Selasa, 05 Februari 2013

Anak lahir dengan kedua kaki bengkok satu ke arah luar dan yg lain ke arah dalam

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | CTEV | jika satu atau kedua kaki anak lahir mengalami bengkok ke luar atau ke dalam maka itu di sebut dengan CTEV atau Congenital talipes equino varus atau valgus.Ini termasuk sering kita jumpai di rumah sakit bersalin . Umumnya kelainan ini adalah kelainan bawaan pada saat lahir.Tindakan yang tepat saat bayi baru lahir 1 atau 2 hari adalah di lakukan koreksi atau perbaikan arah telapak kaki se anatomis mungkin jadi pemasangan foksasi dengan gips adalah cara paling sederhana dan mudah dilakukan dengan perbaikan koreksi setiap 2 minggu.selama 3x pergantian atau total waktu sampai satu setengah bulan .


Kaki penderita sesaat setelah lahir , tampak tarikan otot atau tendon ke arah luar.







kondisi kaki penderita di lihat dari medial


di lihat dari sisi lain


Sementara itu kaki kiri penderita ini mengalami bengkok kearah dalam seperti tampak pada x-ray kedua kaki penderita


Penangana terhadap penderita yang kita pilih adalah pemasangan gips dengan pertimbangan ini adalah saat yang tepat dan awal , murah dan hasil sering cukup baik untuk penderita baru lahir seperti pasien ini.Setelah dilakukan inform konsen bahwa tindakan ini masih ada kelemahannya yaitu hasil koreksi kurang maksimal sehingga pasien bisa mengalami gangguan gait . jadi jika gagal maka tindakan operasi adalah yang terpilih setelah penderita berumur diatas 2 bulan.

Ini juga yang menjadi alasan kenapa bayi yang lahir dengan bengkok pada kaki terlambat di tangani sehingga  orang tua baru membawa bayinya setelah berumur 2 bulan maka tindakan pemasangan gips seperti di atas sudah tidak jadi pilihan lagi dan operasi pemnjangan tendon dan lain-lain adalah pilihan terbaik untuk kasus diatas 2 minggu.

Setelah dilakukan pemberian penjelasan keluarha setuju dan di pasanglah gips sepatu atau shoe gips pada kedua kaki penderita dengan bantuan beberapa orang perawat saya melakukan koreksi terlebih dahulu lalu baru di pasangkan circular gips pada kedua kakinya.koreksi tentu kita upayakan seanatomis mungkin.

Pada saat koreksi sudah pasti sang bayi akan menangis kuat atau menjerit namun ini sudah kita jelaskan juga tentunya supaya keluarga tidak cemas dan takut dengan kondisi sang bayi.

Lali setelah terpasang dengan baik di rapikan pinggir gips tersebut , hindari pinggir jangan sampai ada yang tajam yang mungkin akan mencederai kulit sang bayi . Lalu padding atau bantalan pelapis gips dengan kulit upayakan lebih tebal dan awasi ujung jari penderita apakah berobah warna atau tidak . Jika menjadi biru dan  bayi terus menerus kesakitan sehingga menangis maka gips harus segera di buka kembali. Jika dalam pengawasan 30 - 60 menit bayi tenang , warna jari merah dan tidak ada kemungkinan gips terlalu sempit . pasien bisa di pulangkan dengan catatan jika ada masalah di rumah segera hubungi dokter atau rumah sakit . Lalu penderita di catat no telpon atau HP nya agar dapat di hubungi untuk kontrol ganti gips setelah 2 minggu.


Gambaran kaki penderita setelah gips di buka terlihat hasil koreksi pada kaki kanan mengalami koreksi yang mendekati anatomis malah mendekati fungsional , kaki bergerak aktif dan terlihat permukaan kulit cukup baik tanpa adanya perlukaan dan bula akibat lecet.


Terlihat koreksi yang kita lakukan pada kedua kaki sang bayi cukup baik dan mendekati anatomisnya.

Namun sayang seribu kali sayang saya tidak tahu lagi perkembangan kaki si bayi karena setelah di buka dan akan di pasang kembali untuk koreksi berikutnya orang tua bayi tidak menyetujui dengan alasan yang sangat naif ... dimana orang tua sang suami atau mertua si ibu beranggapan bahwa ini adalah tindakan menyembunyikan penyakit atau menutup -nutupi penyakit anaknya dan sang ibu di mari si ibu mertua yang merasa lebih pintar dengan mengatakan " apa kamu malu punya anak cacat ? ... sehingga mesti ditutup - tutupi dengan semen seperti itu "....bawa saja anak kamu pulang gak usah di pasang lagi penutupnya itu katanya. 

So akhirnya di bawalah sang bayi pulang tampa di pasang gips lagi...dan kita sampai sekarang tidak pernah tahu bagaimana perkembangan si bayi berikutnya...

key word tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , cara menangani bayi lahir bengkok pada kaki , pengobatan dini kaki bayi bengkok , pengobatan segera bayi dengan CTEV , jangan tunda penganan CTEV lebih dari 1 minggu setelah lahir .

4 komentar:

  1. Dok,anak saya juga mengalami hal yg sama tp sya tdk mlakukan cra yg dokter sarankan karena tdak tahu.apakh anak sya jlan nya akan nrmal dngan tlapak kaki kanan bengkok keluar .? Mhn jwb

    BalasHapus
  2. Dok,ank sya juga mengalami penyakit yg sma tapi hnya kaki kanan sja, sya tdak membwa nya ke dokter smpai skarang smpai usia 1 bln .apakah nanti jalan nya akan normal? Atw tidak ? Mhn jwb

    BalasHapus
  3. Dok,ank sya juga mengalami penyakit yg sma tapi hnya kaki kanan sja, sya tdak membwa nya ke dokter smpai skarang smpai usia 1 bln .apakah nanti jalan nya akan normal? Atw tidak ? Mhn jwb

    BalasHapus
  4. Dok,ank sya juga mengalami penyakit yg sma tapi hnya kaki kanan sja, sya tdak membwa nya ke dokter smpai skarang smpai usia 1 bln .apakah nanti jalan nya akan normal? Atw tidak ? Mhn jwb

    BalasHapus

leave a comment please..