Rabu, 02 Juli 2014

AVM setelah lama menunggu akhirnya pecah dan menimbulkan perdarahan hebat...

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | AVM rupture atau pecah | avm yang berat dengan pembuluh vena yang besar dan tipis mesti mendapat perlakuan yang segera dan cepat karena kekhawatiran akan terjadi pecah atau rupture yang potensial menimbulkan perdarahan masif yang berpotensi mengancam nyawa penderita . Awalnya pasien direncanakan untuk dilakukan tindakan embolisasi dengan vascular plak pada  fistle arteri vena . namun dalam menunggu jadwal tersebut terjadi trauma dan menyebabkan perdarahan yang massive sehingga pasien harus di larikan ke igd RSCM.










Kondisi pembuluh darah yang besar dari avm ini membuat perdarahan terjadi dengan jumlah yang besar dalam sekejap sehingga menghentikan perdaran segera adalah pilihan yang mesti di ambil. Mengikat bagian distal dengan kuat tentu akan membuat ujung jari jempol menjadi necrotik dan mati sehingga , pada kasus ini di putuskan untuk melakukan ligasi atau mengikat semua cabang yang menjadi sumber makanan keujung ibu jari tangan kiri. . Namun jangan lupa memasang continious manset untuk mempertahankan tekanan arteri sehingga perdarahan minimal.

Saat ikatan di buka tampak perdarahan yang besar dilakukan tekan dan ligasi dari arteri atau drain vein yang menjadi sumber perdarahan., lalu bagian yang mengalami necrotik atau mati di buang dan di lakukan membuang bagian tulang yang berlebih dan melakukan perbaikan puntung amputasi dengan sisa jaringan yang ada.

 


Untuk tindakan darurat atau emergensi sementara di igd penanganan kontrol bleeding sudah dianggap cukup dan tindakan berikutnya adalah melakukan tindakan endovascular atau choice yang lain..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..