Sabtu, 04 Oktober 2014

Jika kaki menghitam kering menurut anda karena apa ...???

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | kaki menghitam karena darah tidak sampai di ujung kaki | Jika kaki menghitam yang di awali oleh nyeri hebat pada ujung-ujung jari jari maka waspadailah gambaran kematian jaringan akan terjadi dan ini sering akibat aliran darah yang tidak baik saluran bagian atasnya baik di paha , panggul atau perut. Jangan hanya berpikir secara lokalis . hampir tidak pernah dijumpai gambaran seperti ini pada kasus infeksi baik jaringan atau tulang yang sering di sebut osteomyelitis. begitu juga tidak akan terjadi pada kelainan syaraf . Ini adalah gambaran kelainan pembuluh darah dan hal-hal yang kerap menyertainya seperti stenosis , embolisasi di pembuluh darah tungkai bawah dll.


Tindakan yang terbaik amputasi segera  ? jelas bukan ..biasanya masa nyeri hebat seperti claudicatio intermitten atau rest pain telah berlalu..dan jaringan sudah mati...pasien juga tidak merasa kesakitan lagi biasnya hanya pasien dan keluarga merasa risi dengan gambaran kaki seperti itu.

Bagi kita di bedah vaskuler tindakan yang perlu dilakukan adalah menambah atau mencukupkan kebutuhan darah yang kurang ke ujung kaki atau ke bagian kaki ..caranya banyak hal bisa di lakukan seperti membuka aliran darah baru dengan tindakan minimal invasif , dengan pemberian obat-obatan , dan operasi terbuka . Semua Modalitas seperti ini di miliki oleh bedah vaskuler Menerobos sumbatan , membalon ,dan stent . Memberikan obat-obatan pencegah atherosclerosis , atau melakukan operasi terbuka seperti by pass graft dengan native vaskular atau buatan atau mengeluarkan thrombus plaque dan sumbatan lain.


Pemasangan alat graft buatan untuk by pass



Alat graft buatan  sudah terpasanga dengan baik , dan selanjutnya bagian yang mengalami necrotic iskemic dilakukan amputasi sims . Saat ini kondisi pasien telah membaik dengan nyeri yang jauh berkurang dan tungkai bawah yang semakin hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..