu dan saat ini kembali mencuat dan berasa . Apakah ada kelainan bentuk dada anda saat ini semisal dada yang tidak simetris atau atau masuk kedalam atau yang lainnya ? .

      Jika ada bagian yang cedera meski tidak ada gejala mungkin anda mesti mewaspadai cedera lama yang belum terdeteksi...tks

      Hapus
  22. Sprti ny tdk ada prubhan bntuk dok.. Apa hrus dlkukan rongent? Prediksi dokter dgn kluhan sy, ada yg patah atau urat tjepit shingga dsaat sy tdk bposisi dgn bnar trsa agk sesak dan nyeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr wb ...dan selamat siang ya...jika tidak ada perubahan bentuk yang terlihat dengan kasat mata maka mungkin sebaiknya anda melakukan pemeriksaan x ray foto agar dapat terlihat bagian tulang yang membengkok . biasanya jika ada bagian yang retak atau patah akan menyebabkan terjadinya fibrotik , perkapuran dan sambungan tulang yang menyatu secara salah sehingga otot-otot tertarik dan menyebabkan nyeri, tks

      Hapus
  23. Assalamu'alaikum, kalo sudah dilakukn pmriksaan dan ada yg slh dbag dtulang. Tindakan apa dok, yg biasa ny dlkukn? Hny mnum obt atau operasi?mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb ...jika sudah di lakukan pemeriksaan x ray dan tentu harus di nilai oleh dokter bedah atau dokter tulangnya maka jika dinilai mesti dilakukan reoperasi untuk memperbaikinya tentu itu yg terbaik.namun jika di nilai masih layak untuk di pertahankan dan tidak berpotensi menimbulkan masalah fungsi nantinya maka pilihan obat-obatan tentu bisa dilakukan...tks

      Hapus
  24. Selamat siang dok..saya robien umur 30,saya punya adik yg selalu mengalami sesak nafas yg di sertai rasa gelisah dan keluar keringat dingin di telapak tangan dan kaki'y pasca dada'y terbentur saat jatuh dari motor,
    itu penyebab'y + obat'y apa y dok..??
    Trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..adik anda mengalami kecelakaan dan mengalami benturan pada dada , sehingga mengalami sesak nafas dan gelisah serta keringat dingin pada tangan dan kaki ..pada benturan di dada permasalahan utama adalah nyeri yang lama hilang dan rasa sulit serta berat bernafas untuk waktu yang cukup lama berkisar 3 -4 minggu . kecuali benturan itu menyebabkan patah pada tulang-tulang dada.atau memar pada paru atau perdarahan pada rongga pleura.

      Untuk mengetahui pasti sebaiknya dilakukan kontrol dan pembuatan pemeriksaan penunjang seperti foto dada atau ct scan dada ...tentu sebelumnya anda mesti konsultasi dulu ke dokter terdekat tks

      Hapus
  25. Selamat malam dokter, saya Erlin 24th
    Saya mengalami nyeri dada tengah. Nyeri ketika sesudah menelan ludah, sesaat sesudahnya bersendawa. Tidak merasakan sesak nafas. Apakah ini bahaya dok? Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...erlin. anda merasa nyeri pada dada tengah ...tiba-tiba ? apakah ada pernah terbentur di dada ? dan sudah berapa lama kejadian ini anda rasakan..Terutama saat menelan ludah , sendawa dll. selain itu juga anda merasa sesak nafas...Dari telaah apa yang anda sampaikan terlihat bahwa nyeri di dada tersebut lebih terfokus ke daerah pencernaan atau lambung sehingga mesti disingkirkan kemungkinan gastritis atau dispepsia terlebih dahulu atau sakit maag . karena gejalanya hampir menyerupai gastritis..

      Namun jika keluhan anda masih berlangsung setelah mengkonsumsi obat-obat maag mungkin petksrlu dilakukan pemeriksaan serius..tks

      Hapus
  26. Malam.dok...skitar taun 2006 sya kecelakaan dok, mengakibatkan gegar otak ringan. kata teman saya, saya jatuh dengan posisi tubuh bag kiri yang kena aspal. Nah sampai hari ini kenapa bekas luka di kepala mase sakit ya dok?? Kl dipencet mase nyeri..trus di bagian punggung kiri belakang deket ketiak juga nyerinya ga pernah ilang dok...ini lgi kambuh nyut2qnnya.dl memang yang di rontgen cm kpala..kalo punggung engga dok..baiknya gmn ya dok??..soalnta nyeri di punggung ny ini berasa sampai ke dada sebelah kiri dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya oca ..anda mengalami kecelakaan 8 tahun yg lalu dan mengalami cedera kepala sedang sampai ringan. cedera kepala diketahui dengan menggunakan pemeriksaan head CT scan. anda masih merasa sakit banyak faktor yang bisa menimbulkan rasa sakit pada kepala selain benturan 8 tahun yg lalu.jadi harus di cari penyebab sakit kepala tersebut dengan teliti.

      Sakit pada punggung bisa saja terjadi akibat cedera pada tulang vertebra atau tulang belakang waktu kejadian , jika tulang mengalami retak atau patah akan terbentuk tulang muda tergantung lokasi yang mengalami cedera pada waktu itu . Sehingga terbentuk tulang muda yangrelatif memiliki permukaan yang tajam sehingga akan menimbulkan nyeri yang terus menerus jika menggesek jaringan lain disekitarnya. Coba anda berkonsultasi ke ahli bedah tulang belakang atau spine surgery untuk mencari kelainan tulang tersebut ( osteofit ) dengan pemeriksaan - pemeriksaan terbaru sekarang ini. tks

      Hapus
  27. Pagi dokter,
    Saya naura wanita berumur 27 thn, sudah 1bln ini saya mengalami pegal2 di leher dan bahu di sertai kadang nyeri di dada kiri atas. Saya tidak jatuh,tidak terkena benturan sebelumnya. Saya sudah kedokter internist dan disuruh rontgen jantung,paru2, ekg, cek tulang leher dan cek tulang bahu sebelah kiri. Dan hasilny semua baik2 saja. Sya pun tes darah, hasil kolesterol dan asam lambung pun normal dok. Saya di suruh fisioterapi. Diduga saya nyerti otot. Tapi baru fisioterapi 1x tetap tdk ada perubahan dok, dada kiri saya masih suka nyeri. Dan yg lebih menggangu lg leher dan bahu kiri saya pegal2 tdk kunjung hilang. Saya sakit apa y dok, perlukah saya melakukan MRI? Oh ya saya kalau bergerak apapun atau melakukan olah raga apapun tidak merasa sakit. Terima kasih dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi minggu dan salam kenal ya mbak laura..anda mengalami nyeri pada bahu dan leher sejak 1 bulan ini , tidak ada riwatyat trauma..sudah konsultasi ke internis semua terlihat normal saja..di sangkakan suatu myalgia atau nyeri otot..Kondisi jantung dan paru terlihat baik dari foto x ray dada , ekg dan tulang juga dalam batas normal saja. Nyeri pada dada dan bahu bisa memproyeksikan beragam penyakit..mungkin mengingat posisi tidur , posisi saat berkerja bisa diketahui penyebab suatu myalgia.Riwayat benturan yg dulu-dulu juga ada korelasi dengan nyeri di dada dan leher . penyempitan salinan otak pada tulang belakang bisa juga sebagai etiology. Aliran darah yang kurang lancar ke daerah lengan juga bisa menyebabkan nyeri . Syaraf yang terjepit di antara kallus atau inter vertebral juga bisa sebagai penyebab dll.Jika sangat mengganggu coba anda konsultasi dengan ahli neurology atau ke ahli spinal surgery . Mungkin bisa mencari kelainan yang cukup rumit yang anda alami ini..tks

      Hapus
  28. Selamat siang dok. Saya ingin bertanya. Ibu saya berusia 62 tahun. Seminggu lalu terkena dbd. Ketika plg.setiap mau tidur dada nya terasa sesak. Apa faktor penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya mas yan sen , maaf anda berdomisili di mana ya ?
      Jika penderita demam berdarah dengue , ada tingkat yang berat akan mengalami ekstravasi atau perembesan cairan dari pembuluh darah keluar , sehingga aliran darah di dalam pembuluh akan berkurang yang dapat menyebabkan syok karena kekurangan volume darah dlm pembuluh darah , itulah sebabnya pengobatan yang utama adalah memasukkan cairan sesegera mungkin sehingga tidak terjadi syok.

      ekstravasi cairan bisa terrjadi kemana saja termasuk ke rongga pleura atau rongga di antara paru dan dinding dada sehingga pada jumlah tertentu dapat menimbulkan sesak nafas hingga waktu tertentu sampai anti body tubuh bisa bertahan dari serangan virus dengue tsb tks

      Hapus
  29. Selamat sore dokter. Saya rebekka usia 22thn. 2 hari yang lalu saya jatuh dan membentur benda tumpul (ujung kursi) dibagian punggung kiri. Saat itu langsung terasa sakit dan hanya saya oleskan minyak kusuk. Sampai saat inisakitnya msh terasa, bernafas dangkal, dan sakit sampai ke perut dan ke leher bagian kiri. Kira-kira apa yang terjadi dok? Dan bagaimana penanganannya? Trimakasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..anda terjatuh dan terbentur pada punggung kiri saat ini masih terasa sakit sejak 2 hari yg lalu. Memang benar benturan pada daerah iga masih akan terasa hingga 2-3 minggu namun dengan intensitas yang makin menurun...coba anda konsumsi pengurang nyeri yang agak kuat...hingga beberapa hari kedepan tks

      Hapus
  30. selamat malam dok saya ashila 18th. kemarin saya jatuh dari motor dan membentur benda keras mengakibatkan dada di bawah payudara kanan sana terasa sakit apalagi jika di tekan sakit sekali, bila pindah posisi juga sakit dan ada goresan luka kecil. kira-kira ap yg terjai dok? terimakasihdok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ashila.berdasarkan keluhan anda anda mengalami trauma tumpul pada , memang benar nyeri pada dada akan sangat hebat karena anda juga bernafas selalu sehingga gerakan otot dada anda akan ikut menyebabkan nyeri terasa dan mengganggu . nyeri pada dada masih akan anda rasakan untuk waktu yang cukup lama kira-kira 3 minggu bisa masih akan terasa . mengkonsumsi pengurang nyeri yang kuat bisa anda lakukan tentunya harus dengan resep dokter. untuk memastikan adanya fraktur tulang iga bisa anda konsultasikan ke dokter untuk di buatkan foto x ray dada posisi berdiri,. tks

      Hapus
  31. sore dok,,istri saya seminggu yg lalu mengalami kecelakaan,,dan dada atas payudaranya terkena stir motor,sehingga terasa nyeri..dada atas sebelah kiri kalo dipegang,katanya masih ada benjolan,,dan td sempat cegukan sampai dadanya terasa nyeri...apakah benjolan itu berbahaya Dok?mungkinkah terkena organ dalam?kira" apa yg terjadi dengan keadaan istri saya Dok?trima kasih Dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..istri anda mengalami kecelakaan dan nyeri serta bengkak pada dada kiri. jika kondisi istri anda stabil hanya terasa sakit dan saja dapat dilakukan perawatan konservatif dengan obat pengurang nyeri yang hebat , dan biasanya nyeri akan cukup lama baru hilang bisa mencapai 3 minggu atau lebih .

      Namun jika ada sesak dan kesulitan bernafas mesti anda waspadai adanya benturan atau masalahdi rongga dada atau selaput paru. sebaiknya anda berkonsultasi ke ugd atau dokter bedah yang ada di sekitar tempat tinggal anda banyak hal bisa terjadi dan jangan menunda jika istri anda mengalami sesak nafas yang semakin berat atau hebat..tks

      Hapus
  32. Selamat Malam Dokter, Salam kenal ya Dok, saya Ivan 37 thn, saya peroko Dok, tidak pernah mengalami kecelakaan yg mengakibatkan benturan di dada. Namun Dok sudah 2 hari ini saya merasakan tulang dada kiri atas nyeri dan dada kiri sedikit bengkak Dok, memang saya akhir2 ini sering mengendarai motor di malam hari, namun dada tetap terlindungi tas punggung Dok ato rompi. Saya sudah coba kerik dan hasilnya merah kehitaman di bagian dada kiri dan kanan, namim belum ada hasil nya setelah dikerik, alias masih saja terasa sakit, sakit seperti bekas tetbentur sesuatu Dok.dan saya tidak mengalami sesak nafas, tidur nyenyak saja Dok namun sakit nya terasa apabila sy tidur di ruangan ber ac, bisa membuat yervangun dengan sakit dada kiri saya dok, yang menjadi peryanyaan apakah ini ciri2 sakit jantung Dok?...trims Dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas ivan ...anda berusia 37 tahun merokok , sudah berapa lama ?.anda khawatir apakah nyeri dada yang anda rasakan adalah nyeri yg menyerupai serangan jantung atau heart attack. nyeri terutama di ruang ber ac. Nyeri terutama di dada kiri .sesak dan batuk tidak ada.

      Nyeri pada serangan jantung adalah nyeri akut atau tiba-tiba yang terasa bera bahkan sampai seperti mengangkat beban yang berat dan bisa saja anda sampai berkeringat dingin . nyeri itu biasanya nyeri iskemik akibat jaringan tubuh kita tidak mendapat darah tiba-tiba . Neri ini biasanya di hantarkan atau menjalar ke punggung kiri dann lengan kiri. Namun bukan berarti kita mesti menganggap sepele kasus nyeri ringan di dada kiri.

      Untuk tahu pasti kelainan di dada atau jantung ini anda bisa pastika dengan konsultasi ke dokter penyakit dalam atau dokter jantung . Biasanya di buatkan pemeriksaan EKG sehingga anda dapat tahu pasti hasil nya. tks

      Hapus
  33. selamat siang dok, nama saya wira umur 17 th, 2 hari yg lalu tiba2 saja dada kiri bagian bawah saya terasa nyeri tapi tidak terlalu terasa, keesokan harinya saat saya menghirup nafas dalam2 terasa sakit sekali, sampai2 bahu dan pinggang kiri saya juga terasa sakit, sampai sekarang untuk berdiri pun terasa sakit, sudah saya cek EKG ke dokter katanya jantung saya normal, kira2 apa penyebabnya ya ?? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...usia anda masih sangat muda jadi sangat jarang terjadi serangan jantung pada usia tersebut ...dan nyeri dada anda yang sampai ke lengan dan kepinggang kami duga mungkin akibat aktifitas pekerjaan atau posisi istirahat anda . Posisi kerja yang kurang baik akan menyebabkan nyeri di lengan dan pinggang coba anda ingat 2 apa aktifitas anda 1 mgg sebelum itu . atau olahraga berat bisa menyebab kan rasa nyeri samar di tempat tadi . dan biasanya akan semakin berkurang pada hari 2 berikutnya, tks

      Hapus
  34. Selamat Malam dokter, teman saya hari ini mengalami kecelakaan motor akibat disenggol mobil alhasil teman saya jatuh ke sebelah kiri dimana tangan siku dan lutut lecet-lecet dan bagian dada khususnya bagian bawah payudara kirinya terasa nyeri jika menarik nafas dlam dan berbaring tidur. hrs di x ray atau rontgen dok ? apakah itu hanya skdar trauma tumpul saja akbat trjtuh dr motor dok? terima kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malamd dan salam kenal ya..teman anda mengalami KLL dan benturan pd dada , saat ini terasa nyeri dan nyeri jika menarik nafas dalam . jika mekanisme benturan kuat dan keras serta kecepatan kendara kencang saat kecelakaan , dapat di lakukan pemeriksaan x ray untuk melihat kelainan pada tulang dan paru-paru. apalgi jika ada sesak nafas . Mesti juga di ketahui bahwa benturan pada dada akan semakin bertambah hebat nyerinya sampai hari ke tiga baru setelah itu makin menurun..namun nyeri pada dada akan berlangsung terus dengan kwalitas nyeri yang makin berkurang sampai minggu ke 3 - 4 tergantung beratnya trauma yang terjadi saat kecelakaan..tks

      Hapus
  35. Selamat malam dok, saya Ferdinan usia 45 tahun & sudah menjalani operasi bypass pada April 2013 setelah itu semuanya baik-baik saja dan kira-kira dimulai dari 3 bulan lalu (September 2014) sampai sekarang ini saya merasakan otot/dada bagian kiri dekat bagian jahitan operasi itu seperti ada rasa tarikan (jika dada bagian kiri kita kedut-kedutkan akan sangat terasa) yang bisa dirasakan sampai bagian tengah dada & kadang juga sedikit terasa kekanan dada, dan juga menimbulkan sedikit rasa sesak (tapi tidak terlalu) serta tidak nyeri namun rasanya konstant (bukan hilang timbul) selama kira2 3 bulan ini, akan terasa juga jika menarik napas yg dalam, dan bagian bawah tulang dada kiri (sekitar perut kiri atas) pada saat itu terasa agak sedikit tertekan (sesekali saja),,namun jika didalam posisi tidur dengan miring kekanan, rasa tarikan itu berkurang & sesaknya hilang dan bangun pagi hal itu kembali terasa.., Hasil kontrol terakhir dengan dokter jantung, tensi normal, EKG normal, Treadmill test normal, foto thorax normal.,, Hal ini kenapa ya dok, apakah hal ini karena masuk angin dikarenakan sejak 3 bulan lalu saya mulai sering mengendarai motor dimalam hari,,dan mungkin dokter ada saran obat yg cocok untuk masalah ini..
    Terima kasih banyak sebelumnya & Tuhan memberkati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..anda telah melakukan oprasi CABG atas indikasi sumbatan arteri2 jantung.Paska operasi di jantung dan pembuluh darah jantung tentu akan menyisakan banyak masalah terutama mengenai aliran seperti sumbatan dan trombus . permasalahan ini tidak dapat di nafikan akan selalu menjadi permasalahan setelah operasi . bentuk dinding , aliran dan permasalahan sistemic adalah masalah yg mesti di kontrol. Jadi pemeriksaan dan kontrol berkala adalah solusi , jika suatu saat masih baik tentu belum tentu dalam waktu sekarang. Jika anda sudah kontrol dengan baik dan hasil juga baik tentu bisa membuat anda lebih tenang . menjaga diet dan gaya hidup adalah suatu kehaarusan. Adanya nyeri yang berasal dari otot , syaraf atau yang lainnya perlu dipikirkan namun masih di bawah urgensi dari permasalahan jantung . Apakan anda penderita DM ?

      Satu hal yang juga mesti di catat bahwa permasalhan pembuluh darah pada usia dewasa merupakan gambaran pembuluh darah di tempat lain spt otak , ginjal , kulit , tungkai dll.

      Kondisi kerja dan berkendaraan di malam hari jelas merupakan gaya hidup yang kurang baik atau kurang sehat jika bisa di hindari sebaiknya di pikirkan untuk melakukan perobahan jadwal kerja tks

      Hapus
    2. Selamat sore dok,,terima kasi utk jawaban saran2nya diatas.
      Sebagai info tambahan waktu pemeriksaan dengan dokter jantung saya tsb, sy juga melakukan pemeriksaan Lab yg diantaranya utk kondisi gula darah saya, hasilnya adlah Glukosa Puasa 109 mg/dL ; Glukosa 2jam PP 131 mg/dL ; HBA 1c 5,7%,, mnurut dr jantung tsb itu masih normal saja (tidak ada DM). Mungkin dokter ada masukan/ saran2 tambahan lagi utk kondisi saya ini (jgn bosan ya dok),,karena rasanya yg konstan/menetap dok,, sebelumnya terima kasih banyak utk saran2nya, Tuhan memberkati dokter & kluarga.

      Hapus
    3. Selamat sore dan salam kenal ya.. dari hasil lab tampak gula darah anda dalam batas normal saja jadi sepertinya bukan penderita DM , banyak hal lain yang dapat mencetuskan kelainan jantung selain gaya hidup dan pola diet. Kebiasaan merokok dan hidup yang stress tinggi dengan beban kerja yang berat adalah juga mesti di jaga . Bahkan beberapa literatur menyatakan stress bisa leading kedepan sebangai penyebab kejadian serangan jantung selain rokok , hipertensi dan diet tinggi lemak..

      Hapus
  36. Pagi Dok, saya Adi 26 tahun. 2 Hari yang lalu saya terjatuh dari sepeda.Bagian punggung saya terbentur aspal. Di daerah luar saya hanya mengalami lecet dan memar saja. Namun dada sebelah kiri saya sedikit sakit saat menarik nafas panjang atau saat digerakan. Selain itu, saat saya menelan makanan juga terasa sedikit sakit di bagian dada. Apa yang perlu saya lakukan Dok? Apakah itu hanya memar yang dibiarkan juga akan sembuh? Atau saya perlu melakukan pengobatan? Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya.adi..benturan pada dada kerap menimbulkan rasa nyeri yang cukup lama memar dan nyeri akan berkurang dan menyembuh hanya saja nyeri berlangsung lebih lama di bandingkan dengan benturan pada tempat lain tks

      Hapus
  37. Pagi Dok, saya Adi 26 tahun. 2 Hari yang lalu saya terjatuh dari sepeda.Bagian punggung saya terbentur aspal. Di daerah luar saya hanya mengalami lecet dan memar saja. Namun dada sebelah kiri saya sedikit sakit saat menarik nafas panjang atau saat digerakan. Selain itu, saat saya menelan makanan juga terasa sedikit sakit di bagian dada. Apa yang perlu saya lakukan Dok? Apakah itu hanya memar yang dibiarkan juga akan sembuh? Atau saya perlu melakukan pengobatan? Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..anda mengalami benturan di dada hari kedua mengalami nyeri , sesak dan sakit saat menelan makanan .. untuk dapat tahu pasti kelainan yang anda derita sebaiknya di lakukan pembuatan foto rontgen dada jika bisa posisi berdiri atau erect unuk memastikan tidak ada bagian tulang iga yang frakture atau ada masalah didada yang lainnya . Jika tidak di jumpai masalah pada x ray dada tsbt maka pengobatannya cukup dengan pengurang nyeri yang kuat , memang benturan pada dada biasanya cukup lama baru berkurang karena adanya gerakan otot dada saat bernafas..tks

      Hapus
  38. Malam Dok, saya Ana 16 tahun, saya sering merasa sakit dibagian dada sebelah kiri yang hampir berada ditengah dada. Kadang rasa sakitnya sangat terasa seperti ditusuk benda tajam, ketika saya bergerak dan bernafas. Rasa sakit itu datang berkala, sehari - 2-3-4 bahkan seminggu. Kepala saya juga sering terasa sakit, saya juga merasa melayang saat berjalan karena dalam penglihatan saya semuanya berputar. Sebelumnya saya tidak pernah mengalami kecelakaan apapun. Kalau saya boleh tau Dok, ini penyakit serius atau tidak? Kalau saya boleh tau ini nama gejala penyakit apa? Terimakasih banyak sebelumnya dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya ana...anda sering merasa sakit di dada terutama bagian tengah dan kiri . dari keluhan anda saya perkirakan anda mengalami gangguan pada lambung seperti dispepsia atau maag . mungkin anda sering telat makan atau diet . atau mungkin juga gangguan pada daerah lain di sebelah kiri . Dari usia anda juga saya mesti tahu apakah nyeri bukan di daerah payudara ? sebab pada usia seperti anda juga merupakan saat pertumbuhan payudara dan hormonal kewanitaan yang meninggi sehingga sering mulai muncul mammary displasia atau rasa nyeri pada payudara beberapa hari saat akan haid..tks

      Hapus
  39. malam dok..
    ayah saya berumur 47 tahun mengalami musibah jatuh saat mengendarai sepeda motor,dan bagian tulang antara leher dan dada(saya tidak tahu nama tulang pada bagian tersebut) menghantap pada bagian spidometer stang sepeda motor.setengah jam setelah jatuh masih bisa mengendarai sepeda motornya untuk melanjutkan perjalanan yang cukup jauh,namun ketika malamnya ayah saya merasakan nyeri pada bagian tulang antara leher dan data sehingga menyebabkan dia demam mengigil dan tidak bisa tidur serta mengalami sesak nafas,keesokan harinya pada bagian tersebut bengkak dan menyebabkan bagian tulang tersebut hingga dada bagian kiri sampai tangan kiri sakit terama untuk digerakkan,,,dikarenakan rumah sakit umum baru hari senin buka,apa selanjutnya yang bisa saya lakukan untuk dilakukan tindakan 2 hari kedepan menjelang dibawa kerumah sakit?mohon solusinya dok..ada beberapa blog mengatakan itu bisa menyebabkan kematian...tolong solusinya dok menjelang 2 hari kedepan untuk dibawa kerumah sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...vanra..orang tua anda mengalami benturan pada daerah kepala dan leher akibat kecelakaan lalin. dijumpai rasa sesak dan bengkak di leher. Memang benar bahwa trauma pada daerah dada dan leher bisa menyebabkan masalah dan membahayakan kondisi orang tua anda. Jika dijumpai kondisi sesak dan nyeri yang hebat sebaiknya segera di konsultasikan ke ugd untuk di lihat oleh dokter baik melalui pemeriksaan fisik dan pembuatan foto x ray untuk memastikan dan menyingkirkan ada atau tidaknya permasalahan seperti perdarahan , patah tulang iga atau tulang vertebra cervicalis leher. semua jika pada pemeriksaan tidak di jumpai kelainan maka cepat ditangani karena semakin lama keadaan ini berlangsung dan tidak di ketahui semakin beresiko .tks

      Hapus
  40. asalmualikum .. selamat pagi dokter...
    dokter ibunda saya menderita sesak nafas setelah mengalami benturan yg cukup keras..
    beliau tertabrak Motor dan SETANG motornya membentur tepat di bagian dada
    beliau merasakan sakit dan sesak saat bernafas ...
    tapi beliau tidak mau di ajak kedokter karena tak punya Biaya .. sedangkan saya berada di Luar negri dan tak bisa berbuat apa-apa...
    seminggu kemudian ibunda saya batuk berdarah .. saat beliau batuk beliau bilang mengeluarkan darah beku berwarna hitam ... tapi ibunda tetap tidak mau periksa keDokter ..
    sampai saat ini ibunda saya masih menderita sesak nafas dan rasa sakit di dada ..
    dokter saya mohon solusi Anda .. apakah ini berbahaya atau tidak ????? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass.wr wb ...orang tua anda mengalami benturan di dada dan mengalami sesak serta batuk berdarah . benturan pada dada yang di sertai sesak dan ada batuk berdarah mesti anda tanggapi dengan serius apalagi jika darah yang keluar cukup banyak dan rasa sesak yang hebat . Jika ada keluarga di rumah orang tua sebaiknya di anjurkan untuk membawa orang tua ke puskesmas atau rumah sakit terdekat agar dapat di ketahui kondisi sakit orang tua anda secara jelas. Jika masalah biaya tentu saat ini sudah ada kartu bpjs yang dapat di urus cepat asal syarat nya terpenuhi. banyak hal yang dapat terjadi pada benturan di dada karena banyak organ sensitif yang ada di dalah rongga dada tersebut. tks

      Hapus
  41. Assalamu'alaikkum,
    dok, saat ini saya berumur 23 tahun. 5 tahun yang lalu saya pernah terpeleset di tangga dengan posisi jatuh tulang punggung membentur ujung anak tangga. Saat itu saya sempat tidak bisa menggerakkan badan saya kurang lebih sekitar 5 menit. dan setelah kejadian tersebut, setiap akan mengangkat beban yang agak berat (lebih dari 1 kg) saya akan merasakan sakit pada tulang punggung, dada saya akan sangat sakit seperi tulang rusuknya menusuk ke dalam, dan rasanya pun akan sangat sesak. saya sudah pernah melakuakan foto rontgen dan hasilnya normal-normal saja, tidak ada keretakan atau kelainan tulang. Tapi sampai saat ini saya masih belum bisa mengangkat beban berat karena rasa sakit tersebut pasti akan muncul kembali. Apakah hal tersebut akan berakibat fatal? dan bisakah saya sembuh normal lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb ..anda merasa nyeri dan sakit pada dada akibat terjatuh yang terjadi kira-kira 5 tahun yang lalu. terutama saat mengangkat beban. Kami belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebab namun jakia dari gambaran x ray dada tidak di jumpai adanya kelainan pada tulang , bisa jadi benar dan kemungkinan nyeri bisa juga berasal dari otot , nervus atau syaraf dan juga organ-organ lain , mungkin perlu di cari dengan jelimet dan bertahap kemungkinan - kemungkinan kelainan di otot , atau syaraf , dengan konsultasi ke bagian neurology , atau orthopedi , mungkin bisa di lakukan pemeriksaan ct scan , ecg dll tks ya

      Hapus
  42. saya mau tanya dok klo setelah tertawa trasa sesak apa itu normal dok?s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...anda mengalami kelainan dan merasa setelah tertawa anda merasa sesak nafas.Pada kasus normal keluhan seperti ini tidak akan terjadi , kecuali ada cairan baik dari lambung atau ludah yang masuk ke saluran nafas sehingga saat laring terbuka sairan ini mengisi rongga paru - paru sehingga timbul sesak nafas. Atau ada defek yang terbuka secara permanen . Sebaiknya anda periksakan kondisi saluran nafas bagian atas ke bagian tht atau paru - paru . tks

      Hapus
  43. Assalamualaikum dok, saya wanita usia 22 tahun penderita maag. Sebulan yg lalu saya telat makan sampai rasanya nyeri dn panas dibagian tengah dada. Besoknya saya jadi sering bersendawa, mual dn ada yg mengganjal dibagian dada kiri. Menurut informasi dr blog kesehatan, gejala2 itu termasuk maag karena asam lambung yg naik. Menurut dokter bagaimana? Karena yg mengganjal didada kiri kadang hilang dn kadang muncul. Apakah bisa sembuh dgn minum obat maag? Atau rogten lebih baik? Terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam wr wb. Salam kenal terima kasih atas pertanyaannya. Maag berasal dari bahasa asing yang artinya lambung. Jadi punya maag (lambung), tetapi di masyarakat istilah ini dipakai untuk orang yang menderita gangguan pada lambung.
      Gangguan pada lambung bisa berupa iritasi ringan seperti luka gores pada kulit atau luka yang lebih dalam pada dinding lambung maka membaiknya juga akan lama apalagi jika ada borok bisa kita bayangkan borok di kaki yang sudah agak luas maka sembuhnya pasti bisa lama kadang 2 mgg sampai beberapa bulan..jadi saat kita makan obat itu tentu belum akan sembuh lukanya perlu makan obat beberapa lama baru luka nya secara bertahap akan men

      Hapus
  44. Selamat pagi, dok. Saya windi usia 19thn. Dua hari yg lalu saja jatuh dari motor, lalu baru terasa nyeri pada bagian tulang rusuk kiri sejak kemarin. Menurut dokter tindakan apa yg harus saya ambil , dok. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya windi anda baru mangalami kecelakaan sepeda motor dan mengalami nyeri pada rusuk kiri . jika benturan cukup kuat maka nyeri didada anda juga akan cukup kuat dan terasa lebih lama di banding dengan benturan di daerah tubuh lainnya . adanya paru-paru di rongga dada yeng memerlukan pergerakan untuk bernafas terutama otot -otot dada sehingga jika mengalami trauma maka akan mengalami sakit yang hebat dan akan lama mengalami pengurangan. jika anda ragu akan adanya bagian tulang iga yang patah atau adanya rasa sesak nafas yang hebat maka pemeriksaan rontgen dada dapat menjadi pilihan cepat dan cukup baik untuk dilakukan guna mengetahui kelainan - kelainan tadi. nyeri yang hebat bisa anda kurangi dengan mengkonsumsi obat pengurang nyeri yang kuat . Sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu tentang pilihan pain management nya ke dokter terdekat tks.

      Hapus
  45. mau tanya ni dok...dulu (3th lalu)saya prnh jatuh dr motor...kemudian dada kanan saya terasa sakit saat nafas(sekitar 2 bln)...&sekarang kumat lg...apa saya harus periksa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya febi ...jatuh 3 tahun yang lalu menurut hemat kami tidak ada korelasi langsung dengan sesak nafas anda saat ini . dari sisi waktu terlihat cukup lama . kami lebih cenderung untuk menyatakan bahwa ada kalainan baru yang anda alami seperti ispa atau nyeri otot dada sehabis aktifitas yang agak berat. sebaiknya anda periksakan dulu ke dokter terdekat tentang kondisi dada dan paru-paru anda tks..

      Hapus
  46. Selamat sore dok, sy indah usia 22th.
    Bgini dok 2 th yg lalu sy pernah mengalami kcelakaan mtor dan terbentur stang mtor di bagian rusuk kanan, pada saat itu hnya memar saja dan tdak terasa sakit.
    Sudah 2 minggu ini rusuk kanan bawah sy terasa sakit yg menusuk pada saat tidur dan itu mmbuat sy susah bernafas, dan sdah 1minggu ini sy merasakan sakit di rusuk kanan bawah pada saat tertawa dan bergerak secara tiba2. Sakitnya juga terasa hingga ke belakang dok, dan pada saat rukuk dan sujud dlam sholat juga dada kanan sy terasa sakit dan susah brnafas.
    Apakah sakit yg sy rasakan itu ada kaitannya dengan kcelakaan 2th yg lalu dok?
    Tolong diagnosanya dan bila sy hrus periksa ke dr, seharusnya ke dr spesialis apa ya dok?
    Terimakasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Selamat malam dan salam kenal ya indah ..anda 2 thn yang lalu mengalami benturan didada dan saat ini terasa sakit dan sesak pada bagian yg terbentur. Dari apa yang anda sampaikan kami merasa kurang sependapat dengan anda jika kecelakaan yang lama sebagai penyebab nyeri yang sekarang. sebaiknya anda periksakan kelainan yg anda alami ke spesialis paru-paru terlebih dahulu...tks

      Hapus
  47. selamat malam dok, nama saya mike, saya mau tanya nih dok, apabila terjadi kecelakaan dan terdapat memar bengkak sebelah kiri dada akibat tekanan stang motor, dan terjadi sesak nafas, itu parah enggak ya dok? tolong diagnosanya dan terimah kasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mike anda mengalami kecelakaan sepeda motor dan dada terkena stang dari sepeda motor ..saat ini anda merasa sesak nafas . jika boleh kami dapat informasinya ..sudah berapa lama anda mengalami kecelakaan..? jika sesak disertai dengan nyeri terutama saat bernafas dalam itu bisa karena truma tumpul pada otot dan tulang dada. untuk pastinya jika anda merasa benturannya sangat hebat sebaiknya anda konsultasi ke dr di bagian bedah mungkin anda perlu di lakukan pembuatan foto x ray dada . jika aman artinya tidak ada fraktur atau patah maka itu akan semakin berkuran dalam beberapa minggu kedepan..tks

      Hapus
  48. Pagi dok..saya baru saja kecelakaan tadi malam dan yg prtma terbentur adlh dada saya..saat pertama terbentur saya pngsng mrskn nyeri di dada sy tpi stlh itu hlng..dan saat sy bangun pagi ini nyerinya trasa lagi bahkan smpai mrasa nyeri di bagian perut .. apa sy hrus priksa ke dokter? 16th thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamaran t malam dan salam kenal ya anda baru saja mengalami kecelakaan lalin di mana bagian dada anda mengalami benturan yang sangat nyeri namun besoknya anda merasakan nyeri hingga ke perut . Untuk memastikan apakah ada masalah pada organ atau alat alat di dalam rongga perut memang sebaiknya anda periksakan kondisi dada dan perut tersebut ke dokter bedah atau dokter umum yang ada di dekat anda berdomisili. agar tidak terjadi lost case nantinya. tks

      Hapus
  49. Selamat pagi dok saya remaja berusia 1tahu sekitar 7/bulan lalu saya kecelakaan motor hingga mengenai bagian dada entah terbentur ban motor entah stang disana saya tidak ingat selamakejadian sayaa sangat sulit untuk bernafas selang beberapa menit saya kembali bisa bernafas lega , lalu setelah itu saya dibawa ke bidan terdekat dan bidan bilang bila setelah itu saya merasakan sesak nafas saya dianjurkan untuk pergi ke dokter, tapi setelah itu orang tua saya memanggil tukang urut , untuk mengurut bagian dibsekitar dada . Dan keesokan hari nya saya memanng baik2 saja dan dapat sembuh sedia kala , tapi 3bulan terakhir ini saya merasakan ada yang aneh di dada (waktu bekas kecelakaan ) detak jantung saya seperti ada yang memukuli dan kadang2 tidak berdetak seperti biasa . Apa itu ada hubungan nya sama kejadiaan 7 bulan lalu itu dok? Lalu apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya dhinni di jatinangor...anda baru mengalami kec lalin dan mengalami benturan di dada dan saat ini anda merasa denyut jantung seperti berhenti berdetak setelah 3 bulan dari kejadian. permasalahannya anda malah di urut oleh orang pandai ..sebaiknya pada cedera apapun baik di rongga perut , dada atau kepala atau bagian tubuh lain tidak di lakukan tindakan mengurut oleh dukun atau sebagainya karena jelas pada kasus ada patahan pada tulang atau cedera organ akan menyebabkan semakin beratnya cedera organ atau bergesernya daerah patahan atau bagian tulang akan menusuk atau melukai organ lembut yang ada di bawahnya. nah hal seperti ini memang perlu anda jelaskan kepada keluarga atau sudara atau kerabat yang lain agar tidak melakukan hal-hal seperti itu pada kasus kecelakaan .

      Jika anda merasa ada kelainan di dada atau jantung mungkin sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam atau dokter jantung terdekat , agar bisa di lakukan pemeriksaan oleh dokter atau perlu pemeriksaan rongent atau pemeriksaan ekg..bisa saja memang ada hubungan antara cedera 7 bulan yg lalu dengan penyakit yang anda deriata sekarang . namun itu tentu memerlukan pembuktian tks..

      Hapus
  50. Selamat siang dok.. usia saya 17th. Keluhan saya, dada sebelah kanan sakit apalagi di saat tertawa, batuk, ataupun mengambil nafas panjang. Seperti ada yg tertekan. Padahal saya tidak pernah jatuh ataupun terkena benturan. Cuma, saya merasa sakit setelah saya bangun tidur melakukan Push Up tanpa pemanasan terlebih dahulu. 2 Hari dipijat masih tidak ada hasil. Hari berikutnya saya pergi ke dokter terdekat lalu saya diberi obat nyeri otot, tapi masih tetap sakit. Dan sekarang saya udah memasuki hari ke-5 dari awal sakit. Apa yg harus saya lakukan, dok?

    BalasHapus
  51. Selamat siang dok.. usia saya 17th. Keluhan saya, dada sebelah kanan sakit apalagi di saat tertawa, batuk, ataupun mengambil nafas panjang. Seperti ada yg tertekan. Padahal saya tidak pernah jatuh ataupun terkena benturan. Cuma, saya merasa sakit setelah saya bangun tidur melakukan Push Up tanpa pemanasan terlebih dahulu. 2 Hari dipijat masih tidak ada hasil. Hari berikutnya saya pergi ke dokter terdekat lalu saya diberi obat nyeri otot, tapi masih tetap sakit. Dan sekarang saya udah memasuki hari ke-5 dari awal sakit. Apa yg harus saya lakukan, dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..anda merasa sesak nafas dan berat di dada saat bernafas dan bangun tidur ...terutama setelah melakukan push up , semacam ligamentous sprain pada otot . sebaiknya anda mesti istirahat dan mengkonsumsi pereda nyeri .ligamentous sprain atau muskular sprain akan berkurang secara perlahan. sebaiknya tidak melakukan pemijatan yang kami rasa tidak perlu. biasanya setelah 1 -2 mgg nyeri akan mereda secara perlahan. sebaiknya kedepan anda melakukan pemenasan sebelum masuk ke latihan inti. tks

      Hapus
  52. Siang Dok. Saya 31 tahun, sudah 2 minggu ini dada kiri bagian atas terasa nyeri jika ditekan dan begitu juga jika sedang bernafas dalam, tapi tidak tidak ada luka memarnya atau biru. Awalnya karena bertabrakan dengan teman saat bermain sepak boa. Kira-kira kenapa ya Dok dan apa yang mesti saya lakukan. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..anda merasa nyeri saat bernafas dalam setelah mengalami benturan saat bermain bola. melihat lamanya nyeri sudah 2 minggu sejak kejadian , maka sebaiknya anda memeriksakan dada anda ke dokter , mungkin perlu di lakukan pemeriksaan penunjang seperi pembuatan foto x ray dada atau usg . sehingga dapat menjawap ke khawatiran anda . apalagi jika nyerinya cenderung tidak berkurang atau malah meningkat. tks

      Hapus
  53. Assalamualaikum.
    Sore doct, saya berusia 19 thn. Tadi pagi saya kecelakaan motor. Dada saya terbentur pohon yg tidak terlalu besar. Saya sangat shock dan seketika pusing sampai hampir pingsan. Bila saya tekan dada atas kiri saya di satu titik terasa sakit, tapi tidak ada nyeri atau pun sesak napas apalagi muntah, karena seingat saya kepala saya tidak terbentur. Keluhannya adalah otot terasa kaku dari bagian bahu depan sampai ke leher dan terasa pusing. Siangnya langsung saya ke rs terdekat, dokter jaganya bilang tidak apa apa yg penting tidak sesak napas dan memar. Setelah minum obat resep dr dokter (pereda nyeri) teratur rasanya hilang linu nya terus linu lagi. Saya tau ini proses, karena toh saya baru jatuh tadi pagi. Pertanyaan saya kenapa saya pusing disaat dada saya terbentur? Kata dokter tadi sih akibat kurangnya suplay oksigen ke otak. Apa benar? Kemudian perlukah saya rontgen? Jika perlu brp lama saya harus menunggu setelah kejadian ini? Dan yang terakhir keluhan yg seperti apakah nantinya yang dapat meyakinkan saya bahwa saya harus rontgen?
    Mohon dijawab ya doct.
    Danke :)

    BalasHapus
  54. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali , oya tadi barusan juga baca2 disini http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/nyeri-dada-terasa-di-sebelah-kanan artikelnya cukup membantu dan menambah wawasan...
    btw salam kenal ..

    BalasHapus
  55. Salam kenal Irli Yani...trauma dada akibat benturan benda tumpul bisa mengakibatkan trauma pada jaringan lunak, tulang sampai pada trauma pada organ yg mengisi rongga dada. Manifestasi klinis tergantung pada tingkat besarnya/force dari energi benturannya. kalau menganalisa dari keluhan yg disampaikan dan gejala klinis yg dialami kemungkinan cedera yg dialami berupa cedera pada jaringan lunak tanpa melibatkan cedera organ yg mengisi rongga dada. pemeriksaan rontjen dada diperlukan untuk menilai apakah cedera yg dialami menyebabkan patahnya tulang iga atau adanya perdarahan dalam rongga dada(keluhan klinis berupa sesak napas, nyeri pada saat pergerakan napas), cedera jaringan lunak biasanya tidak memerlukan tindakan intervensi, dengan obat penghilang rasa sakit dan neurotropik sudah bisa mengatasi keluhan klinis....semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  56. Salam kenal dok

    Saya seorang pelajar dan saya mengikuti sebuah perguruan bela diri. Ketika sedang latihan, saya kurang fokus terhadap lawan saya sehingga dada bagian atas saya terpukul oleh lawan. Awal nya tidak sakit, namun keesokan harinya dada yang telah dipukul itu merasakan sakit ketika bernafas, batuk, dan bersin. Saya juga merasa salah satu tulang rusuk. di dada saya yang telah dipukul itu terasa menonjol. Apa yang harus saya lakukan agar nyeri nya hilang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya...benturan pada dada memang akan terasa nyeri yang cukup lama namun jika ada tonjolan tulang anda mesti waspada ada bagian tulang iga yang patah ..sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter bedah atau dengan membuat pemeriksaan x ray tks

      Hapus
  57. perkenalkan saya mahasiswa umur 19 tahun ketika bermain basket, sy menahan laju bola agak kencang dan tinggi, tetapi setelah itu saya merasakan nyeri di punggung bagian bawah lalu sy diamkan selama seminggu, dan nyerinya mulai mereda, tetapi timbul tonjolan pada dada kanan sy yang letaknya dekat dengan tulang taju pedang, untuk masalah bernafas tidak ada masalah atau sesak, tetapi ketika saya mencoba melakukan push up sangat terasa nyerinya, mohon sarannya pak. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya..jika teraba benjolan sebaiknya anda lakukan pemeriksaan pasti ke dokter bedah atau pembuatan x ray ...dimana anda berdomisili.tks

      Hapus
  58. Hallo dok saya tadi baru saja terjatuh pada saat main bola dan dada saya terbentur. Tapi, sekarang leher saya jadi sakit, apakah akibat dari terbentur?, mohon penjelasannya.Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya..benturan pada dada akibat terjatuh tentu akam belibatkan bagian tubuh lainnya atau di kalangan medis di sebut multi trauma jadi jika dada terbentur bisa saja lutut juga luka kepada mengalami benturan dan akibat benturan kepala maka leher sebagai penyangga akan ikut mengalami trauma seperti terputar atau terpelintir dan lain - lain sehingga sering pada cedera kepala leher juga mesti dipastikan tidak mengalami cedera tks

      Hapus
  59. dok, waktu itu adik saya yg msh 13thn wkt itu ditinju oleh tmnya di dada bagian tengah bawah terus dia sesak nafas lalu beberapa hari kemudian dia didada bekas pukulan muncul tulang keras dok.itu knp dok ya bahaya tdk? dia bilang tdk sakit tp saya kuatir ada apa2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..pukulan di daerah ulu hati memang dapat menyebabkan sulit bernafas dan sesak nafas secara tiba-tiba..dan dengan istirahat beberapa saat akan kembali pulih ..daerah ini juga sering menjadi sasaran para petinju untuk meng ko kan lawan tandingnya. memang di bawah tsb ada tulang iga melayang di sisi kiri dan kanan dan itu normal ...tks

      Hapus
  60. Selamat siang dok, nama saya rama usia 25 berawal dari kecelakaan motor minggu lalu dada kiri saya terbentur mobil dan sempat kesulitan bernafas beberapa detik. Dan efeknya smpe skrg dada kiri saya masih terasa sakit, terlebih pd saat batuk dan tertawa. langkah apa yg hrus sya lalukan dok apakah harus di ronsen? Mohon solusi nya dok, thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...benturan pada dada masih akan terasa sampai 1 bulan bahkan lebih tergantung berat ringanya benturan..karena otot dan dinding dada terus bergerak..apalagi saat batuk atau bernafas dalam biasanya keadaan ini akan semakin berkurang seiring waktu .tks

      Hapus
  61. Slmt sore dok. sya refi (16) senin kmrn Dada sy terkena bola takrau dan baru terasa sakitnya besok. sy merasa nyeri saat tarik nafas,tidur pun jg terasa nyeri.Tanda-tanda lain yang sy rasakan itu dri skit kepala,sesak nafas aplagi kalau saat tidur hingga demam. Apakah saya hrs kedokter dok? Atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...benturan pada dada akibat bola takraw adalah lazim dan sering kita jumpai dan kami yakin itu bukanlah benturan dengan mekanisme yang berat ..apalagi jika kita baru mulai atau awal bermain takraw sehingga terasa nyeri dan sesak satu hari pasca olahraga. anda sebaiknya jika terganggu oleh nyeri sebaiknya mengkonsumsi pengurang nyeri ...tks

      Hapus
  62. Tolong bantuannya dok.. Soalnya saya orangnya panikan dgn sgl sesuatu yg terjadi pada tubuh saya. makasih ya dok sebelumnya

    BalasHapus
  63. Malam dok,
    Saya umur 23thn, saya akhir2 ini kalau dalam posisi tdr Dada sblh kiri saya sakit rasanya berat sekali kyk di tindih pada satu titik saja, bisa sampai tembus kebahu blkng...dan kalau saat posisi duduk badan menyamping kiri atau kanan sakit juga sprti ada yg mengganjal tarik napas dalam sama dada merasa sakit,,sblumnya saya sakit pada dada saya kena lambung ketika sembuh saya merasakan sakit di dada sblah kiri, sudah lbih dari 6hari, apa yg saya harus lakukan dok, saya udah berobat di poli dalam cuma di kasih obat rasa nyeri dada pembersih paru sm antibiotik namun tak kunjung sembuh, apa yg saya harus lakukan dok, mohon beri sarannya? Terima kasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya..nyeri dada memang banyak penyebab dan jika masih terasa nyeri setelah di beri obat maka harus di cari secara pasti apakah berasal dari jantung , paru - paru , lambung atau selaput paru...dimana anda berdomisili...tks

      Hapus
  64. Malam dok,
    Saya umur 23thn, saya akhir2 ini kalau dalam posisi tdr Dada sblh kiri saya sakit rasanya berat sekali kyk di tindih pada satu titik saja, bisa sampai tembus kebahu blkng...dan kalau saat posisi duduk badan menyamping kiri atau kanan sakit juga sprti ada yg mengganjal tarik napas dalam sama dada merasa sakit,,sblumnya saya sakit pada dada saya kena lambung ketika sembuh saya merasakan sakit di dada sblah kiri, sudah lbih dari 6hari, apa yg saya harus lakukan dok, saya udah berobat di poli dalam cuma di kasih obat rasa nyeri dada pembersih paru sm antibiotik namun tak kunjung sembuh, apa yg saya harus lakukan dok, mohon beri sarannya? Terima kasih,

    BalasHapus
  65. Assalamu'alaikum
    Selamat malam dok nama saya Mila umur 19
    Kemarin dulu saya kecelakaan motor cerita pastinya saya Jatuh bagaimana, cara jatuhnya bagaimana saya kurang tau. Karena setelah jatuh saya langsung bangun dan tiba-tiba dada saya terasa sesak seperti susah bernafas.
    Dan 2 hari kemudian pada saat saya bangun pagi saya merasakan hal yang aneh ada rasa sakit di dada pada saat saya batuk, tertawa, dan berbicara dengan suara keras. Dan juga ada rasa sakit di tulang iga pada saya saya menekannya.
    Bagaimana dok apa saya perlu ke rumah sakit atau hanya perlu minum obat anti nyeri dada?
    Sebelumnya terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...mila..setiap benturan pada dada akan berasa nyeri yang lama untuk dua minggu kedepan anda bisa mengkonsumsi pengurang nyeri dulu ...tks

      Hapus
  66. Selamat pagi dok.. saya xander,umur saya 27,4 bln yg lalu dada saya ketendang sm ponakan saya, smpe skrg msh nyeri dan tambah bengkak. Saya udh periksa ke bbrpa dokter dan hanya di ksh obat nyeri. Udh di rontjen juga hasil nya baik. Saya hrs gmn dok biar cpt sembuh, hrs di periksa ke dokter spesialis apa? Saya kesiksa banget,plgi dada saya tambah bengkak. Mksh dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..xander...benturan sudah 4 bln dan ada bengkak apakah ada sesak nafas...? jika ada bengkak seperti itu sebaiknya anda konsultasikan ke dokter bedah atau dokter bedah thoraks tks..oya di mana anda berdomidili atau tinggal..?

      Hapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  68. dok saya usia 35 thn dan kemaren ini anak2 saya bermain dan tidak sengaja menjatuhkan diri ke bagian bawah payudara kiri..sakitnya baru muncul sekitar 1-2 minggu setelahnya, tidak ada rasa sesak napas, tidak ditemukan memar, namun sakit ketika ditekan, letaknya di tulang dada tengah yang bersisian dgn bagian bawah payudara, terasa agak ada sedikit bengkak kalau ditekan tapi tidak ada perubahan fisik kalau dilihat kasat mata, kira2 saya harus menunggu sembuh sendiri atau konsultasi ke dokter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ..ya mbak lina ..anda mengalami benturanpada tulang iga dada kiri ...saat ini masih akan terasa karena benturan dada akan lama baru hilang karena bergerak saat bernafas ...jadi jika sakit sebaiknya anda mengkonsumsi obat pengurang sakit yang kuat buat sementara waktu ...dimana anda berdomisili...?tks

      Hapus
  69. Selamat malam dok , ibu saya berumur sekitar 53tahun 2 hari lalu menggendong cucunya dengan posisi kangguru sekitar 2-3 jam . Sehari setelah itu ibu saya mengeluh ada benjolan di dada sebelah kiri bagian atas , dan kalau di tekan atau dinsentuh rasanya ngilu dan seperti di tusuk hingga ke tulang belikat bagian kanan . Beliau bilang itu benjolan adalah tulang yang bergeser , namun saya ragu . Pertanyaannya benjolan apa itu dan apa penyebabnya .apa yang harus saya lakukan ? Soalnya saya belum pernah mengalami yang seperti beliau alami . Sementara ini , beliau merasa aga mendingan bila bagian tulang belikat bagian kaka di kompres menggunakan air hangat .tapi tidak mengompres pada benjolannya karena itu terasa ngilu , oh ya satu lagi dok , ada benjolan itu tidak menyebabkan pernafasan beliau jadi terganggu . Apa benjolan itu angin ? Atau semacam urat syaraf ? Atau memang tulang ? Mohon sekali bantuannya . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..benjolan pada dada kiri atas adalah daerah tulang klavikula ...jika patah atau bergeser tentu akan timbul kesulitan menggerakkan tangan kiri ke arah atas. menurut kami mungkin suatu sprain otot dan akan terasa nyeri untuk beberapa lama. seberapa berat cucu yg di gendong beliau ? tks

      Hapus
  70. pagi dok......umur saya baru 14 tahun.....tapi kenapa saya sering mengalami di tubuh bagian tulang rusuk sakit mengganjal saat menghirup udara.....????
    penjelasanya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...mungkin anda bisa menceritakan lebih lengkap lagi keluhan yg anda rasakan saat ini...?dan di mana anda tinggal ?

      Hapus
  71. Assalamualaikum, doct... Mhn bantuannya, 5th yg lalu sy kecelakaan jatuh dr motor dan dada kiri sy terbentur tembok,lengan kiri sy jg retak dan sampe skrg udh ga bs kembali spti semula, tp msh bs digerakkan dg normal, hanya dada sy yg seb kiri bagian tulang rusuk agak menonjol dr pd yg seb kanan,tp tdk mengganggu krn tdk sakit atau nyeri, cm kalo buat olahraga sangat terasa sekali nafas nya agak gmn gt doct dibagian dada. Mhn penjelasan nya doct, apa yg hrs sy lakukan dan bahaya kah tulang rusuk kiri lbh menonjol besar? Trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak dewi wulandari..mungkin ada bagian yg mengalami patah atau retak saat trauma akibat kecelakaan 5 thn yg lalu sehingga saat menyembuh ada bagian yang tertekan terutama yg terbentur..coba anda periksakan ke dokter bedah terdekat untuk di lakukan pemeriksaan ct scan dada untuk mencari kelainan yg menyebabkan secara tepat tks

      Hapus
  72. pagi.. malam tadi tba2 dada sya sakit tertark kalo grk dr 2 sisi... jalan jd pelan2..sblm kjadian itu sy sk krgt dgn dr wjh smp badan.. trs ska pergelaran tangan nyut2 luar biasa jalan rasa nyut ny ky mukuli gt smp tgn sy mrh.. pergelaran tgn sy jg dr kcl pegng barang g bs kuat lemah rasa nya.knp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..apakah sudah dilakukan pembuatan foto x ray dada ...dan dimana anda berdomisili ? tks

      Hapus
  73. Malam dok.. saya usia 21tahun seminggu selalu saat berenag bagian punggung kiri sata seperti kepentok sakit sakali saat itu sakitnya seperti sampai kedada membuat saya sulit bernapas dalam sekejap setelah itu perlahan sakitnya hilang tapi setelah usai berenang kok dada saya jadi sakit sekeliling dada sampai punggung nyerinya berpindah pindah dan kadang nyerinya hilang saya juga lagi batuk sebelumnya sekarang badann saya juga jadi panas dan pusing saat berdiri itu knp ya dok mohon sarannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..batuk bisa kasus yang berbeda dengan nyeri akibat benturan ...pada nyeri akibat benturan maka nyeri akan anda rasakan lebih lama pada dada bisa sampai 1 bulan lebih ..demam dan batuk sebaiknya anda obati ke dokter terdekat tks

      Hapus
  74. salam dok, saya berusia 26 th dan tadi pagi waktu main bola dada bagian kanan (tepatnya sekitar 10 cm dari ketiak) saya terkena siku kawan, saya bernafas agak sakit selama 5 menit pertama setelah benturan tapi setelah itu normal kembali... tapi sampai sekarang kalau batuk atau bersin, daerah yang kena benturan sakit sekali, palagi pas lagi ruku' ma sujud... mohon nasehatnya dok...terimakasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ..benturan pada dada memang khas dan spesifik satu atau dua hari dari benturan maka nyeri belum beitu terasa namun setelah itu akan makin menghebat dan selanjutnya akan semakin berkurang seiring waktu ...biasanya setelah 3 minggu nyeri akan berkurang secara bertahap tks..

      Hapus
  75. Malam dok, saya berumur 17th. 3hari yang lalu ketika saya bangun tidur, saya merasakan rasa agak linu dan mengganjal dibagian kanan bawah dekat tulang rusuk. Mama kira hanya masuk angin. Tapi lama kelamaan sampai sekarang ngilunya masih terasa, apalagi kalo lagi ketawa sama menghirup nafas. Rasa ngilunya pun berpindah pindah, sekarang bagian kiri dari tulang rusuk sebelah kanan juga agak terasa ngilu. Saya takut ini jadi masalah yang serius. Apa yang perlu saya lakukan sekarang? Adakah obat untuk menyembuhkannya? Mohon dijawab ya dok. Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..mungkin salah posisi tudur atau benturan pada dada yg tdk anda sadari maka nyeri di dada akan terasa cukup lama ..sebaiknya anda mengonsumsi obat pengurang nyeri yg kuat untuk sementara tks

      Hapus
  76. assalamulaikum. dok saya berumur 20 tahun, ketika saya bangun tidur saya merasa ketika nafas dada saya terasa nyeri seperti urat tertarik dan nafaspun harus pelan pelan, dan ketika shalat pas sujud pun tidak bisa, karena terasa urat tertariknya sampai pinggang. apakah itu karena faktor cuaca dingin dok, saya tinggal di bandung. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum ..apakah anda ada riwayat benturan didada minimal 2-3 hari sebelumnya ...atau ada riwayat kerja berat tiba-tiba atau mengangkat benda berat sebelumnya atau olah raga yang berat sebelumnya...? biasanya hal ini terjadi oleh beberapa faktor di atas ...dan akan berkurang setelah hari ke lima...jika tidak ada riwayat di atas mungkin harus di telaah penyebab lain tks

      Hapus
  77. Salan kenal doktr.
    Saya punya cewk dia tiap hari sesak nafas dia prnh jatuh trkena stang motor tp stlsh dscand tdak ada msalh apa" tdk ada yg patah
    Smw doktr ddaerh saya bilng tdk ada apa" cm sugesti or maagh
    Kira" knpa ya doktr n obatnya scra tradsional or kdokterannya gmn
    Tlonk ya doktr

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi...dan salam kenal ya..setiap hari sesak ? sudah berapa lama ya...? kalau dari pemeriksaan x ray atau ct thorak gak ada masalah mungkin suatu asma atau allergy terhadap udara dingan ...terutama di pagi hari ...jadi bukan karena benturan tersebut...apalagi jika pagi sering bersin-bersin...

      Hapus
  78. Malam dok, saya berusia 19 th, saya mau bertanya tentang kelainan di dada saya yang dibawah dada saya dibagian tengah nya agak masuk kedalam, padahal saya tidak pernah melakukan aktivitas fitnes dan juga perut saya tidak sispek, dari dulu saya kurang memperhatikan nya menganggap hal itu biasa saja, apakah itu kelainan atau kah penyakit dok? Mohon penjelasan nya dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya....jika tidak ada keluhan tidak perlu anda risaukan ...kemungkinan seperti itu bisa terjadi ...terutama sewaktu anda kecil dulu sering di gendong dengan kain pada posisi kain menekan di bagian yg masuk tersebut ..tks

      Hapus
  79. selamat malam pak dokter.. maaf ganggu sblumnya.. usia sya 24 tahun 1 yg lalu sya pernah jatuh dari atap rumah gara.gara mw betulin kabel lampu sya udah wanti.wanti biar nga injak gypsum trnyata sya tersandung balok dan kaki saya mnginjak gypsum tsb. dada sya terkena balok 2x bagian atas maaf payudara dan dkat ulu hati sya tdak pernah prikasa k dokter takut org tua saya tw dan khawatir..skrang dada sya nyeri agak sesak dan 4 hari saya mengeluarkan dahak darah..apakah darah itu berpengaruh pada peristiwa yg saya alami dlu.. terimakasih ssudah dan sblumnya pak dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal ya..lina...sepertinya anda terjatuh dari tempat yg cukup tinggi ...jika ada rasa sesak nafas dan berat untuk bernafas sebaiknya anda lakukan pemeriksaan ke dokter jika perlu dokter akan menganjurkan untuk pembuatan foto x ray..atau scan dada. jika tidak ada sesak nafas dan hanya terasa nyeri mudah-mudahan akan berkurang setelah 2 minggu ...namun sebaiknya anda memastikan kelainan yg timbulagar dapat di ketahui dini dan dapat ditangani segera...tks

      Hapus
  80. selamat sore dok...saya berumur 24 tahun dada saya kok tiba tiba terasa nyeri setelah mlamnya saya olahraga futsal,dan anehnya udh sekitar satu minggu yang lalu kok belum sembuh,,kemudian dibagian dada sepertinya ada benjolan,dan terasa nyeri hingga ke bahu belakang, tolong di jawan ya dok...thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya...mungkin saat bermain futsal anda mengalami benturan yang tidak begitu di rasakan atau anda sudah lama tidak bermain futsal dan tiba-tiba harus main cukup lama sehingga bisa timbul rasa nyeri di dada yang akan semakin berkurang pada minggu ke 2 -3 ..benjolan pada bahu belakang adalah kasus lain dan mestinya tidak berhubungan dengan nyeri di dada..tsb silahkan periksakan berjolan tersebut ke dokter bedah terdekat...tks

      Hapus
  81. Malam dok, saya gadis berusia 23 tahun, saat saya sedang tiduran dengan posisi terlentang, ponakan saya menindihkan dagunya ke tulang payu dara saya, tulang payudara saya terasa nyeri jika di tekan dan di saat mau hait terkadang ada nyeri yang timbul dan kadang hilang lagi, solusinya bagaimana dok, untuk menangani rasa sakit yang saya alami, apakah bahaya atau tidak, dan apakan luka memar di dalam akan bisa sembuh? Karena ketika saya tekan tulang payudara yang sebelah kanan lebih menonjol dari pada tulang payudara sebelah kiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya nindya..nyeri akibat tertindih di dada akan berkurang dengan sendirinya setelah 2-3 minggu tergantuk beratnya benturan ..namun jika sesak nafas maka anda harus periksakan kondisi tersebut ke dokter.. nyeri payudara anda saat haid adalah kasus yang berbeda hal ini berhubungan dengan kadar hormon tubuh terutama saat pasca haid atau sebelum haid..cukup dengan mengkonsumsi obat pengurang nyeri yang kuat maka nyerinya akan berkurang terutama saat haid tsb tks

      Hapus
    2. Tapi setelah saya periksa si RSAB Harapan Kita, kata dokternya itu hanya kelenjar dan tidak bahaya , apakah kelenjar dapat hilang sendirinya dok? Dan saya di beri obat norebion dan civit dok, saya khawatir karena takut kelenjar nya berubah menjadi suatu yang saya tidak ingin kan, apakah kelenjar dapar berubah menjadi tumor atau hal yang membahayakan dok?

      Hapus
  82. selamat pagi dok
    pacar saya mengalami kecelakaan motor beberapa tahun lalu dan terjadi pembengkakan antara paru-paru kanan dan kiri nya. semalam dia muntah darah lagi seperti saat setelah mengalami kecelakaan motor dulu. apakah perlu operasi? dan kira² berapa biayanya? terimakasih..

    BalasHapus
  83. selamat pagi dok.
    pacar saya mengalami kecelakaan motor bbrp tahun yg lalu sehingga terdapat pembengkakan antara paru-paru kanan dan kirinya. semalam, dia muntah darah lagi. apakah perlu di operasi? dan kira-kira brp biayanya?
    terimakasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ..maaf terlambat menjawab .coment anda karena kegiatan yg cukup padat ...kecelakaan motor sudah cukup lama dan pembengkakn di dada belum di telaah...mestinya di periksakan terlebih dahulu...apakah memang berasal dara dalam atau hanya di kulit ...Lalu muntah darah mesti di bedakan dari batuk darah ...dan muntahnya merah segar atau kehitaman ...karena kalau muntah dari lambung dan bukan dari paru-paru ...mesti di pastikan mungkin karena ada gastritis atau perlukaan lambung kronis atau dari paru-paru ...dimana anda berdomisili...? tks..

      Hapus
  84. Malam dok... saya fajri seminggu yang lalu saya kecelakaan motor ditabrak mobil...saya hanya luka jahit ditelapak tangan .... lecet memar2 didaerah siku sama lutut kanan ... pas jatuh saya masih sadar dok selang 30 menit dada kanan saya sakit banget sampe sesak dan ahirnya saya pingsan selama 4 jam ... pas jatuh saya safety pake helm lengkap tapi posisi jatuh memang kekanan dan dada saya kerindihan motor dok... sampe skrg saya masih sesak jika tertawa bahkan hanya sekedar mgomong kencang saja sakit bangett dok jika posisi tidur terlentang juga terasa sakit dok apa cuma trauma aja dok... atau harus rongsen

    BalasHapus
  85. Pagi dok saya seminggu yang lalu jatuh tertindih motor karena ditabrak mobil dr belakng saya hanya ada luka sobek ditelapak tangan .. lecet disiku sama lutut ... cuma terjadi memar2 yang paling parah didada kanan saya dok.... pas jatuh saya masih sadar dok.. walaupun dada kanan saya sakit luar biasa 30 menit kemudian saya pingsan selama 60 menit ...saya pake helm saat kejadian ... dan sudah seminggu ini dada kanan saya masih terasa sakit apalagi jika tertawa batuk dan bicara keras.. apa itu cuma trauma aja dok ...jika sayandalam posisi tiduran terlentak luar biasa sakit dok...

    BalasHapus
  86. Malam dokter saya seorang ibu anak saya berumur 8 tahun jatuh dr sepeda leherny kena stang speda, langsng dok pd bengkak dr mata, pipi, leher, dada n punggung udh d ronsen hasil ronsen bagus tak ada tulang retak apa lagi patah, paru-paru jantung bagus. Ternyata yg membuat bengkak itu ternyata udara. Yang mau tanya kan apa penanggulangan yg harus saya lakukan??? Apakah bahaya dok??? Gmn cr pengobatanny?? Mohon bantuanny dok terima kasih. Selamat malam

    BalasHapus
  87. Selamat sore dokter
    Saya mau tanya untuk sakit adik saya.. laki-laki umur 32 th
    Sering mengeluh sakit di rusuk kiri Rusuk samping belakang dan area depan dekat perut nya dan juga sakit pinggang ke pundak juga... kalau kelelahan atau kurang tidur sakit nya juga kumat.
    Dan kalau di lihat secara visual ada perbedaan yg sangat jelas... perut dekat rusuk kanan dan kiri tidak sama ketebalan nya kanan normal perkiraan 1tapak tangan tetapi yang kiri cuma 3jari tangan saja
    Kira-kira sakit apa yah dokter adik saya ini.. mengingat kami dari luar jakarta ( dari pulau belitung dok ) berencana untuk periksa ke jakarta dalam waktu dekat juga

    BalasHapus
  88. Assalamualaikum dok,sy usia 37t 6t lalu sy kecelkaan setang motor mmbntur dada sbelh kiri,dan skrng dada sy skit yg beks benturn itu,tp tdk sesak nfs cm klu mnggerakn kdua bahu suka trsa sakit dok,apa sakit ny bisa smbuh dok

    BalasHapus
  89. Assalamualaikum dok,sy usia 37t 6t lalu sy kecelkaan setang motor mmbntur dada sbelh kiri,dan skrng dada sy skit yg beks benturn itu,tp tdk sesak nfs cm klu mnggerakn kdua bahu suka trsa sakit dok,apa sakit ny bisa smbuh dok

    BalasHapus
  90. Selamat siang dok..seminggu setelah kecelakaan motor saya selalu sakit dada sebelah kanan apalagi pas lg bersin itu sangat terasa sekali sakitnya dok,
    Apa di karnakan ada benturan ataw ada pengaruh dari tulang bahu kanan saya,
    Kebetulan tulang bahu kanan saya patah dok..minta penjelasannya ya dok..trima kasih sebelumnya..selamat siang.

    BalasHapus
  91. selamat pagi dokter, saya wanita usia 44 tahun. 3 hari lalu saat bangun dari tidur pagi seperti biasa, belum turun dari tempat tidur, namun sudah merasakan nyeri yang belum pernah dialami, yaitu di bagian bawah payudara sebelah kiri. waktu saya raba di daerah tsb terasa sakit spt ada memar. tp setelah sy lihat di cermin tidak ada luka atau memar di daerah tsb. seingat saya kemarin saya juga tidak jatuh, atau luka/celaka. apakah penyebab nya dokter, hingga hari ke 3 ini nyeri/sakit spt memar tsb masih saya rasakan. apa yg hrs sy lakukan & apa obatnya dokter? banyak terima kasih atas perhatian & jawabannya.

    BalasHapus
  92. selamat malam... umur saya 20th, saya ingin bertanya soal nyeri dada saat cegukan (setelah makan). nyerinya sangat sakit hingga susah untuk bernafas..

    mau tau itu gejala penyakit apa ya dok?
    saya sering mengalami hal ini, kira2 seminggu 1 kali..

    mohon mengirimkan pembritahuan jawabannya leat email saya
    dayatzkemaraya@gmail.com

    atau berkunjung juga ke blog saya.. www.yat95.id
    sebelumnya terimakasih banyak

    BalasHapus
  93. Dok klo patah tulang rusuk 3 kira2 penyembuhan brp lama? Dan biaya brp untuk semua nya dok? Mohon info

    BalasHapus
  94. Assalamu'alaikum... selamat pagi dok, saya Aisyah 22 thn, yang ingin sya tanyakan, pagi ini dada saya sebalh kiri terasa sakit dan nyeri, tapi bila saya tidak bergerak rasa nyerinya berkurang sdngkan kalau saya menggerakan tubuh misal mau bangun dr duduk, menggambil barang atau bergerak sekedar menengok saja terasa amat sakit dok, menarik nafas pun terasa sakit jika tidak pendek, tapi saya tidak ada riwayat terbentur apappun... apa ini hal yang serius dan harus saya bawa ke dokter atau bisa hilang dgn sendirinya?

    BalasHapus
  95. Pagi dok. Saya mau tanya, sehabis joging pagi saya pushup lalu dada sy rasa sakit spt kram. Hasil pemeriksaan jantung sy nggak pa pa. Tapi dada masih agak sakit. Apa yg hrs saya lakukan? Terima kasih dok.

    BalasHapus
  96. Aslkm dok nama saya hotma umur saya 26 tahun baru2 ini pertengahan dada saya mengalami sakit dan bengkak kalau saya berdiri dada saya selalu bunyi seperti ranting patah kenapa ya dok mohon sarannya ya dok

    BalasHapus
  97. Aslkm dok nama saya hotma umur saya 26 tahun baru2 ini pertengahan dada saya mengalami sakit dan bengkak kalau saya berdiri dada saya selalu bunyi seperti ranting patah kenapa ya dok mohon sarannya ya dok

    BalasHapus
  98. Assalamualaikum dok,saya dian 21 tahun dari pekanbaru ,dok saya mau nanya hari sabtu kmrin pacar saya kecelakaan mobil dok terus dada nya terbentur keras banget habis kebentur dadanya sakit kalau ditekan nyeri dan kalau batuk tiba2 keluar darah merah kaya brcmpur lendir gitu dok,bagaimana penanganannya dok,udah dibawa kedokter ktnya tnggu smnggu lgi krna ada pembengkakan bagaimana tanggapan dokter,terimakasih dok

    BalasHapus
  99. As wr wb...salam kenal dokter, usia saya 43thn saya mengalami jatuh dikamar mandi tulang rusuk kiri bawah saya terbentur alas closet hingga satu setengah bulan masih trasa sakit, dan skrg pinggang saya bila duduk mengalami pegal serta telapak kaki bagian tumit trasa agak ngilu. Bagaimana solusinya dokter? Trimakasih atas jawabannya

    BalasHapus

leave a comment please..