Jumat, 25 Januari 2013

5 keluhan pasien post operasi dengan bius separo badan ( bius spinal )

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | lima keluhan pasien stelah bius separo badan | Banyak tehnik pembiusan telah dilakukan untuk memudahkan operasi dan menghilangkan rasa nyeri saat operasi . Ada bius secara umum atau general , Ada bius separo badan atau spinal anestesi dimana pasien masih sadar dan bisa berbicara. pembiusan yang selalu bisa di tambah Epidural anestesi atau bius lokal .Setiap pembiusan punya keuntungan dan kerugian masing-masing . Dalam kesempatan ini kita akan membahas 5 keluhan yang sering muncul setelah operasi dengan pembiusan separo badan atau spinal anestesi.



Pembiusan separo badan ini saat in sering di lakukan untuk operasi - operasi pada bagian bawah mulai dari pusat atau udel hingga ke ujung kaki.Banyak operasi pada bagian bawah saat ini bisa dilakukan dalam keadaan sadar terkadang jika pasiennya kuat secara mental operasi dapat dilakukan sambil berbicara dengan pasiennya.Jika pasien takut maka penderita dapat di beri obat penenang atau obat tidur.Beberapa operasi yang saat ini sering di lakukan dengan pembiusan separo badan ini adalah : operasi melahirkan atau  secsio caecaria , operasi mengangkat rahim , operasi membuang kista indung telur , operasi usus buntu atau appendiks , operasi usus turun atau hernia , operasi membuang buah pelir , operasi ambeien , operasi patah pada tulang paha sampai ke bawah , pasang plate pada patah , operasi batu pada kandung kemih , operasi membuang tumor dari kulit sampai ketulang untuk daerah di bawah pusat.dll.

Begitu banyak operasi yang dapat di lakukan dengan pembiusan ini sehingga kedepannya kita semua mesti tahu dan mengerti pola dan perilaku dari pembiusan ini. Memang pembiusan ini sering untuk durasi operasi 2 jam namun sekarang dengan manipulasi atau technik-technik tersendiri dapat di perpanjang sampai 3-4 jam. Pembiusan separro badan ini punya banyak keunggulan lain selain pasiennya sadar yaitu pasien tidak perlu puasa sebelum operasi dan sesudah operasi bisa langsung makan , kesadaran pasien terukur , pada operasi melahirkan maka resiko kesulitan bernafas yang bisa timbul pada bayi di dalam rahim dapat dikurangi.



Berikut di berikan gambaran 5 keluahan yang bisa terjadi setelah operasi dengan pembiusan separo badan  :

1.  Rasa berat , baal atau kebas , sulit digerakkan pada tungkai bawah . Keluhan ini masih akan dirasakan pasien setelah operasi . keluhan ini akan semakin berkurang seiring dengan pertambahan waktu. Biasanya rasa baal ini masih akan dirasa pasien 1 sampai 2 x 24 jam . Penderita yang telah di lakukan pembiusan biasanya dilarang untuk duduk untuk waktu 24 jam dan hanya boleh bergerak miring kekiri dan kekanan . Jadi penderita hanya boleh berbaring.Setelah lebih 1 hari maka penderita di bolehkan untk latihan duduk jika sudah tidak bermasalah baru di bolehkan  untuk berjalan.

Penderita tidak di izinkan untuk duduk dan berdiri atau berjalan karena dalam waktu 1x24 jam tersebuk kadar obat bius masih ada di cairan syaraf tulang belakang penderita sehingga beresiko untuk jatuh dan membahayakan jiwa penderita.

2.  Rasa nyeri pada bagian belakang pinggang . Hal ini terjadi akibat lokasi bekas suntikan masih mengalami inflamasi dan robek akibat tusukan jarum sehingga masih terasa nyeri untuk beberapa hari. Namun intensitas nyeri akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya waktu.Biasanya dengan pemberian obat-obat pengurang nyeri yang kuat nyeri ini akan hilang.

3.  Rasa sakit pada kepala . Ini sangat sering saya jumpai pada pasien yang telah dilakukan operasi dengan pembiusan separo badan ini . Nyeri ini paling menonjol setelah hari ke dua dan ketiga post operasi . sehingga  ini selalu dikeluhkan pasien baik waktu masih dirawat maupun setelah pulang dan kontrol berobat jalan.

Dari pengalaman pada pasien yang mengeluh nyeri kepala hebat ini maka nyeri akan masih dirasa sampai minggu kedua dan ketiga setelah operasi namun intensitas nyeri akan semakin berkurang. Dengan pemberian pengurang nyeri yang kuat maka rasa nyeri ini dapat di minimalisir.

Beberapa ahli pembiusan berpendapat berdasarkan journal penelitian yang di lakukan dan di amati bahwa diameter yg besar dari jarum spinal nya akan lebih sering menimbulkan nyeri pada kepala ketimbang penggunaan jarum spinal dengan diameter kecil.

4.  Sulit buang air kecil dan sakit pada perut di bawah pusat . Ini harus di sadar oleh pasien , penderita dan petugas medis . sebab pasien sering diam saja dan tidak memberi tahu petugas para medis sehingga penderita tidak bisa buang air kecil sampai satu hari setelah operasi.Sehingga kandung kemih penderita tentu akan penuh dan membesar.

Umumnya penderita akan kesakitan dan mengeluhkan sakit pada perut , jika hal ini tidak di tanggapi seirus oleh petugas para medis bisa jadi masalah yang serius karena bisa berlanjut menjadi gangguan fungsi ginjal dan gagal ginjal.Biasanya penderita kesakitan luar biasa , gelisah dan keringat dingin.Kalau di raba di bawah perut akan teraba benjolan yang cukup besar .

Tindakan pemasangan selang saluran kemih atau kateter harus segera di lakukan untuk mengeluarkan urin yang terbendung di kandung kemih.Pemberian obat - obat pengurang nyeri pada kasus ini tidak bermanfaan.

5.  Mual dan muntah dapat terjadi pada kasus pasien post operasi dengan bius separo badan . sebab obat bius ini juga ikut melemahkan otot sal cerna bagian bawah yang di persyarafi oleh serabut syaraf yang keluar dari sela-sela antara tulang belakang daerah lumbal sampai kebawah.

56 komentar:

  1. Halo dok, saya mau tanya, kmren sabtu saya kan operasi dan di bius spinal. Pertanyaan saya kok sampe sekarang kalo saya duduk atau berdiri kepala saya pusing dan leher kaku2.. trimaksih dok.

    BalasHapus
  2. Selamat malam dan salam kenal ya ...seperti yang telah kami jelaskan di atas hingga beberapa hari akan dijumpai rasa sakit kepala pasca operasi dan pembiusan , sehingga pada pasien yang baru dilakukan operasi dengan pembiusan spinal dianjurkan untuk tidak berdiri atau berjalan segera setelah pembiusan minimal 1x24 jam. sebab dapat menyebabkan penderita terjatuh dan membahayakan pada penderita. Jadi pada kasus anda rasa sakit , kaku akan semakin berkurang hingga beberapa hari kedepan tks

    BalasHapus
  3. Saya mau tanya dok, seminggu lalu saya operasi kista dg bius spinal. Sesudah operasi sampai sekarang perut saya kok buncit dan keras. Rasanya kembung, kadang nyeri dan tidak enak. Terutama pada daerah atas sayatan operasi. Terima kasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda baru mengalami operasi pembuangan kista dengan pembiusan spinal alias separo badan bagian bawah. ada rasa kembung dan nyeri di perut , khususnya di daerah operasi ....maaf jika kami bisa tahu di daerah mana kista terletak ? jika bisa dilakukan dengan pembiusan spinal maka mungkin itu adalah daerah pusat kebawah. biasanya memang pasca pembiusan spinal sering pemulihan syaraf bagian bawah berlangsung bertahap seperti keinginan bak atau bab yg menurun akibat gerakan peristaltik atau kontraksi dari otot polos yang berkurang. jika bab kurang lancar sebaiknya dilakukan perangsangan dengan obat pencahar , jika bak yg tidak keluar biasanya di pasang kateter urin buat menyalir urine..tks

      Hapus
  4. Sore dok...empat hari lalu sy operasi hernia inguinal sebelah kanan....h+2 sudah boleh pulang.h+3 sy ada keluhan testis sy yg kanan lebih besar dari sblm operasi kira2 100%.....hal tsb dapat kembali normal secara berangsur atw tidak?kira2 penyebabnya apa? Dan solusi bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda pasca operasi hernia kanan dan hari ketiga mengalami pembesaran di daerah skrotum kanan . Ini bisa terjadi akibat banyak hal , namun yang kerap terjadi adalah adanya penumpukan darah atau cairan sisa operasi pada kantong pelir yang menjadi tempat awal dari kantong hernia yang telah di buang . dan ini perlu di lakukan observasi dan biasanya akan berkurang secara perlahan . Jika perdarahan terus bertambah bahkan terus merembes maka evakuasi hematom dan eksplorasi berkas operasi perlu dilakukan. kemungkinan lain jika bagian yang lemah kembali terbuka sehingga bagian isi rongga perut yang telah di jahit dan di tahan di atas kembali turun ke bawah oleh berbagai sebab . silakan anda kontrol kembali ke ahli bedah yang telah melakukan operasi anda tks

      Hapus
  5. malam dok , 3minggu yg lalu saya operasi usus buntu dan seminggu ini saya sering sakit kepala dok apa itu efek bius separo badan ? sebab saya dibius separo badan ketika dioperasi . tolong respon ya dok , terima kasih sebelum nya dok .

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam salam kenal dan mohon maaf baru kami dapat merespon sekarang ...seiring dengan makin menumpuknya comment kami mencoba kembali menjawab secara bertahap....memang benar sering timbul sakit kepala paska pembiusan dengan spinal anestesi..dari pengalaman biasa berkisar 1 - 2 minggu namun some time kita dapat menjumpai nyeri kepala yang masih berlanjut hingga 1 bulan bahkan lebih ...demikian terima kasih..

      Hapus
  6. malam dok , 3minggu yg lalu saya operasi usus buntu dan seminggu ini saya sering sakit kepala dok apa itu efek bius separo badan ? sebab saya dibius separo badan ketika dioperasi . tolong respon ya dok , terima kasih sebelum nya dok .

    BalasHapus
  7. Selamat malam, dok. Tanggal 11 maret kemarin saya operasi lepas pen di paha dan dibius spinal. Beberapa 3 setelah operasi saya makan dan duduk dengan bersandar kasur yang dinaikan. Lalu ada perawat datang dan mengingatkan saya untuk berbaring lagi karena belum 24 jam katanya ada efek sampingnya. Saya dengar efek sampingnya adalah kelumpuhan. Apa itu benar? Dan paha bagian belakang saya terasa tebal. Ini saya rasakan sejak operasi pasang pen setahun yang lalu. Apa itu efek biusnya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal serta maaf atas respon yang terlambat..memang penderita yang telah di bius separo badan tdianjurkan hanya berbaring selama minimal untuk 24 jam tidak boleh duduk atau berdiri apalagi berjalan.karena dapat menyebabkan penderita terjatuh dan lemah karena bahan obat biusnya menempati posisi bagian bawah.demikian tks

      Hapus
  8. Met pagi dok,, Ayah saya prnah 4X operasi,, hernia 3X + 1X penyambungan usus sobet akibat trjepit pnykit hrnia tsb, yg prtma mnglami kbocoran kmbli,, yg ke-2 oprsi bagian kanan,, yg ke-3X nya bgian kiri,, dan utk bagian ini ayah sy mnglami kskitan akbt benjolan dprut bgian bwh&gatal2, kndisinya smkin melemah udh 2bln trkhir ini susah skli makan cma bsa msuk sperempat sachet mknan serbuk(nestle) +1 sendok air itupun kadang muntah kembali,, udh 4X konsul cma dkasih resep obat pdhl udh jls ga diminum,, mhon solusinya. Terima kasih dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ...sepertinya kondisi umum dan gizi orang tua anda kurang baik apalagi asupan makanan kurang cukup untuk metabolisme dan kegiatan sehari-hari...sebaiknya di lakukan pemberian makanan secara infus atau maag slang yang artinya harus di rawat di rumah sakit untuk perbaikan gizi dan protein tks

      Hapus
  9. sore dok, saya 3 minggu yg lalu kena jambret yang menyebabkan saya jatuh dan kepala bgn depan kanan ( diatas pelipis ) bocor dan pendarahan , sehingga dijahit 5 jahitan luar dan dalam , puji syukur kepada Tuhan tidak sampai muntah dan sdh di CT Scan saat kejadian dan tdk ada penggumpalan darah, tapi sampai saat ini masih terasa kebas dikepala bagian kanan dari bekas jahitan sampai ke ketengah , yang menjadi pertanyaan apa kondisi saya ini normal, biasanya rasa kebas akan sampai berapa lama ?

    BalasHapus
  10. sore dok, saya 3 minggu yg lalu kena jambret yang menyebabkan saya jatuh dan kepala bgn depan kanan ( diatas pelipis ) bocor dan pendarahan , sehingga dijahit 5 jahitan luar dan dalam , puji syukur kepada Tuhan tidak sampai muntah dan sdh di CT Scan saat kejadian dan tdk ada penggumpalan darah, tapi sampai saat ini masih terasa kebas dikepala bagian kanan dari bekas jahitan sampai ke ketengah , yang menjadi pertanyaan apa kondisi saya ini normal, biasanya rasa kebas akan sampai berapa lama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak shirley ...kami turut prihatin dengan apa yang anda alami serta mohon maaf kami karena keterlambatan merespon komentar anda..rasa kebas biasanya akibat diskontinuitas atau cederanya ujung ujung nerfus atau syaraf yang mempersyarafi kulit daerah luka ...namun itu tidak begitu bermasalah dan anda bisa lebih santai dalam menghadapinya. saraf yang cedera biasanya akan memperbaiki diri namun memang cukup lama karena perbaikan berjalan lambat ...1-2 tahun tergantung panjangnya cedera yang terjadi tks

      Hapus
  11. malam dok,,, 3 hari yang lalu teman saya dibius separo badan,, setelah dibius tersebut dia itu susah makan dan minum,,, efek seperti itu knp ya dok? dan kira kira brp lama efek tersebut berlangsung? mohon penjelasannya ya dok :) terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..pembiusan tentunya ada tujuannya pada kasus teman anda tentu bertujuan untuk operasi...masalahnya adalah operasi apa yg di lakukan...? secara langsung pembiusan tidak ada hubungan dengan susah makan dan minum yg terjadi ...mungkin yg perlu di pelajari operasi apa yg di lakukan atau mungkin efek samping dari obat yang di konsumsinya tks

      Hapus
  12. selamat malam dokter
    saya mau tanya habis kontrol 2x kok saya baru tahu ambeien ya ?
    saya habis operasi usus buntu , dan ada kaitannya kah dok setelah operasi dengan ambeien saya ?
    saya merasa tidak punya ambeien ketika sebelum operasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..anda memiliki dua penyakit yang berbeda dan tidak saling beerhubungan secara langsung..dan operasi juga tidak menyebabkan munculnya ambeien ...namun mungkin diet kurang cairan dan bab yg lebih dari 1 x per 2 hari atau lebih mungkin akan menyebabkan bab berdarah..namun sebelumnya mohon informasi anda bagaimana gambaran ambeien yg anda rasakan dan dimana anda berdomisili..tks

      Hapus
  13. Selamat pagi dokter,dok sy mau tanya. Sy sdh 3x operasi sesar. Nah yg ke 3 ini anakq baru usia 3bln. Wktu mandi sy meraba adax benjolan diperut kanan bagian samping atas bkas sc, bnjolan it klo ditekan rasax nyeri,dn nampak memerah dikulit yg trdpt benjolan itu. Perlahan sy raba lagi krn penasaran benjolanx lumayan besar dok,lbh besar dr biji jagung. Apakah itu bahaya dok? Dan benjolan apakah itu? Tlg dok sy takut memeriksa,takut di diagnosa mengerikan dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..benjolan pada daerah bekas operasi dan berwarna kemerahan serta sakit dapat merupakan infeksi atau abses yang telah menyembuh atau membentuk jaringan fibrotik atau bisa juga simpul jahitan yang belum terserap biasanya bertahan sampai 2-3 bulan atau lebih. jika anda ingin tahu pastinya sebaiknya anda melakukan kontrol kembali ke dokter kebidanannya, tks

      Hapus
  14. Malam dok, apakah ada obat pengurang rasa nyeri dikepala pasca anastesi spinal dok? Kepala rasanya sakit apabila berdiri atau duduk. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...banyak obat pengurang sakit dapat di gunakan seperti tramadol tablet atau ponstan tab ..namun perlu anda ketahui bahwa nyeri atau sakitnya ini hanya bersifat sementara dan akan hilang dalam beberapa hari..tks

      Hapus
  15. Malam dok, obat apa yg bisa meredakan sakit kepala akibat anastesi spinal ya dok? Tks

    BalasHapus
  16. Hallo dok.. Tgl 5 kmarin sy operasi ambeyen dgn bius anastesi lokal.. Skrg pasca operasi hari ke 2-3 kepala saya sakit hebat dok leherpun terasa pegal.. Sy sampai tdk kuat utk jalan hanya bisa tiduran saja.. Sampai kapan ini berlangsung dok? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...kami kurang jelas pembiusannya lokal atau spinal alias regional ? kalau lokal jarang yg menyebabkan nyeri kepala . namun kalau spinal memang sakit kepala adalah keluhan yang sering di jumpai pasca operasi ....biasanya akan reda setelah kadar atau disis obat nya berkurang di cairan spinal biasa dalam 1 minggu tks.

      Hapus
  17. dok saya mau , sudah satu taun ibu saya di operasi karenaa kangker di perut , tetapi sampe sekarang beliau masih mengeluhkan kakinya dan tangannya terasa kebas dan kesemutan seperti pasca operasi , mohon solusinya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..kaki dan tangan yg kebas adalah proses ggn di syaraf yang lebih tinggi seperti di leher atau di otak ..namun saya kurang dapat informasi operasi apa yg di lakukan dan apa pembiusan yang di lakukan pada ibu anda tks

      Hapus
  18. Selamat sore dok.. 1 minggu yg lalu saya baru selesai operasi tumor testis kiri menggunakan anastesi spinal.. Dan kenapa skarang kaki kanan saya masih terasa nyeri sehingga jalan menjadi pincang.. otot2 kaki terasa kencang dan sakit jika dipegang (kebas/baal/kaku)
    Semoga di respon terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..memang benar keluhan yg anda sampaikan lebih ke arah pembiusannya dan bukan akibat operasi testisnya. mestinya dalam satu minggu sudah jauh berkurang tapi rasa baal atau kebas bisa saja berlanjut lebih panjang jika rabsorbsi obat pembiusan yang belum maksimal , adanya penyempitang rongga spinal , hypersensitif dll.tks

      Hapus
  19. siang dok, kalo misalnya sakit kepala pasca operasi usus buntu boleh minum panadol atau obat sakit kepala lainnya gak dok? terimakasih mohon responnya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya meminum obat sakit kepala pasca pembiusan spinal boleh saja kadang pasca operasi jika sakit kepala hebat sekali kita sampai beberapa hari memberikan pengurang nyeri yg kuat secara penyuntikan langsung di pembuluh darah. konsumsi parasetamol 500 mg spt panadol itu boleh saja asal sesuai dosis tks

      Hapus
  20. Siang dokter, saya sari usia 44th sdh 15 hari ini operasi angkat rahim dgn di bius total .sampai skrng kaki kanan paha atas masih

    terasa tebal dan kencing juga blm
    lancar sampai skrng masih pakai
    kateter.


    minta solusi nya dan saran dok



    sblmnya trimakasih banyak .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak sari..anda sudah di lakukan operasi mengangkat rahim atau hysterectomy dan dengan pembiusan umum atau general anestesi ..kalau murni suatu general anestesi maka efek lemah atau kebas pada tungkai jarang di jumpai apalagi hingga 2 minggu lebih ..atau adakah pemberian anestesi epidural yg terus di perpanjang guna mengurangi nyeri operasi anda ? jika tidak ada ... mungkin sebaiknya anda konsultasikan kembali dengan dokter kandungan yg melakukan operasinya tks

      Hapus
  21. Hallo dok. Saya mau bertanya. Kmren saya operasi tulang bohol dan mangkuk ny. Trus saya dpasang selang epidural. Kok stelah 3 minggu lebih punggung smpai bwah msih terasa pegal2 n sakit. Sering demam. Terima kasih dokter.

    BalasHapus
  22. Selamat malam dok. Tiga hari lalu tepatnya 19okt 15. Saya op.apendik. kbrnya dengan dua kali bius. Yang saya ketahui bius dilakukan dengan disuntik di tulang belakang, jujur saja saya ga merasakan apa2. Cuma ada aneh di nafas terasa agak berat, entah berapa lama saya diem tiba2 rasa sakit diperut trasa. Saya sepertinya bangun keadaan saat itu saya dengar dokter bilang bius, ada yang ngaaih saya okaigen tp panas bgt rasanyaaaa sanpe 3 jam kmudian saya masih stngh sadar. APA sih yang sebenarnta terjadi,? Dan sampai saat ini lbh dari 4 hari pinggang, pinggang, perut dan kaki kanan saya terasa sakit. Mohon bs dikasih solusinya. Ty dok

    BalasHapus
  23. Siang dok,maaf mau tanya.sya kan habis operasi ambeyen setelah oprasi sya gak bisa kecing.lalu di pasang selang ketika mau rujuk pulang selang itu di lepas lalu aku coba mau pipis trnyata msih gak bisa pipis.mohon solusinya dok,takut klo selang ini akan selalu nempel di penis saya

    BalasHapus
  24. Siang dok,maaf mau tanya kmarin kan saya hbis oprasi ambeyen.stelah oprasi knp sya gak bisa kencing.lalu penis saya di ksih selang biar bsa pipis.pas mau rujuk pulang selang itu di lepas terus saya mencoba mau pipis tapi trnyata msih gak bisa pipis.terpaksa nginep lagi n di pasang selang lagi.mohon solusinya dok,takut klo selang ini akan slamany nempel.mkash dok

    BalasHapus
  25. Siang dok.. 1 minggu lalu saya operasi usus buntu.. sampai sekarang posisi tidur miring ke kiri dan kekanan terasa sakit di rongga dada dan sangat mempengaruhi pernafasan. Terkadang terasa sangat sakit di kepala. Mohon informasinya dok.

    BalasHapus
  26. Malam dok.baru seminggu saya operasi deket anus (adanya benjolan dekat tempat bab sekitar 3cm) apakah memang tidak dijait dan harus berendam air PK dan di kompon betadine?butuh waktu brpa lama ya dok??thankyou

    BalasHapus
  27. Masukkan komentar Anda...
    MF dok sya tnya suami sy hbs operasi di bagian puser
    skrng udh hampir 2bln
    dan td pgi gag sengaja angkat berat ehh ,,, tiba2 perutnya nyeri
    bahaya gag sich dok ?

    BalasHapus
  28. Masukkan komentar Anda...Mlm dok sy rika suami sy hbs operasi puser sekitar 2 bln yg lalu trs td pgi gag sengaja angkat berat eh tiba2 ,,, perut nya terasa nyeri
    bahaya gag sich dok ?

    BalasHapus
  29. dokter saya mau tanya... gemana rasa(hal yang dirasakan)pasca operasi ginjal, karna saya 1 minggu lagi mau donor ginjal...

    balas pesan saya di no. ini aja 082145744672
    cz saya jarang on line...

    BalasHapus
  30. Selamat Sore Dokter, istri saya operasi Miom tanggal 1 desember 2015 yg lalu dg bius spinal, namun keluhan yang belum hilang sampai sekarang adalah mual dan muntah, bekas operasi terlihat sudah kering, namun sesekali masih terjadi rasa sakit yg menusuk. mohon penjelasannya dok, terutama mengatasi mual dan muntah, thanks

    BalasHapus
  31. Selamat siang dokter. 10 hari lalu sy dioperasi tumor di kandungan. Rahim sy tidak diangkat. Waktu dioperasi awalnya dibius loial saja, tpi krn terasa perih sy langsung dibius total. Yg sy keluhkan kembung di perut, sakit sekali, susah buang angin juga, dan perut bawah jahitan sakit saat buang air kecil. Waktu sy konsul ke dokternya, dikasih obat maag saja. Terima kasih dokter

    BalasHapus
  32. Halo dok bagaimana cara mengatasi efek samping bius spinal?soal nya saya kerja dan cuti sakit dah 3minggu dan senin rencana mau masuk tp pusing ama nyerinya msh kerasa, mohon solusinya

    BalasHapus
  33. Selamat siang dok tanggal 18 januari 2016 yang lalu saya operasi tumor uterus,berarti sdh 2 minggu berlalu .yang ingin saya tanyakan apakah saya sudah bisa naik tangga karena kelas saya di lantai 2.kemudian makanan apa yang bisa saya konsumsi pasca operasi?terima kasih dok mohon pencerahan.

    BalasHapus
  34. Selamat siang dok tanggal 18 januari 2016 yang lalu saya operasi tumor uterus,berarti sdh 2 minggu berlalu .yang ingin saya tanyakan apakah saya sudah bisa naik tangga karena kelas saya di lantai 2.kemudian makanan apa yang bisa saya konsumsi pasca operasi?terima kasih dok mohon pencerahan.

    BalasHapus
  35. Selamat siang dok. 45 hari lalu saya operasi histerektomi total. Sudah 2 minggu ini telapak kaki terasa lemas dan panas. apakah itu pengaruh menopause dok? Mohon pencerahannya. Terima kasih

    BalasHapus
  36. Dokter, saya hari rabu siang kemarin operasi ambil pen di bawah lutut, dibius spinal. Saya makan n minum setelah bisa kentut, kira2 4 jam setelah operasi, kemudian saya baru duduk pagi harinya. Tapi kok sekarang perut dan punggung saya rasanya sakit, apalagi bagian punggung, untuk berbaring saja sakit, tapi kalau untuk tidur miring tdk terlalu sakit. Apa rasa sakitnya juga akan hilang sendiri nantinya?

    BalasHapus
  37. Dokter, saya hari rabu siang kemarin operasi ambil pen di bawah lutut, dibius spinal. Saya makan n minum setelah bisa kentut, kira2 4 jam setelah operasi, kemudian saya baru duduk pagi harinya. Tapi kok sekarang perut dan punggung saya rasanya sakit, apalagi bagian punggung, untuk berbaring saja sakit, tapi kalau untuk tidur miring tdk terlalu sakit. Apa rasa sakitnya juga akan hilang sendiri nantinya?

    BalasHapus
  38. Sore dok..saya mau tanya dok saya mau bius setengah badan ya itu pada bagian punggung sampe pinggang..itu bisa gak dok? Dan di mana saya bisa bius setengah badan? Mohon infonya teimakasih

    BalasHapus

leave a comment please..