Sabtu, 27 Desember 2014

Benjolan di kepala anak 15 hari itu ternyata : Kassabah merritt syndrome ..

Ruang Praktek bedah - dokter Ramzi SpB |Kassabah - merritt syndroma | Suatu benjolan pada permukaan kulit biasanya di jumpai pada hampir seluruh badan pada bayi baru lahir , benjolan ini termasuk kelainan pembuluh darah vaskular bawaan termasuk dalam kelompok kelainan maalformasi vaskular. Kelainan ini sering disebut juga dengan Hemangioma Thrombocitopenia Syndrome . Merupakan kasus yang jarang di jumpai di mana pada penderita terjadi penurunan jumlah platelet dan sering memunculkan masalah perdarahan .


 Bentuk yang menyerupai hematom dengan fluktuatif menyebabkan kecurigaan akan terjadinya trauma jadi sangat mengacaukan diagnosa . Meski kasus ini sangat jarang namun didunia termasuk sering di dokumentasikan . Hal ini terbukti dengan banyaknya di jumpai gambaran yang menyerupai kelainan ini dan bisa di jumpai di berbagai bagian tubuh .


Penatalaksanaan pada bagian bedah adalah melakukan eksisi dengan membuang massa pembuluh darah yang tersimpul dan terkumpul di jaringan kepala , namun resiko perdarahan massif adalah sesuatu yang sangat besar akan terjadi dan pernyataan yang tegas akan resiko operasi mesti disadari oleh orang tua dan keluarga pasien . Apalagi pada penderita di atas massa berasal dari leher yang merupakan tempat berseliwerannya pembuluh darah besar yang akan menuju ke kepala.

1 komentar:

  1. Bagi sebagain besar masyarakat benjolan di kepala sering dianggap penyakit tidak penting, temukan penyebab benjolan di kepala di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan

    BalasHapus

leave a comment please..