Selasa, 23 September 2014

Apa sih ....DSA atau Digital Subtraction Angiography Itu...?

Ruang Praktek Bedah - dokter Ramzi SpB | Apa sih DSA Itu ? |  DSA atau Digital Subtraction Angiography seperti mainan baru dikalangan masyarakat luas saat ini , Banyak diantara pasien , keluarga pasien , teman dan sejawat yang terkagum-kagum saat ini dengan istilah DSA real akronim adalah seperti yang tertera di atas . Ini merupakan pemeriksaan biasa dalam menegakkan diagnosa suatu penyakit dengan menggunakan sinar X yang berjalan kontiniu. Pemeriksaan ini lazim di sebut pemeriksaan fluoroskopi guna melihat gambaran pembuluh darah di seluruh bagian tubuh seperti di kaki , perut , tangan , kepala , leher , dada dan lain-lain

Tindakan ini lazim di lakukan oleh seorang endovaskular spesialis , cardiologi intervensi dan radiologi intervensi.

Jadi DSA merupakan tindakan Fluoroskopi dengan tehnik khusus yang dilakukan di kamar berpelindung radiasi guna melihat secara jelas gambaran pembuluh darah pada bagian - bagian tubuh penderita secara jelas dengan menghilangkan gambaran tulang dan jaringan lunak tubuh lainnya dengan menggunakan bahan kontrast yang di subtraksikan sesuai gambar sebelum di beri bahan kontrast sehingga hasil gambaran pembuluh darah terlihat jelas tanpa di tutupi oleh tulang dan jaringan lunak lain..


Ini adalah gambaran arteriografi dengan DSA atau digital subtraction angiografi , dimana yang terlihat hanyalah corakan pembuluh darah baik arteri atau vena , sementara gambaran jaringan dan tulang sama sekali tidak dapat kita lihat



Pasien yang sama sebelum tindakan dilakukan pemeriksaan arteriografi dan tampak tulang dan jaringan lunak masih terlihat jelas dan berguna untuk evaluasi dan penilaian  dalam bentuk yang berbeda , terutama untuk penentuan posisi anatomis.

Pemberian heparin pada semua tindakan DSA adalah protap standar karena setiap upaya yang dilakukan intern pembuluh darah pemberian anti koagulan harus di lakukan. Dan kita semua harustahu bahwa tindakan ini adalah tindakan diagnostik , bukan terapi atau pengobatan . Jadi tujuannya adalah untuk melihat apa yang menjadi permasalahan di dalam pembuluh darah . Jika di jumpai maka akan di lakukan tindakan atau terapi dan itu namanya adalah arterioplasty atau arteial stenting .

Saat ini tindakan ini bukanlah prosedur yang wah atau hebat , karena ini adalah prosedur standar yang bisa di lakukan di rumah sakit - rumah sakit besar di Jakarta khususnya, Jadi jika ada pernyataan bahwa DSA adalah pengobatan ini jelas suatu pernyataan yang salah atau tidak benar . Sebagai konsumen atau pasien tentunya mesti mengetahui ini dengan jelas jadi imformasi dari mulut ke mulut dan cerita dari orang keorang yang bersifat informasi berantai mesti diketahui agar tidak terjadi pemutar balikan informasi .. diperlukan peran kita semua dilingkungan kesehatan untuk meluruskan istilah ini dan tidak merancukan dengan terminasi kedokteran yg baku..

Banyak istilah atau pemberian nama komersil yang seolah merupakan tindakan medis yang benar secara diagnosis dan penatalaksaan kedokteran pada hal tindakan seperti itu jelas namanya arteriografi dan bukan melakukan pencucian otak , brain spa atau spa otak ..mungkin akan lebih cocok mencuci otak secara medis berarti debridement oleh seorang ahli bedah syaraf saat ada nya craniotomy akibat trauma terbuka kepala.

keyword tag : Ruang praktek bedah - dr ramzi SpB(K)V , DSA , Cuci otak , Brain wash , brain spa . arteriografi , arterioplasty .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..