Sabtu, 04 Oktober 2014

7 hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada akses cuci darah ( AV shunt - cimino )

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Hal - hal yang dapat menyebabkan rusaknya av shunt yang sudah baik | Banyak hal yang dapat menyebabkan rusaknya suatu akses vaskular yang sudah matang yang mesti di edukasikan secara ketok tular atau dengan percepatan yang tinggi. rendahnya pemahaman pasien akan pentingnya menjaga akses pembuluh darah ini dengan baik adalah target yang mesti di sasar.

 Benturan pada lengan kiri yang menyebabkan rusaknya akses cuci darah yang sudah ada

Beberapa hal yang mesti di ketahui oleh pasien dan keluarga nya  agar akses cuci darah yg ada bisa langgeng dan terpelihara dengan baik :

1 . Benturan pada lengan sisi yg ada akses cuci darahnya bisa karena terjatuh , terpeleset tersenggol dinding ,   meja, dll ,

2.  Melakukan tusukan pada tempat yang sama , sebaiknya melakukan tusukan pada tempat yg berbeda .

3.  Menghindari tusukan yang tidak perlu seperti mengambil darah untuk pemeriksaan lab dll

4.  Memasang alat torniquet untuk pemeriksaan tensi meter.

5.  Tertindis saat tidur seperti oleh kepala dll

6.  Melakukan massage atau pijatan pada daerah akses cuci darah

7.  Melakukan penusukan yang gentle dan steril .

Mesti disadari Tuhan telah menciptakan cadangan pembuluh darah yang dapat di pakai untuk melakukan akses cuci darah , namun tetap saja semua ada limitnya , ada batasnya . Tugas kita adalah menjaga apa yang telah diciptakan. mesti di ketahui jika akses native vascular adalah akses yang paling sederhana dan mudah . sebab jika pembuluh darah bawaan ini telah habis di gunakan dan mesti menggunakan alat atau pembuluh darah buatan permasalahan akan menjadi rumit dan semakin mahal..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..