Rabu, 13 Agustus 2014

Apa saja sih penyebab kaki bengkak dan bagaimana penanganannya....?

Ruang Praktek Bedah - dokter Ramzi SpB | Penyebab kaki bengkak | Banyak dari kita berasumsi atau beranggapan secara kurang tepat tentang  tungkai yang bengkak . Banyak faktor bisa menjadi penyebab bengkak pada kaki , Usia muda tentulah berbeda dalam hal penyebab bila dibandingkan dengan usia dewasa dan tua untuk menyebabkan timbulnya pembengkakan pada kaki . Banyak pernyataan yang kurang tepat bisa kita jumpai pada penderita - penderita kaki bengkak seperti : keteguran mahluk halus , infeksi , aliran darah arteri yang kurang lancar , penyakit rematik , pembengkakan kelenjar , abses , selulitis,sakit beri-beri , oedem anasarka. dll . sehingga penanganan menjadi terlambat , tertunda atau tidak pernah menyentuh akar permasalahannya. Bengkak harus di pahami dari bentuk yang akan menjurus ke akar permasalahan. Mencari akar penyebab bengkak di kaki atau tungkai bawah adalah pekerjaan yg tidak sederhana..Bengkak pada satu sisi dengan bengkak pada 2 sisi akan memberikan makna dan nilai yang berbeda.





Beberapa Penyebab terjadinya bengkak pada kaki dan tungkai bawah :

1 . Akibat sumbatan pada pembuluh balik ( pembuluh vena oleh berbagai sebab )

Sumbatan vena dalam akibat stasis dan immobilisasi dengan kaki yang berbentuk flat atau bertapak rata sehingga pergerakan menjadi kurang baik


Bengkak akibat tertekannya aliran vena karena kehamilan , dimana kepala bayi akan menekan aliran pembuluh balik di panggul dan akibatnya terjadi stasis atau bendungan aliran balik . Umumnya bendungan seperti ini bersifat sementara dan setelah bayi lahir atau setelah partus tekanan berkurang dan bengkak akan berkurang atau menghilang.

Permasalahannya jika setelah partus ternyata bengkak masih terus berlanjut atau bertambah berat , maka kemungkinan besar pada pembuluh vena masih terdapat tekanan atau adanya sumbatan oleh thrombus atau bekuan darah yang menyumbat aliran. Jika dijumpai kasus seperti ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG. Seorang ahli bedah vaskular akan melakukan pemeriksaan ini secara cermat untu mencari seluruh jalur aliran vena tungkai untuk mencari trombus . Jika belum dapat berikutnya akan di lakukan pembuatan CT angiografi fase vena atau venografi.

Setelah diagnosa diketahui maka akan di putuskan pemberian obat-obat anti pembekuan daran dan tindakan untuk melakukan evakuasi thrombus dengan thrombektomi dll.

2 . Akibat infeksi / sellulitis

Bengkak karena infeksi akan disertai dengan tanda-tanda infeksi dan inflamasi seperti demam , merah , nyeri dan permukaan kulit yang tegang dan licin beserta adanya gangguan fungsi.. Infeksi pada usia muda akan berbeda dengan penderita  usia tua sebab arterosclerosis pada usia tua akan mengganggu dan memperlama proses penyembuhan. begitu juga underlying disease seperti penyakit DM , jantung hipertensi dan ginjal akan mempersulit penyembuhan di usia tua.

3 . Akibat pembesaran kelenjar getah bening

bengkak atau pembesaran pada kaki yang terjadi akibat pembendungan kelenjar getah bening umumnya terjadi secara kronik . Penyebabnya yang tersering adalah karena cacing elefantiasis atau kerap disebut kaki gajah dan metastase sel kanker. Umumnya benjolan seperti ini tidak nyeri namun berpotensi terus membesar sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan gangguan fungsi berjalan atau bergerak pada ekstremitas bawah maupun atas. dan rumitnya lagi dapat terus bergerak naik ke atas sampai ke buah pelir atau panggul dan dinding perut.

Untuk penanganannya kita di bagian bedah vaskuler akan melakukan diagnosa pasti terlebih dahulu penyebabnya . dan melakukan tindakan terapi untuk penyebabnya terlebih dahulu seperti obat cacing dan jika telah terbukti tidak aktif baru di putuskan untuk di lakukan tindakan operatif seperti benjolan di buang atas indikasi menimbulkan gangguan fungsi. Namun mesti disadari bukan untuk menghilangkan atau mengembalikan ke bentuk sebelumnya.

4 . Akibat trauma

Bengkak atau benjolan pada kaki karena trauma sering di jumpai , seperti juga tangan kita jika terbentur akan menyebabkan bengkak pada daerah sekitar trauma. Biasanya jika tidak ada patah atau retak pada tulang maka bengkak akan segera mengecil namun jika ada patah maka bengkak akan menyembuh cukup lama bahkan berbulan-bulan.

Bengitu juga pada cedera pembuluh darah , tulang atau jaringan lunak lain jelas ada ampaksinya ke pembuluh darah , misalnya bengkak yang terlalu hebat sehingga aliran pembuluh darah akan rusak atau tertekan menyebabkan aliran darah ke dan dari ujung tidak bisa lewat . Ini akan menyebabkan bagian ujung tubuh kita mengalami kekurangan darah dan oksigen yang akan bermuara pada kematian jaringan jika tidak di tangani sesegera mungkin.Biasanya kita akan melakukan tindakan fasciotomi untuk membuka segera jepitan oleh fascia.

Kami di bagian bedah vaskuler biasanya akan menilai secara klinis dan usg untuk menilai aliran darah secara cermat terutama aliran darah arteri bagaimana kekuatan aliran , bandingkan kiri dan kanan pada titik-titik yang dapat di nilai secara klinis , periksa gelombang dengan pulse wave dan color dopler dengan USG dan menilai setiap sentimeternya sepanjang aliran darah apakah ada thrombus atau hematom di daerah yang mengalami trauma .
Keputusan untuk fasciotomi , mesti amputasi atau tidak , Tingginya level Amputasi , Membuang thrombus arteri ( thrombektomy ) baik melalui fogarty ataupun open , arteriogrfi cito atau cover stent , melakukan operasi terbuka seperti ligasi , by pass dll. dilakukan setelah pemeriksaan yang lengkap dan baik begitu juga setelah dilakukan evaluasi untung rugi dan cost efektif yang maksimal yang dapat di lakukan.




5 . Akibat hyphoalbumin / malnutrisi




Kaki bengkak karena malnutrisi seperti pada zaman dahulu ada penyakit kekuranagan vit b yang lazim disebut penyakit beri-beri pada zaman dahulu , dimana pasien terlihat kurus dengan perut buncit dan kaki besar.penderita terlihat lemah dan tidak bertenaga. Saat ini penyakit beri-beri disease ini sudah jarang di jumpai seiring dengan peningkatan status gizi masyarakat di indonesia.


6 . Peradangan atau inflamasirjadi

 Proses bengkak akibat inflamasi murni seperti peradangan sendi akibat rheumatik atau osteoporosis , biasanya bengkak terjadi pada daerah persendian seperti lutut atau pergelangan kaki . nyeri biasanya terjadi terutama saat bergerak atau berjalan..Biasanya tidak di jumpai adanya gambaran hematom seperti pada kasus trauma . Umumnya pasien mempunyai riwayat sakit yang berulang dan terutama setelah mengkonsumsi makanan tertentu seperti makanan laut atau seafood dll.

Umumnya bengkak ini akan kembali mengecil setelah mengkonsumsi anti inflamasi tertentu dan berhenti mengkonsumsi makan-makan yang menjadi penyebab dari peradangan ini

7 . Proses malignansi atau keganasan



Kanker pada tulang dan atau jaringan lunak di ekstremitas bawah layaknya osteosarcoma , rhabdomyosarcoma , giant cell ca dll akan memberikan gambaran bengkak yang relatif berbeda dengan gambaran bengkak lain , painless dan konsistensi yang lebih keras serta terfiksir atau melengket. Terkadang jika tumor pada tulang ini dibiarkan bisa menyebabkan patah dengan sendirinya seperti saat berolahraga atau saat berjalan. celakanya lagi tumor tulang yang paling sering dijumpai di dunia ini lebih suka mengenai manusia diusia muda sehingga pilihan amputasi sangat kontra produktif dengan usia penderita yang terkena.

Selian melalui amputasi , penanganan kanker ini juga dapat berupa chemotherapy misalnya rhabdomyosarcoma yaitu tumor yang lebih suka bercokol di jaringan lunak otot ini , masih mengandalkan chemotherapi sebagai therapi terbaiknya dan sering memberikan hasil yang baik . Namun celakanya jika telah gagal chemotherapi tidak banyak pilihan baik lainnya yang bisa di lakukan selain amputasi.


8 . Proses malformasi pembuluh darah


 Klippel trenauney syndrome 



Malformasi vaskular juga memberikan gambaran bengkak yang lebih bersifat kombinasi , fistula antara arteri , vena atau kelenjar getah bening . Sehingga penanganannya jadi sangat rumit seperti mengurai benang kusut. Mencari sumber juga sulit di lakukan . Kemudian sumber arteri yang mendanai darah sebagai sumber makanannya harus dicari secara cermat.  Sebab jika malformasinya luas akan sangat sulit melakukan pembuangan massa vaskular ini . Dari pengalaman baik pribadi maupun dari penelusuran di buku dan jurnal-jurnal melakukan eksisi yang luas ini rawan untuk menyebabkan kematian karena perdarahan yang massif dan sulit di kontrol. Jadi tipsnya jangan menganggap mudah benjolan yang berwarna kebiru-biruan dan berlangsung atau ada sejak lahir / sejak kecil.

Dibagian bedah pembuluhdarah atau bedah vaskuler kita biasnya pastikan dulu sumber perdarahan nya dengan evaluasi secara kliniis , thrill ,bruit , dan pulsasi dinilai berdasarkan pengalaman yang telah di nilai berulang-ulang dari banyak pasien yang telah di tangani. , daerah yang terlibat baik dalam dan luasnya dinilai secara klinis . Lalu di lakukan evaluasi arteri yang mendarahi dengan usg doppler vaskular . Jika sulit dinilai dengan USG tahap selanjutnya di lakukan pemeriksaan dengan CT angiografi , ct contras fase arteri dan vena yang akan kita lakukan penilaian dari hasil slice per slice dan konfirmasi dengan hasil rekonstruksi yang dilakukan radiologis. 

Selanjutnya di lakukan tindakan awal dan persiapan awal penanganannya dengan melakukan tindakan cath lab berupa arteriografi guna mengkonfirmasi hasil sesaat yang lebih pasti dan real time sehingga tidak ada keraguan yang muncul. Sejalan dengan persiapan yang dilakukan juga di persiapkan tindakan selanjutnya seperti embolisasi dengan bermacam embolan.guna menutup sumber-sumber perdarahan yang akan terjadi nantinya. Setelah itu di evaluasi beberap minggu dan jika masih eksis dilakukan eksisi dengan persiapan daerah yang menjadi sumber mesti di waspadai.

9 . akibat kombinasi penyebab diatas

 Bengkak pada tungkai kanan yang terjadi pada penderita diabetes yang terdiri dari beberapa etiology atau penyebab yang merupakan kombinasi , seperti : stasis vena , sumbatan arteri , infeksi , inflamasi , hipoalbumin hypertensi dan kelainan jantung , kelainan ginjal dan lain-lain yang dapat menyebabkan bengkak kaki pada penderita diabetes foot  . Sehingga Penanganan penderita diabetic foot harus lebih maksimal , multi disiplin dan berada pada kerangka berpikir yang tidak sederhana .

Pertimbangan antara limb salve dan life treatening merupakan pertimbangan yang matang dengan kalkulasi yang tepat dan jitu . pemeriksaan yang cepat dan oleh orang yang tepat adalah faktor penentu dalam tingkat keberhasilan , begitu juga faktor fasilitas yang dimiliki rumah sakit beserta ahli bedah vaskuler atau endokrin yang mumpuni ikut sebagai penentu keberhasilan penanganan pasien. Sebab lebih dari 60 % faktor penyebab ulkus pada diabetic foot adalah ulkus neuro ischemic yang timbul akibat rusaknya pembuluh darah arteri ke ujung-ujung kulit kaki.

Keyword tag : ini dia 9 penyebab bengkak pada kaki dan tungkai bawah ! , penangan beragam bengkak pada kaki , kemajuan penanganan bedah vaskular dan endovaskular pada bengkak tungkai bawah , bengkak pada tungkai bawah , pasti ada penyebabnya , mitos yang mesti di singkirkan pada kaki membesar., jangan sepelekan kaki besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..