Selasa, 23 September 2014

Venous Malformasi pada puncak kepala

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi SpB| Benjolan itu suatu venous Malformasi | Suatu benjolan pada puncak kepala jika buka venous malformasipun akan memberikan gambaran perdarahan yang hebat di sebabkan oleh maraknya jumlah pembuluh darah di kulit kepala kita. Sehingga dahulunya sring operasi yang kecil saja yang di lakukan dapat menyebabkan kehilangan darah yang cukup masif. Sehingga setiap sayatan mesti dikontrol dan segera di hentikan sebelum lanjut ke tahap berikutnya , namun hal ini justru memperlambat dan memperbanyak perdarahan . Apalagi pada venous malformasi maka perdarahan yang akan terjadi dengan pembuluh balik yang besar dan mekar akan lebih hebat dan progresive sehingga strategi dan kebijakan yang matang akan menentukan keberhasilan tindakan kita.


pandangan atas venous malformasi pre operasi


Tampak samping venous malformasi pre operasi


Terlihat secara CT angiografi suatu percabangan vena besar yang menjadi drain vein dari venous malformasi ini dan bermuara ke v jugularis eksterna


Gambaran hasil akhir operasi setelah di lakukan pengangkatan massa venous malformasi dan di lakukan rekonstruksi untuk menutup defek yang ada . Dan beberapa hari pasca operasi kondisi pasien telah membaik dan hari ketiga pasien sudah bisa berobat jalan untuk kontrol pada 3 hari berikutnya dengan obat-obat makan yang di bawa penderita untuk 3 hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..