Minggu, 07 Desember 2014

EVAR Pada Aneurisma Aorta abdomen sulit yang dilakukan di divisi bedah vaskular dan endovaskuler Indonesia

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | EVAR pada  AAA sulit | Melakukan EVAR sederhana tentu akan menghadapi resiko yang sederhana juga meski setiap pelaksanaan tindakan harus dengan perhitungan yang teliti. perhitungan akan menjadi sulit jika suduk aneurisma yang terbentuk tajam dengan tempat menempelkan alat graftnya yang sangat pendek akan menyebabkan pekerjaan jadi beresiko dan rumit . Menutup saluran ginjal baik yang kiri maupun yang kanan akan merupakan malapetaka bagi operator pelaku tindakan , sebab akan menjadi masalah yang akan membahayakan jiwa bagi pasien . Jika hal ini terjadi maka tindakan cito atau segera melakukan operasi terbuka abdomen adalah jawaban yang mesti di lakukan , keterlambatan yang tak tertolerir akan menyebabkan ginjal menjadi rusak karena tidak mendapat suplai darah dari aorta. jika melebihi 6 jam maka akan terjadi kerusakan permanen.


Pasien dengan aneurisma abdomen dengan diameter 13 mm dengan resiko pecah atau rupture aneurisma akan menyebabkan kematian yang cepat jika mengalami pecah sebelum sebelum sempat di pasang graft EVAR  .


Saat melakukan tindakan EVAR tampak alat graft tengah di lepas dari alat delivery sistem yang bertugas menghantarkan greft ke tempat yang telah di perhituingkan tsb. Pada gambar juga terlihat aliran yang masih baik dari darah yang mengisi kalikeal system ginjal kiri.Hal ini jadi pegangan dan jaminan bahwa saluran ginjal tidak tertutup oleh graft EVAR.



Tampak graft EVAR telah terpasang dengan baik dan tidak di jumpai adanya bagian yang bocor dan endoleaks. Pasien sudah diet dan latihan duduk. Kaki - kaki graft baik kiri dan kanan terpasang dengan baik 


 Sehari pasca pemasangan alat graft EVAR terlihat pasien sudah latihan duduk , mulai diet dan berikutnya jika tidak ada masalah akan latihan berdiri dan berjalan . Hari ke tiga jika tidak ada masalah pasien sudah dapat di pulangkan.

Keyword tag : Ruang praktek bedah dokter ramzi spb , Graft aorta , delivery system , kasus - kasus sulit yang di tangani pada graft aorta EVAR , Resiko resiko evar , laparotomy segera jika saluran ginjal tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..