Sabtu, 16 Februari 2013

Kontraktur jari kelingking di lakukan operasi dan fiksasi dengan spuit 10 cc

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Kontraktur jari kelingking | dilakukan release atau perbaikan kontrktur dengan tehnik multiple Z plasty dan dilakukan pemasangan palstik syringe 10 cc sebagai alat untuk fiksasi.Biasanya pada kontraktur yari yang telah di release di lakukan fiksasi denga wire untuk beberapa waktu namun ini tentu butuh alat dan wire yang lebih komplek , biaya dan dipasang secara internal inter osseus atau di dalam tulang . Notabene pasien jika kita anjurkan tindakan ini sering menolak dan kemungkinan terhadap resiko infeksi yang cukup besar. sehingga dalam kesempatan ini kita menggunakan alat yang murah dan sederhana untuk fiksasi. yaitu syringe tube 10 cc.






Penderita adalah seorang laki-laki usia 20 tahun dengan kontraktur pada jari kelingking tanagn kiri , akibat terkena api 2 tahun yang lalu dan mengalami penyembuhan secara primer.Lalu proses penyembuhan ini karena tidak di jaga dan kurang mendapat informasi mengenai cara merawat luka bakar akhirnya sembuh dengan komplikasi perlengketan dan kontrktur sehingga jari kelingking penderita tidak dapat lagi di luruskan . dan keadaan ini tentu menyebabkan gangguan fungsi dan mengganggu aktifitas dan pekerjaan sehari-hari.

Ini merupakan gambaran jari penderita saat konsultasi pertama kali


Kontraktur dilihat dari dekat , telah mengalami tarikan akibat fibrotik yang cukup kuat . Kondisi ini di persulit juga oleh jari manis yang ikut mengalami tarikan dan sulit untuk di luruskan. Selain itu harus dipikirkan juga kemungkinan pembuluh darah yang sudah rusak pada salah satu sisi yang tidak bisa atau sangat sulit kita prediksi secara kasat mata. Untuk mengetahui pasti mengenai aliran pembuluh darahnya secara pasti tentu perlu di lakukan angiografi , namun ini tentu perlu biaya yang besar sehingga tidak dapat di lakukan.


Dilihat dari jarak yang lebih jauh .




Menggunakan plastik syringe 10 cc yang di potong dan di bentuk seperti terlihat pada gambar untuk fiksasi jari sampai 1-2 minggu post operasi sehingga luka dianggap telah menyembuh .

Sebaiknya syringe di buat yang sedikit lebih longgar , sehingga dressing luka bisa masuk , dressing sebaiknya jangan terlalu tebal dan lebih baik syringenya di buat beberapa lobang sebagai sarana untuk keluar masuk udara.



Gambaran luka setelah operasi release kontraktur saat kontrol 1 minggu. Luka ini setelah di release di lakukan perawatan secara terbuka dengan penyembuhan per sekunder. tampak luka masih basah namun jari penderita telah mulai dapat lurus tanpa di pegang.



key word tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , release kontrakture , cara mempertahankan post operasi release kontraktur , syringe tube untuk fiksasi setelah release kontrakture , alternatif lain untuk fiksasi release kontrakture selain K - wire, cara sederhana dan mudah untuk fiksasi post operasi kontraktur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

leave a comment please..