Minggu, 02 Maret 2014

5 manfaat pneumatic tube system sebagai alat pembawa spesimen dan surat2 di kencana RSCM

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Pneumatic tube system | Merupakan alat berbentuk tabuk berwarna merah yang berfungsi sebagai metode baru guna mengirim resem ke bagian apotik kemudian tabung akan kembali ketempat asal beserta obat yang di resepkan dari appotik , begitu juga dengan spesimen jaringan , darah , nanah dll yang dikirim melalui lorong pipa yang cukup panjang neserta surat menyuratnya. Cukup lama rasa penasaran saya tentang alat ini yang tersusun namun belum tahu apa fungsinya sampai suatu saat kami melihat sendiri proses pengiriman alat tersebut.



Tabung  - tabung yg tersusun dan bisa di buka dan di isi segala sesuatu dan akan di masukkan ke suatu saluran lalu di kirim ke tempat yang akan dituju seperti apotik , laboratorium dan Baagian patology anatomi yang nota bene letaknya cukup jauh.


Ada beberapa keuntungan atau manfaat dari adanya sistim transport ini :

1 . Menghemat waktu petugas rumah sakit .

2 . Mengurangi mondar mandir petugas dan keluarga 

3 . Menghemat tenaga petugas rumah sakit

4 . Petugas tidak mesti meninggalkan pasien atau ruangan.

5 . Tidak menggangu keluarga pasien dengan urusan transportasi alat , obat dan bahan yang di perlukan.




Instruksi cara penggunaan alat pneumatic tube systemyang mesti dikenal dan diketahui oleh seluruh petugas ruangan kencana rscm


Tombol - tombol alat yang digunakan untuk mengirimkan tabung tadi setelah di masukkan ke dalam saluran yang ada.

Alat yang terbuat dari tabung plastik tadi dengan tutup yang berwarna merah dan dilindungi dengan karet berwarna hitam sehingga dapat mencegah kerusakan saat terbentur dinding saluran atau saat sampai di tempat tujuan  . Alat ini bekerja dengan kekuatan sedotan atau vacuum uleh suatu mesin vacuum yang cukup kuat sehingga dapat menggerakkan tabung yg terlihat relatif berat.

Kami baru melihat alat ini ada di rscm karena di beberapa rumah sakit yang pernah kami jumpai belum pernah ada melihat alat ini . kami yakin alat ini dibuat dengan biaya yang cukup besar namun manfaat yang didapat tentu juga sebanding . Sementara rumah sakit - rumah sakit yang terlihat sibuk dengan urusan tetek bengek kirim mengirim resep dan lainnya itu.  Keluarga pasien yang mondar mandir , perawat yang sering tidak terlihat saat di perlukan di tempatnya , dll sangat menguras tenaga dan waktu serta bermuara pada terdelaynya pelayanan.

Beberapa rumah sakit swasta di jakarta ternyata juga menggunakan fasilitas ini seperti rs medistra , rumahsakit mitra kelapa gading , rs bethsaida , rs medistra dll . Tehnologi ini ternyata cukup efektif di terapkan di rumah sakit-rumah sakit besar guna memudahkan dan menghemat tenaga dalam hal mobilisasi.


Alat pneumatic tube system diyang terpasang didinding ruang rawat RS Medistra jakarta ,

2 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya. saat ini saya sedang mempelajari posisi & sistem pneumatic tube untuk diaplikasikan di layout rumah sakit. Artikelnya sangat berguna : )

    BalasHapus

leave a comment please..