Minggu, 05 Oktober 2014

Mengenal sterm cell dan aplikasinya dalam dunia kedokteran dan bedah...join kobe - rscm

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | Sterm cell | Suatu proses pengelolaan sell tubuh penderita untuk melakukan perbaikan didaerah yang di target .Tehnik sterm cell ini berlaku masih sangat mahal untuk di terapkan di indonesia namun in the future kita belaum tahu . pesatnya perkembangan ilmu kedokteran telah merambah ke perbaikan sel langsung melalui tehnologi yang di kembangkan oleh kobe university



Sterm cell adalah suatu sel biology yang undifferensiasi dapat di kelompokkan dalam kelompok sel spesifik dan mengalami pembelahan atau mitosis untuk menghasilkan lebih banyak stem cell. srerm sel di bagi atas 2 jenis yaitu embriyogenic sterm sel dan adult sterm sel. Pada orang dewasa sterm cell dan progenitor cell ini berfungsi sebagai repair system dari tubuh manusia.

Sedangkan dalam perkembangan embryo sterm sel dapat berobah menjadi ektoderm , endoderm atau mesoderm , bahkan juga mempertahankan turn over normal dari organ-organ yg beregenerasi, spt darah , jaringan kulit dan usus.



3 sumber autologous sterm cell pada orang dewasa :

1 . Sum-sum tulang dengan pengeboran pada tulang menggunakan alat khusus terutama dari tulang paha ( femur ) dan tulang panggul ( iliac crest )

2 . Jaringan lemak ( adipose cells ) di ambil dengan tehnik liposuccion )

3 . Darah diambil dari apheresis




Terapi sterm cell pada bagian bedah vaskuler untuk perbaikan pembuluh darah.
Sterm cells dapat juga di ambil dari umbilical cord blood saat setelah lahir dari semua type sterm sel.


Tindakan therapy sterm sel pada kornea dengan mengambil dari sel buccal



Penggunaan terapy sterm cell pada sendi lutut yang mengalami pengapuran atau osteo porosis dengan mengambil sterm sell dari tulang rawan


therapy sterm sel pada kasus kasus frakture dalam bidang orthopedi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..