Sabtu, 16 Februari 2013

3 kasus cold abcess atau abses TBC pada punggung dipoliklinik bedah 2012 dan 2013

Ruang prktek bedah - dokter ramzi spb | Cold abcess | abses dingin adalah suatu benjolan yang lunak atau lembek berisi cairan putih atau kemerahan seperti pus atau nanah yang tidak nyeri.Sering di jumpai di punggung dan dada namun dapat juga di jumpai di tempat lain seperti leher , ketiak dan lipat paha. Saya sendiri pernah melakukan operasi insisi abses pada lipat paha.Abses dingin ini di sebabkan oleh kuman tuberkulosa Atau tbc .


hasil cairan aspirasi yang di ambil dari cold abcess , terlihat berwarna kemerahan kental




Sangat sering penderita ini datang kontrol ke poliklinik bedah setelah besar atau dalam kondisi sangat terlambat , karena tidak menimbulkan rasa nyeri sehingga penderita tidak terlalu mempermasalahkan dan cenderung membiarkan . Biasanya penderita datang hanya untuk konsultasi saya kenapa benjolan ini bertambah besar apa mungkin benjolan ini tumor ganas dll.

Perlu di sadari bahwa jika abses dingin ini di biarkan berlarut-larut maka kuman tuberkulosa ini akan masuk ke tulang belakang di semua vertebra dan menyebabkan keropos dan hancurnya tulang belakang dan pada saat tertentu tulang belakang akan mengalami nyeri dan akan terjadi patah dan hancur karena pengkijuan oleh kuman tbc dan tidak bisa tegak dengan kuat kondisi ini di sebut spondilitis TB. Jika kondisi ini di biarkan berlanjut maka jika patahan tulang belakang itu mengenai dan menjepit medula spinalis atau syaraf tulang belakang maka akan terjadi kelumpuhan atau kelemahan baik kekuatan otot gerak maupun perasaan pada kulit kedua tungkai .

Penderita 1 wanita 18 tahun dengan benjolan besar pada punggung kiri sudah lebih 2 tahun .


Benjolan ini sering di ragukan dengan giant lipoma atau hernia pada daerah lumbal atau inguinal yang besar. Penderita umumnya biasa saja hanya tampilan secara umum berat badan penderita adalah dibawah 50 kg dengan kata lain disebut kurus. Penderita dapat beraktifitas biasa hanya saja merasa cepat capek . dan kedua penderita ini tidak mempunyai keluhan batuk yang menonjol.


penderita 2 adalah seorang lelaki muda umur 20 tahun dengan benjolan pada punggung kanan bawah kira-kira 2 tahun yang lalu.



Terhadap penderita ini dapat dilakukan tindakan insisi dan bersihkan daerah benjolang berupa membuang pus dan cairan infeksius dari seluruh rongga abses dan melakukan pembuangan jaringan infeksius dan nekrotik yang ada di sekitarnya.dan memeriksakan jenis pus ke ahli pathology klinik

Selanjutnya penetalaksanaan jika hasil laboratorium telah terbukti suatu kuman tuberkulosa maka dilakukan penetalaksanaan sesuai terapi obat anti tuberkulosa. Biasanya hasil dapat kelihatan perbaikan langsung setelah makan obat tuberkulosa selama 2 bulan. Kedua pasien ini adalah pasien yang datang ke poliklinik bedah sepanjang 2012.

Penderita 3 seorang anak laki-laki 9 tahun dengan benjolan di bahu kanan dengan diameter 18 cm kenyal batas tegas dan terfiksir . Penderita telah mengeluh adanya regangan pada otot dan leher sulit di gerakkan ke sisi kiri . pada foto thorak tidak di jumpai gambaran kelinan pada tulang belakang leher daan dada , sendi juga dapat di gerakkan dengan baik . Dilakukan aspirasi dan pus yang ada di periksa BTA ternyata memberikan gambaran hasil (+).

Terhadap penderita di lakukan insisi dan debridement dengan pemberian obat anti tuberkulosa selama 6 bulan sambil kontrol luka setiap 2 minggu.



key word tag : Ruang praktek  bedah - dokter ramzi spb | mengenal cold abses | memahami abses TB | Penatalaksanaan cold abcess | cold abses kombinasi operasi debridemen dan terapi medikamentosa Obat anti tuberkulosa.

9 komentar:

  1. apa penyakit ini menular dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ... TB pada umumnya menular , namun penularan lebih melalui saluran nafas atau sputum. tbc tulang atau kel murni tentu lebih sulit untuk menular...tks

      Hapus
  2. Untuk abses paha belakang dok apakah juga termasuk sama pengaruhnya dari kuman tuberkulosa, karena riwayat terjadinya setelah jatuh dari motor dok dan apakah setelah dilakukan operasi masih bisa kambuh atau gmn dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...anda mengalami abses pada paha akibat terjatuh dari sepeda motor ..abses pada kasus ini lebih disebabkan karena trauma dan itu bukan karena kuman tuberkulosa. Abses pada tuberkulosa lebih bersifat menahun dan tanpa adanya riwayat trauma.dan biasanya daerah yang terjadi tempat infeksi adalah di tulang belakang , leher , lipat paha , sendi2 dan lain.

      Umumnya abses TB adalah tidak nyeri sehingga biasanya pasien datang terlambat dan dengan benjolannya yang sudah sangat besar.Pasien tidak merasa demam hanya berat badan yang semakin menurun. Operasi pada kasus ini hanyalan drainase atau menyalirkan absesnya dan selanjutnya makan obat Anti tuberkulosa selama 6 - 9 bulan. Setelah diperiksa secara mikroskopis apakah ada kuman tuberkulosa. dan selanjutnya luka atau borok akan membaik secara perlahan.tks

      Hapus
  3. apakah semua ciri penyakit ini di awali dengan benjolan dok?

    BalasHapus
  4. salam dok, saya penderita tbc kelenjar sudah 6 bulan minum obat tapi benjolanya pecah dok dan tiap malam keluar terus, kira-kira berapa lamanya lukanya akan kering ya dok, karena keluar terus cairnnya. apakah perlu dioperasi? terima kasih atas perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..andamengalami tbc kelenjar atau lazim di sebut denngan limfadeniis TB , Biasanya limfadenitis tbc ini sering di jumpai di leher , ketiak dan lipat paha . berlangsung secara perlahan-lahan dan perlu waktu cukup lama untuk membaik. sebagai penyakit yang berlangsung kronis maka tbc memerlukan terapi yang cukup panjang juga apalagi jika kondisi fisik tidak baik. pengobatan tbc normal berlangsung untuk 6 bulan ..dan perlu dilakukan evaluasi dan perpanjangan terapi jika diperlukan hingga 9 bulan sampai 1 tahun.. jadi jika masih basah sebaiknya anda bersabar dan menjaga terapi obat tbc jangan sampai terputus. demikian tks

      Hapus
  5. Sore dok.sy sdh operasi pemasangan pen d punggung krn spondylitis TB lima bulan yg lalu.tp 2 bln setelah lepas jahitan muncul luka dan kluar nanah.sampe skr luka itu blm sembuh bahkan skr sdh ada 2 lubang luka.bagaimana cara pengobatannya dok.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya...anda mengalami kelainan tbc tulang dan khususnya mengenai tulang belakang yang di sebut spondilitis tb semua ada tingkatan-tingkatannya . apakah anda setelah di lakukan operasi mengkonsumsi obat anti tuberkulosis ? dan berapa lama ? apakah pernah putus dll . jadi segera konsultasikan ke ahli bedah atau ahli bedah tulang khusus tulang belakang agar di evaluasi ulang karena infeksi tbc ini kembali muncul . sebab jika di biarkan lama maka anda akan mengalami nyeri hebat pada tulang belakang dan berikutnya akan menjadi patah tulang belakang. tks

      Hapus

leave a comment please..