Rabu, 26 Februari 2014

Kapan Sebaiknya operasi hernia mesti menggunakan mesh ?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Sering kita berpikir kapan sebaiknya operasi hernia mesti dipasang alat mesh  ?| keluhan usus turun atau burut sudah sering didengar . Masyarakat sepertinya sudah faham betul dengan kata ini.Kalau operasi hernia jenis apapun yang mesti dipasang alat tentu suatu yang rasanya tidak lazim , aneh atau bahkan seram . Seolah-olah ini adalah menambah benda asing di dalam tubuh yang fungsinya sendiri mungkin tidak atau belum di ketahui oleh pasien lantas apakah tujuan pemasangan alat mesh tersebut ?

Memasang alat mesh pada operasi hernia tentu harus di lihat keperluannya dan kebutuhannya , jika tidak diperlukan apalah guna  kita mesti meletakkan sesuatu benda asing didalam tubuh kita. Mesti di sadari dan di pahami hernia pada orang tua dan anak-anak tentu berbeda penyebab dan berbeda pula penanganannya . Hernia pada usia tua adalah indikasi yang sangat baik dan tepat apalagi bila hernianya luas . Begitu juga hernia pada remaja dengan defek yang terlalu luas juga pilihan operasi terpilih untuk menggunakan mesh.

Anak-anak jika ototnya masih kuat dan defek kecil hingga sedang maka mesh bukanlah pilihan yang terbaik , mungkin sedikit herniotomy dan dengan tambahan jahitan plasti kecil sudah cukup untuk memperbaiki defect tersebut. Namun jika besar defect yang di jumpai mungkin pemasangan mesh dapat menjadi bahan pertimbangan.

Perlu diperhatikan bahwa di lapangan banyak pilihan bahan mesh yang tersedia , namun mesti di ketahui bahwa pemasangan mesh bukan jaminan mutlak untuk hernia tidak kembali lagi. Apalgi penulis pernah menjumpai mesh yang tidak di jumpai lagi setelah operasi kedua karena hernia yang telah di operasi mengalami rekurent atau kembali muncul.Sehingga mesh yg normalnya tetap ada di sana walau telah bertahun-tahun di operasi. Jika saat operasi ke dua tidak di jumpai lagi berati mesh yang di pasang diserap oleh tubuh atau dengan kata lain hanya mempunyai kekuatan untuk waktu tertentu saja . Itu hanya suatu kemungkinan menurut logika kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..