Kamis, 09 Oktober 2014

Bentuk anatomi Saluran kemih pria di belah dari samping ( lateral ) ....

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Bentuk anatomi saluran kemih dilihat dari depan | Terlihat permukaan dinding kandung kemih berbentuk tidak rata dengan permukaan memberikan gambaran kasar . Jika di lihat pada bagian bawah ada cekungan maka itu adalah muara dari kandung kemih yang merupakan hulu dari urethra , yang merupakan saluran yang akan meneruskan urin ke ujung dari penis . Sementara itu saluran dari ginjal sebanyak 2 buah yang di sebut ureter akan bermuara di kiri dan kanan bawah kandung kemih sedikit di atas hulu urethra .seperti dapat di lihat pada gambar.


Pada bagian tengah dari urethra mengelilingi saluran tersebut dan berada di bawah saluran kemih atau yang di sebut vesika urinaria atau bladder terdapat kelenjar prostat yang berbentuk bulat yang menutupi semua saluran urethra bagian belakang dan jika prostat ini membesar pada orang usia tua maka prostat ini akan menekan kandung kemih ke arah atas dan juga akan menekan saluran kemih yang berada di dalamnya sehingga kapasitas atau daya tampung kemih akan berkurang .dengan smakin bertambah besarnya prostat maka dia akan menekan saluran urethra belakan sehingga urin akan sulit berhenti dan terakhir akan berhenti mengalir sehingga muncullah penyakit yang di sebut BPH dan pada kasus tersumbat totalnya aliran urin maka pasien akan kesakitan dan minta di keluarkan urinnya segera bisa melalui kateter atau dikeluarkan dari dinding perut melalui dinding kandung kemih tadi.

Selanjutnya urethra depan  tadi akan berjalan di tengah bagian bawah dari otot -otot penis dan bermuara di gland penis sebagai orifisium urethra . Lapisan penis itu sendiri berkantong-kantong dan berkamar-kamar yang apabila mengalami rangsangan biologis akan mengeras atau ereksi akibat aliran darah mengisi kantong atau kamar tersebut yang meliputi corpus cavernosus dan corpus spongiosum . Aliran darah yang masuk melalui arteri pudenda interna sebanyak dua buah akan mengisi setiap corpus dengan cepat dan aliran keluar akan menutup atau berkontraksi sementara sehingga aliran vena berkurang atau berhenti sesaat...maka terjadilah ereksi ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..