Sabtu, 29 Maret 2014

Dermatom : alat canggih yang memudahkan pengambilan tandur kulit ( skin graft ) penderita borok kaki diabetes

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Dermatom | suatu alat yang di gunakan untuk mengambil graft tandur kulit dengan ukuran yang sesuai dengan keinginan bahkan dengan ketebalan hingga sampai 0,2 mm . Dengan menggunakan batery yang biasa mesin ini sudah dapat bekerja di bandingkan dengan tehnik atau cara yang sederhana serta tidak memerlukan tenaga yg besar. Hanya di perlukan satu orang assisten yang akan berfungsi untuk menegangkan kulit yang akan di lakukan sebagai donor pada bagian lateral atau medial dari paha. Jika di bandingkan dengan menggunakan alat sederhana dengan pisu biasa atau hummbi knife , cara mengambil tandur kulit dengan tool dermatom lebih mendapat hasil yang lebih baik .



Kekurangan dari alat ini tentunya karena harga yang mahal sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan biaya atau cost dari tindakan operasi . Namun karena sangat memudahkan dan membuat operasi berlangsung cepat banyak hal juga yang bisa di hemat. Selain hasil operasi tandur kulit tipis yang dihasilkan jauh lebih baik.

Tandur kulit ini sangat sering di gunakan untuk menutup luka yang sudah granulasi dan relatif tidak infeksi serta permukaan yang sudah tinggi dengan melihat patokan kulit dan jaringan di sekitarnya, Tandur kulit ( STSG) yang telah di ambil dengan ukuran sesuai dengan yang di harapkan maka kulit tadi akan di tempelkan setelah di rendam dengan cairan fisiologis yang telah di beri antibiotik . Bantalan luka sebagai tempat resipen donor tentu telah di bersihkan dan di ratakan dengan baik dan telah terbebas dari lapisan biofilem.

Lalu setelah itu tandur kulit yang super tipis ini di tempelkan di atas permukaan luka sampai seluruh permukaan luka tertutupi , lalu tandur kulit di fiksasi atau di jahitkan dengan benang halus. lalu di tutup dengan kain kassa halus dan di fiksasi lagi kekulit dengan jahitan tie over selama 5 - 7 hari baru boleh dibuka apapun yang terjadi , tidak boleh basah dan bergeser.


 luka yang telah mengalami granulasi

luka yang telah ditutup dengan skin graft


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..