Minggu, 28 Desember 2014

Kapan sebaiknya Pasien cedera kepala di lakukan CT - scan kepala ???? part 2

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Cedara kepala | merupakan rudapaksa pada kepala dengan gaya yang datang dari arah manapun.Selama ini petugas yang bertugas di IGD sering ragu terutama pada rumah sakit yang ada fasilitas CT - Scanning . Begitu juga bagi dokter pemberi pelayanan primer baik di klinik maupun di Puskesmas dan praktek-praktek pribadi , kerap terjadi keraguan apakah kasus ini mutlak harus di kirim atau di rujuk ke rumah sakit dengan fasilitas CT - Scan ? Ada beberapa indikasi yang bisa jadi pertimbangan kita sebelum melakukan Head CT - scan pada pasien- pasien yang mengalami cedera kepala .





Beberapa indikator yang mesti jadi pertimbangan untuk dilakukan head CT - Scan pada cedera kepala :

1. Pasien dengan sakit kepala hebat jika di hitung dengan VAS harus di atas 6

2. Pasien dengan penurunan kesadaran GCS 13 kebawah

3.Pasien dengan muntah proyektil hebatdan berulang.

4. Pasien dengan riwayat pingsan lalu sadar dan kemudian kembali pingsan

5. Pasien dengan serangan kejang-kejang setelah kecelakaan

6.Pasien dengan luka terbuka dengan teraba dan tampak patah/pecah pada tulang tengkorak kepala

37 komentar:

  1. Atas partanyaan dari mbak anggie saya akan jawab pada postingan ini karena pada postingan oart 1 sudah full ..Anda mengalami benturan pada kepala 3 hari yg lalu dan tidak sakit namun saat ini anda merasa sering lupa. bisa saja hal ini anda alami karena benturan pada kepala namun keadaan emergensi untuk menandakan ada permasalahan di dalam intra cranial adalah sakit kepala yang hebat , muntah2 yang berulang dan gangguan kesadaran. jadi kondisi anda saat ini terlihat masih stabil namun tetap masih perlu waspada dan berhati-hati..sebaiknya anda konsultasi ke bagian neurology atau bedah syaraf terlebih dahulu . pemeriksaan head ct scan bisa saja di lakukan guna memastikan kondisi di dalam kepala anda .tks

    BalasHapus
  2. Selamat malam dok, perkenalkan saya muliadi, 3 hari yang lalu saya mengalami kecelakaan lalu lintas, kepala saya terbentur sampai sempat pingsan dan dikirim ke RS. di RS saya sudah di CT scan, kemudian tim dokter menjelaskan bahwa tidak terjadi pendarahan dalam kepala saya, cuma terjadi sedikit pembengkakkan pada bagian otak. Merasa agak baikan esoknya saya minta pulang dari RS. Setelah kejadian itu telinga kanan saya terus mendengung dok.
    Kemudian hari ini sekitar pukul 13.30 saya sempat bersim, karena merasa ada dahak yg nyangkut di rongga antara hidung dan mulut, saya krluarkan paksa melalui mulut, saya terkejut melihat dahak tsb. tercampur dgn darah (darah segar).
    Pertanyaan:
    1. Apakah bengkak pada otak itu bisa sembuh? Dan bagaimana cara menanganinya?
    2. Apakah telinga yg mendengung itu bisa sembuh.? Dan apakah perlu dibawa ke ahli THT?
    3. Apakah darah yg keluar bersama dahak itu berasal dari bagian otak? Atau bagaimana, mohon penjelasannya!
    4. Apakah gara2vbersim bisa membuat bagian otak menjadi luka? Dan apakah perlu dilakukan CT scan ulang?

    Mohon pencerahannya dok, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda mengalami kecelakaan dan benturan pada kepala sempai mengalamipingsan dan telah di lakukan head ct scan . Keterangan dokter anda mengalami odemann cerebri dan tidak di jumpai adanya perdarahan. Proses bengkak adalah proses yang sama pada seluruh bagian tubuh kita , jadi tidak hanya di kepala , bisa di tangan , kaki ,badan dll jika terbentur maka akan timbul bengkak , hematom dll . di dalam otak juga begitu. perlu waktu untuk menanganinya .

      Hanya saja bengkak di dalam otak tentu berbeda dengan dibagian tubuh lain , sebab bengkak di dalam otak akan sulit berkembang karena terperangkap di dalam rongga tulang kepala . yang nota bene adalah tetap atau terbatas sehingga bengkak pada otak akan menyebabkan tekanan intra cranial bertambah tinggi dan itu akan menyebabkan pusing , muntah dan pingsan. sembuh pasti bisa hanya saja jika ada luka atau memar otak bisa juga ada gejala sisa atau gejala lanjutan.

      masalah gendang telinga bisa bisa juga terjadi akibat benturan tadi maka gendang telinga mengalami robek , namun itu dapat sembuh sendiri jika robekan tidak terlalu besar. untuk lebih pasti anda bisa bawa konsultasi dan periksa ke dokter THT.

      Darah yang keluar lebih memungkinkan karena iritasi saat anda mengeluarkan ingus secara paksa atau berlebihan..

      Bersin sangat kecil kemungkinan menyebabkan otak menjadi luka ..tks

      Hapus
  3. Siang dok...saya mau tanya dok..barusan jidat saya kebentur dok..dan skrg benjol...mgkin drh rendah dok..soalnya sebelum jatuh ituu pas berdiri gelap dok..trus jatuh itu dan jidat saya kbnturr...dan skrg benjol dok...trus gi mn y dokk apa yg hrus saya lakukan...?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...anda mengalami benturan pada kepala akibat terjatuh dan mengalami benjolan pada kepala. kondisi anda saat ini bgmn ? karena jika di jumpaia danya gejala pusing atau sakit kepala yang hebat , muntah berulang dan ggn kesadaran mungkin anda harus ke dokter bedah syarah atau ke IGD RS terdekat mungkin perlu di lakukan head ct scan . Benjolan di kepala luar , jika tidak terlalu besar akan di serap dengan sendirinya. tks

      Hapus
  4. Selamat malam, dok. Tadi pagi mama saya jatuh kepleset dari kursi dan kepala belakang bagian atas langsung benjol dan merah. Benjolnya besar sesekepalan tangan. Sudah itu digosok sama minyak tawon oleh ipar saya dan ada minum obat china die da yao wang untuk luka memar yang kronis dan akut dan untuk memperlancar peredaran darah. Sebelum minum itu katanya kepala terasa sakit sekali. Sore tadi sempat muntah tapi katanya sekarang kepala sudah ga begitu sakit seperti tadi dan benjolan sudah agak kempes tapi masih merah. Yang mau saya tanyakan jika tidak ada kejadian muntah lagi dan sudah berangsur2 baik, apa masih perlu dilakukan ct-scan? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang dok, pagi ini mama sudah bisa jalan tapi kepala masih terasa berat. Apa itu efek dari jatuh kemarin atau gimana dok? Yang ingin saya tanyakan juga, bagaimana kita mengetahui kalau ada pendarahan di kepala selain lewat ct scan, maksud saya apa mata berkunang2 atau bagaimana gejalanya? Terima kasih sebelumnya,dok.

      Hapus
    2. Selamat malam dan salam kenal ya..orang tua anda mengalami benturan pada kepala dan mengalami bengkak serta muntah . Saat ini kondisi orang tua anda sudah bisa berjalan suatu pertanda yang cukup baik . jika tren sakit kepala semakin hebat disertai dengan muntah yang menyemprot atau kesadaran yang mulai terganggu itu adalah ciri-ciri suatu peninggian tekanan di dalam rongga kepala dan itu mesti dilakukan pemeriksaan head ct scan . rasa sakit pada ke[ala tidak hanya disebabkan oleh perdarahan namun bisa juga di sebabkan oleh oedem atau bengkak pada otak sebagai efek dari proses inflamasi . jika nyeri tidak hilang setelah lebih dari 2 mgg sebaiknya juga di lakukan pemeriksaan head ct scan . jika tidak mungkin di rumah mesti selalu di awasi dan di kontrol karena manifes perdarahan yang minimal akan bertambah secara perlahan - lahan baru muncul setelah 1 mgg atau bahkan lebih dari 1 bulan tks

      Hapus
  5. Selamat pagi dok, baru saja ayah saya jatuh, kepalanya terbentur lantai, lalu ada benjolan lumayan besar dikepala belakang, setelah itu ayah saya muntah2, dan kepala dirasa sakit, bdn juga demam. apa itu bahaya dok? apa perlu langsung ct scan atau harus bagaimana mohon sarannya dok.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ayah anda mengalami terjatuh dan kepala membentur lantai ada muntah dan sakit kepala juga ada demam . Jika sakit kepala yang cenderung meningkat dan muntah yang makin hebat dengan frekwensi yang terus meningkat sebaiknya di lakukan pemeriksaan head ct scan dan tidak menunda . Namun sebelumnya kami mohon maaf karena baru sempat mejawab pertanyaan anda sekarang. Jika dalam perjalanannya tidak di jumpai adanya kelainan itu hal yang mungkin saja terjadi karena bengkak yang hebat akibat oedem masih bisa terjadi dan menimbulkan peninggian tekanan intra kranial..tks

      Hapus
  6. Sebelum nya saya sangat berterimakasih dah bersyukur dengan menemukan blog Dr. Ramzi yang sangat helpful dan baik sekali.. semoga mendapat berkat dan hikmat yang panjang oleh YME.

    Saya Ines ingin bertanya mengenai suami saya yang mengalami cidera akibat terkena pukulan stick ski, jadi ketika sedang mau mengambil papan ski dengan posisi membungkuk di bawah, ada orang jatuh tepat di depan suami saya lalu stick orang tersebut membentur kepala suami saya bagian kiri atas jidat.... tapi suami saya tidak pingsan dan tidak mual setelah nya hanya merasakan sakit yang luar biasa dan lecet namun tidak berdarah.

    Sehabis itu kepala suami saya bengkak/benjol di bekas lukanya... lalu memar..

    Apakah perlu dilakukan ct scan? dia merasa sedikit pusing setelah beberapa jam kemudian. Apakah yg dialami suami saya berbahaya? karena saya takut terjadi efek serius walaupun tanpa gejala berat atau walaupun hanya cidera ringan.

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak ines , terimakasih atas greeting mbak ines kami sampai tersanjung . semoga tulisan kami dapat bermanfaat dan mohon maaf atas keterlambatan kami merespon pertanyaan anda.

      Suami anda mengalami cedera kepala akibat terkena stick sky tepatnya pada bagian jidat atau dahi kiri , di jumpai adanya sakit lecet dan berdarah. mual dan muntah (-). namun belakangan bengkak dan memar.

      kondisi saat ini bagaimana ? jika sakit kepala dan pusingnya makin berkurang dan muntah tidak di jumpai maka sebaiknya dilakukan observasi atau pengawasan di rumah saja . terutama hingga 2 x 24 jam , jika kondisi tidak bertambah hebat dan gejala yang ada mulai berkurang maka observasi atau pengawasan dapat lebih di kendorkan . namun jika kondisi meningkat maka segera di bawa ke igd rs yang ada fasilitas head ct scannya.

      Cedera kepala bisa di jumpai resiko jangka pendek , sedang dan jangka panjang , sehingga selalu berkonsultasi ke dokter jika di jumpai gejala-gejala ikutan . Jadi jika kondisi segera atau jangka pendek terlewati maka kontrol juga terhadap resiko janglka sedang dan jangka panjang perlu di kontrol dan di kenali tks

      Hapus
  7. Selamat malam dok, salam kenal. Sebelumnya 3 hari yg lalu saya pingsan dok, saat pingsan itu kepala saya 2 kali terbentur, yg pertama kena kursi, yg kedua terbentur lantai. Saya pingsan tiba2 saja dok, sblmnya tidak ada merasakan pusing ataupun berkunang2. Saat pingsan, menurut teman saya yg menyaksikan, saya sempat kejang2 slma bbrp menit. Setelah sadar, saya merasakan pusing yg luar biasa dan mual2. Setelah itu saya muntah2 hebat dan menyemprot sebanyak 3x. Saya lalu memeriksakan diri ke igd sebuah rumah sakit. Saya tdk di ct scan, hanya cek darah, hasilnya leukosit saya meningkat dan kadar kalium saya rendah. Sampai skrg kepala saya masih terasa nyeri, berat, dan nyut2an. Pertanyaan saya apakah yg saya alami ini berbahaya dok? Haruskah saya melakukan CT scan? Terimakasih banyak atas balasannya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ..anda mengalami pingsan dan mengalami benturan sebanyak 2 x tanpa di ketahui penyebabnya namun menurut teman anda anda mengalami kejang-kejang selama beberapa menit...? nah menurut kami di sini point nya jatuh dan kejang-kejang tanpa adanya atau di ketahui penyebabnya adalah sesuatu yang sangat berbahaya terutama jika anda berada di lokasi rawan seperti di atas kendaraan yang sedang melaju kencang , dipinggir bangunan ataudaerah ketinggian dll.

      Sebaiknya anda memastikan penyebab anda mengalami kejang-kejang atau jatuh . banyak penyebab bisa di duga sebagai etiologinya seperti syok hipotensi , gangguan pada hantaran listrik di kepala jika ada riwayat anda terjatuh sebelumnya , mesti di investigasi . kami khawatir dengan kemungkinan ini coba anda konsultasikan ke ahli neurology mungkin perlu di lakukan pemeriksaan neurologi atau bahkan pemeriksaan hantaran electrik neurografi dll.

      Untuk pemeriksaan CT scan jika rasa nyeri tidak meningkat maka pemeriksaan tools diagnostik ini belum begitu di perlukan , namun tetap mesti melakukan kontrol ke dokter jika ada sesuatu keluhan yang mengganggu. tks

      Hapus
  8. Dear dokter,
    anak saya usia 2 tahun jatuh dari tangga lt.2 dengan ketinggian tangga 2 meter. Anak saya langsung menangis dan tidak lama kemudian ia muntah sedikit (anak saya memang kebiasaan kalau menangis pasti ia batuk lalu muntah). Setelah saya periksa ternyata ada benjolan di kepala belakangnya. Besok pagi ia muntah saat saya memberikan sarapan. Setelah itu ia tidak muntah lagi dan ia tetap aktif serta riang seperi biasa. Saya membawanya ke dokter anak, saya diresepkan obat kalnex, piracetam dan thrombophob. Dokter juga menyuruh saya untuk melakukan ct scan dengan kontras di rumah sakit yang ditunjuk oleh dokter. Setelah saya sampai dirumah sakit, saya diberitahu oleh petugas disana bahwa sebaiknya anak saya ct scan biasa saja, tidak perlu sampai kontras karena takut efek obat kontrasnya. Jujur saya bingung dokter. Apalagi ternyata ct scan itu harus kondisi anak saya diam dan tidur sedangkan anak saya saat itu susah untuk ditidurkan. Akhirnya dokter memberikan obat stesolid rectal. Ternyata setelah diberikan obat itu anak saya tidak juga tidur, tubuh anak saya lunglai..saya pikir pasti efek dari obat stesolid itu ya dok. Anak saya juga jadi rewel dan menangis terus. Akhirnya dokter menyarankan untuk di anastesi. Tapi harus menunggu dokter anastesinya datang. Akhirnya saya memutuskan untuk membawa anak saya pulang. Saya bingung dokter.. apakah saya harus tetap membawa anak saya untuk ct scan? Apalagi setelah saya googling efek dari radiasi ct scan tidak baik untuk anak-anak. Kondisi fisik anak saya sampai saat ini masih tetap aktif seperti biasa. Saya tetap mengoleskan thrombophob di kepalanya yang benjol dan obat minun dari dokter anak. Tolong info nya ya dokter.. saya bingung dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear shanty dan salam kenal ya..anak anda usia 2 tahun terjatuh dari tangga setinggi 2 meter langsung menangis dan terbatuk . dengan keadaan yg langsung menangis kami sebagai ahli bedah kami lebih merasa ini lebih baik dari pada anak anda terjatuh dan hanya diam ...

      lalu pada kepala di jumpai adanya benjolan di belakang kepala..pernah muntah 1 x dan saat ini bermain ceria dan aktif kembali.Ini suatu nilai yg juga cukup baik menurut kami . memang untuk tahu pasti ke adaan anak diagnosa dengan ct scan di perlukan , namun secara prinsip keadaan klinis anak adalah lebih menjadi indikator dalam melakukan pemeriksaan head ct scan. efek radiasi memang ada namun jika hanya di lakukan untuk 1 x pemeriksaan sebenarnya efek radiasi masih dapat di toleransi dan biasanya masih dalam dosis yang tidak toksis.

      Jika kami di mintai pendapat pasien yang tidak ada tanda2 peninggian tekanan di dalam rongga kepala sebaiknya di lakukan pengawasan ketat saja di rumah terutama pada minggu - minggu pertama kejadian sehiongga jika di jumpai tanda @ klinis yg mencurigai adanya peninggian tekanan di dalam ruang kepala seperti , muntah , sakit kepala hebat dan gangguan kesadaran segera di bawa ke igd. namun jika tidak ada masalah hingga 2 mgg maka pengawasan dapat di longgarkan dan anda bisa merasa sedikit lebih tenang namun tentu dengan tetap memperhatikan si buah hati tks

      Hapus
  9. Assalamualaikum sebelumnya saya berterima kasih sekali kepada dokter yg sudah meluangkan waktunya untuk berbagi dengan kami semua Dokter Ramzi saya mohon saran nya anak kedua saya umur 3,5th mau 4 tahun sering mimisan saya merasa dia mimisan karena kelelahan dugaan itu karena saya lihat dia sering mimisan sepulang saya mudik kemarin hingga satu bulan tidak setiap hari sebenarnya. dalam sebulan itu terjadi 6-8 kali mimisan dengan darah mengucur yg banyak. saya mudik naik kendaraan pribadi. anak2 biasanya memanfaatkan jok tengah dan jok belakang untuk tidur selonjoran selama perjalanan. kalau menurut saya tidak ada benturan selama perjalanan. yg saya ingat benturan itu saat anak kedua saya itu pernah jatuh saat saya gendong. terbentur kepalanya bagian belakang. peristiwa itu saat dia berumur 1,5-2 tahun mohon info dan sarannya apakah saya perlu cek ct scan atau tindakan medis apa yg perlu saya lakukan atas saran dan informasinya saya ucapkan terima kasih on

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya ini adalah pertanyaan dari mas ade irawan dimana postingannya di masukkan di postingan bag atau part 1 yang sudah penuh sehingga kami pindahkan dalam bentuk pertanyaan ke postingan yang sama bag atau part 2 ini .
      selamat siang dan salam kenal ya mas irwan ..anak anda usia 3,5 dan 4 tahun sering mengalami mimisan . memang benar bahwasanya anak-anak usia 3,5 atau 4 tahun adalah sering mengalami kasus mimisan atau perdarahan dari arteri hidung bagian depan dan biasanya perdarahan ini sebentar atau tidak akan lama . biasanya faktor keletihan atau kecapean , mengalami batuk atau bersin , demam . atau alergy karna influensa sehingga sering gatal pada hidung. dan digosok-gosok sehingga berdarah. Jadi jatuh sekitar 5 tahun yg lalu secara scientis tidak ada hubungan dengan perdarahan pada hidung yang sekarang. tks

      Hapus
  10. Selamat malam dok, mau tanya anak saya jatuh sudah seminggu yang lalu tereset dan kepalanya terbentur lantai. Anak saya tdk mengalami muntah, kejang, atau keluar cairan dsb. Hanya saja setelah jatuh dia rewel dan malamnya panas namun keesokannya ternyata dia flu dan batuk. Tapi di kepala nya ada benjolan yang lumayan besar dok tidak hanya setitik tapi melebar. Sudah seminggu ini benjolannya tidak mengecil malah tetap bengkak dan lembek sperti ada cairan di dalamnya . Saya sudah ke dokter dan harus di ct scan tuk mlihat lbih jelas. Tp saya sangat takut dok tuk melihat hasilnya. Makamya sy ingin bertanya . Apa yang dialami oleh anak saya. Apakah serius atau bagaiman. Minta tlong bantuannya yah dok. Trimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya anak anda seminggu yang lalu terjatuh dan terseret serta kepala terbentur lantai , tidak mengalami muntah dan kejang - kejang , pada kepala di jumpai benjolan sampai 1 mgg lebih. sudah di anjurkan oleh dokter untuk dilakukan head ct scan . namun belum di lakukan. Kondisi anak saat ini bagai mana ?. jika kondisi saat ini biasa saja anda tidak perlu terlalu khawatir , jika anak beraktifitas biasa saja berarti intra cranial bleeding mungkin kecil kemungkinannya. Benjolan atau hematom di luar tidak perlu terlalu di khawatirkan karena hanya berupa tumpukan darah yang jika sedikit akan di serap namun jika banyak bisa di buang melalui sayatan sedikit di atas benjolan. Namun jika kondisi anak sakit kepala hebat , sering pusing dll sebaiknya anda lakukan pemeriksaan head CT scan untuk memastikan kelainan yang mungkin terjadi di dalam otak. tidak ada yang perlu di takutkan lebih cepat tahu diagnosa penyakitnya maka akan lebih baik bagi anak anda tks..

      Hapus
  11. Assalamualaikum dok saya nizar dijogja ingin menanyakan dok, kemarin malam anak saya jatuh dari tempat tidur tinggina 1meter dok.
    Saat jatuh dia menangis keras tp hanya sebentar setelah itu dia sudah hiperaktif seperti biasanya dok.
    Sampai sekarang saya pantau anak saya dia tidak ada mengalami kejang, muntah,atau hilang kesadaran dok, saya juga meraba tidak ada yg benjol dan tidak terlihat memar dok.
    Yang mau saya tanyakan haruskah saya membawa anak saya kerumah sakit untuk saya periksakan dan melakukan ct scan, karena s??
    Saya sangat takut sekali terjadi sesuatu dengan anak saya?
    Apakah biasanya kalo jatuh itu efeknya tidak langsung terlihat dok?
    Mohon balasannya ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...tinggi satu meter dan anak kembali hiperaktif ...menurut kami tidak perlu dilakukan pembuatan head ct scan ...namun anda harus perhatikan di rumah jika anak sering diam atau mengeluh nyeri di kepala maka periksakan secara reguler ke dr anak atau ke dokter neurology tks

      Hapus
  12. hai dok salam kenal. saya chandra usia 24thn tgl 23 april ini. saya ingin bertanya saja dok ttg keluhan saya. srkitar 6 bulan ini saya merasakan sakit kepala yg hanya di satu titik yaitu di belakang telinga sebelah kiri, itu awal nya jg g hebat bgt hanya sprti ada yg mendesak bagian otak saya. nyut nyut nyut sprt dipompa gtu. itu durasi nya jg sbntar g sampai 7detik tp sering sekali dok. nah 2 bln ini frekuensi nya tambah sering dok, bisa 3hari sekali, 2 hari, bahkan 1hari 4x terasa. juga sakit nya tambah hebat. untuk muntah sih g dok hanya mual2 yg masih bisa saya tahan tp itu hmpir tiap hari dlm 2minggu ini. untuk pandangan mungkin saya minus tp g terlalu kabur, kadang waktu saya pulang kerja saya suka ngelamun/kagetan/sperti hilang kesadaran tp hanya sbntar dan itu padahal sya masih mengemudi motor. 4hr ini saya merasa pusing n sakit kepala yg hebat di seluruh bagian terlebih bag belakang. terakhir saya timbang BB saya 56kg turun 7kg dlm 2minggu juga jalan sya agak smpoyongan. saya blm pernah punya riwayat sakit bag kepala/kecelakaan. sblm nya saya ini tekanan darah rendah dok, pernah kerja shift malam selama 2,5thn n sekarang jg kerja sistem shift lg, juga dlu alm ayah sya meninggal karena kanker lidah. saya blm pernah cek/berobat ke dokter/rs selama 4thn belakangan. jd apakah dokter bisa mendiagnosa apa yg saya rasakan tsb? apa yg harus saya lakukan? terima kasih dok, semoga Allah membalas kebaikan dokter

    BalasHapus
  13. hai dok salam kenal. saya chandra usia 24thn tgl 23 april ini. saya ingin bertanya saja dok ttg keluhan saya. srkitar 6 bulan ini saya merasakan sakit kepala yg hanya di satu titik yaitu di belakang telinga sebelah kiri, itu awal nya jg g hebat bgt hanya sprti ada yg mendesak bagian otak saya. nyut nyut nyut sprt dipompa gtu. itu durasi nya jg sbntar g sampai 7detik tp sering sekali dok. nah 2 bln ini frekuensi nya tambah sering dok, bisa 3hari sekali, 2 hari, bahkan 1hari 4x terasa. juga sakit nya tambah hebat. untuk muntah sih g dok hanya mual2 yg masih bisa saya tahan tp itu hmpir tiap hari dlm 2minggu ini. untuk pandangan mungkin saya minus tp g terlalu kabur, kadang waktu saya pulang kerja saya suka ngelamun/kagetan/sperti hilang kesadaran tp hanya sbntar dan itu padahal sya masih mengemudi motor. 4hr ini saya merasa pusing n sakit kepala yg hebat di seluruh bagian terlebih bag belakang. terakhir saya timbang BB saya 56kg turun 7kg dlm 2minggu juga jalan sya agak smpoyongan. saya blm pernah punya riwayat sakit bag kepala/kecelakaan. sblm nya saya ini tekanan darah rendah dok, pernah kerja shift malam selama 2,5thn n sekarang jg kerja sistem shift lg, juga dlu alm ayah sya meninggal karena kanker lidah. saya blm pernah cek/berobat ke dokter/rs selama 4thn belakangan. jd apakah dokter bisa mendiagnosa apa yg saya rasakan tsb? apa yg harus saya lakukan? terima kasih dok, semoga Allah membalas kebaikan dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal...mas chandra dari penuturan dan keluhan yang anda sampaikan sepertinya ada proses desak ruang di dalang tulang kepala bisa berasal dari massa otak yang bertambah oleh berbagai sebab ...mungkin suatu tumor atau yang lain sebaiknya anda segera konsultasikan ke ahli neurology kelainan yang anda rasakan dan biasanya segera dilakukan pembuatan head ct scan...keluahan yang anda sampaikan sangat khas dan apalagi diserta penurunan penglihatan dan penurunan berat badan ..mohon segera di periksakan ya oya jika boleh tahu di mana anda berdomisili...? tka

      Hapus
  14. dok sebulan yang lalu ayah saya mengalami kecelakaan, sempat pingsan dan tidak bisa bangun krn kepala sangat pusing dan mau muntah, sempat muntah, penglihatan juga kabur, setelah MRS dan dokter disana bilang kalo hanya efek benturan, tapi setelah 1 bulan ini masih pusing, penglihatan kabur dan kadang2 bisa muntah, apa segera ct scan dok, mohon pencerahannya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..dari penuturan anda yg sudah mengalami benturan lebih sebulan dan masih ada gejala dan keluhan spt peninggian tek intra kranial ...maka sebaiknya anda konsultasikan ke dokter neurology dan juga dilakukan pembuatan head ct scan untuk melihat kepastian ada SOL atau tidak di dalam rongga intra kranial..tks

      Hapus
  15. Assalamualaikum dok. Saya td malam kecelakaan motor d tabrak org. Kepala saya terbentur aspal hingga pusing, benjol n sakit d bagian kepala belakang sebelah kiri. Skitar setengah jam kemudian saya muntah2. Saya berobat k bidan n d kasih obat dok. Sekarang kpla saya masih sakit d tmpat bnturan it dan mual2 mau muntah semalam n sepanjang siang hari. Mnurut dokter itu berbahaya atau tidak? Perlukah saya mrlakukan CT scan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb selamat malam dan salam kenal ya melihat keluhan dan muntah yang berulang kali yang anda alami sebaiknya di lakukan pemeriksaan yang serius dan terperinci ...dan konsultasikan ke dokter neurology segera agar cepat bisa di ketahui penyebab pastinya .salah satunya dengan melakukan pemeriksaan head ct scan..memang muntah juga bisa di sebabkan oleh odem pada otak akibat benturan ...namun mesti di ketahui secara pasti sebab jika perdarahan yang berlangsung terus menerus maka dapat membahayakan anda tks

      Hapus
  16. Ass. salam kenal dok, nama saya arip, seminggu yang lalu istri saya kecelakaan lalu lintas dan kepala membentur tiang besi sehingga luka 5 jaitan di jidat depan, tidak pingsan, tidak retak tulang kepala, tidak kejang dan tidak pula muntah, hanya pas waktu kecelaakaan mengalami lupa semua hal yang dialami tetapi ngobrol nyambung seperti biasa, lupa tersebut dialami selama 1 hari 1 malam besoknya normal kembali. kata dokter disini tidak akan apa2 tinggal menunggu luka kering dan jaitan dibuka. bagaimana menurut dokter apakah perlu dilakukan CT scan atau tidak? terimakasih.

    BalasHapus
  17. Selamat malam, saya Sei 16 tahun. Sekitar 2 hari yang lalu kepala bagian belakang saya tidak sengaja terbentur (kejedot) tembok saat sedang menyamankan posisi duduk (bersandar pada tembok). Tidak ada keluhan apapun setelah kejadian (tidak pusing,mual,muntah,pingsan/kesadaran menurun,benjol/memar,kejang-kejang,dll). Setelah beberapa menit saya memutuskan untuk tidur selama 2 jam, dimana 1 jam pertama terbangun karena alarm, begitupun 1 jam berikutnya. Tapi, setelah itu kepala saya sedikit pusing walau hanya sesaat. Saya tidak tahu apa penyebabnya (entah karena posisi tidur saya atau apa). Dan setelah itu saya beraktifitas sebentar sebelum kembali tidur hingga pagi.
    Nah, di pagi harinya setelah bangun, baru saya mulai merasakan nyeri di kepala. Awalnya hanya di bagian kepala sebelah kiri. Selain itu, saya sedikit merasa mual tapi ini hanya sebentar & saya tidak merasa mual lagi. Hingga hari ini, nyeri di kepala masih ada. Rasanya memang tidak begitu sakit, tapi agak mengganggu saja. Kadang rasa nyerinya di bagian sebelah kiri, puncak kepala, dan bagian kanan depan. Nyerinya pun hilang timbul. Saya sudah minum obat pereda sakit kepala tadi (yang mengandung paracetamol 600 gram), tapi belum ada tanda-tanda nyeri ini membaik (namun bukan berarti nyerinya bertambah parah). Badan saya juga terasa sedikit tidak enak (bukan lemas/lesu), tapi ketika suhu badan dicek hasilnya normal.
    Pertanyaan saya, perlukah saya ke rumah sakit untuk memeriksakan diri? Dan kira-kira nyeri yang saya rasakan penyebabnya apa (apakah akibat benturan, posisi tidur, atau hal lain)?
    Terima kasih atas perhatian dokter.

    BalasHapus
  18. Selamat malam, saya Sei 16 tahun. Sekitar 2 hari yang lalu kepala bagian belakang saya tidak sengaja terbentur (kejedot) tembok saat sedang menyamankan posisi duduk (bersandar pada tembok). Tidak ada keluhan apapun setelah kejadian (tidak pusing,mual,muntah,pingsan/kesadaran menurun,benjol/memar,kejang-kejang,dll). Setelah beberapa menit saya memutuskan untuk tidur selama 2 jam, dimana 1 jam pertama terbangun karena alarm, begitupun 1 jam berikutnya. Tapi, setelah itu kepala saya sedikit pusing walau hanya sesaat. Saya tidak tahu apa penyebabnya (entah karena posisi tidur saya atau apa). Dan setelah itu saya beraktifitas sebentar sebelum kembali tidur hingga pagi.
    Nah, di pagi harinya setelah bangun, baru saya mulai merasakan nyeri di kepala. Awalnya hanya di bagian kepala sebelah kiri. Selain itu, saya sedikit merasa mual tapi ini hanya sebentar & saya tidak merasa mual lagi. Hingga hari ini, nyeri di kepala masih ada. Rasanya memang tidak begitu sakit, tapi agak mengganggu saja. Kadang rasa nyerinya di bagian sebelah kiri, puncak kepala, dan bagian kanan depan. Nyerinya pun hilang timbul. Saya sudah minum obat pereda sakit kepala tadi (yang mengandung paracetamol 600 gram), tapi belum ada tanda-tanda nyeri ini membaik (namun bukan berarti nyerinya bertambah parah). Badan saya juga terasa sedikit tidak enak (bukan lemas/lesu), tapi ketika suhu badan dicek hasilnya normal.
    Pertanyaan saya, perlukah saya ke rumah sakit untuk memeriksakan diri? Dan kira-kira nyeri yang saya rasakan penyebabnya apa (apakah akibat benturan, posisi tidur, atau hal lain)?
    Terima kasih atas perhatian dokter.

    BalasHapus
  19. selamat siang dok.saya ryan saya punya anak usia 6 thn, mengalami kecelakaan beberapa hari yang lalu, anak saya kepala nya mngalami benturan dibagian kiri belakang.awalnya terasa seperti ada cairan di tempat yang terbentur,tapi setelah bbrapa hari smakin meluas hingga ke atas dahinya terasa lembek... tolongs olusinya dok,slama ini kami hanya mengompress dengan air hangat saja. secepatnya saran dokter kami butuhkan.. tks

    BalasHapus
  20. Asw. Salam kenal dok, nama saya Dini. Tadi malam anak saya yg berumur 3 tahun kepalanya terbentur tembok, saya dan suami tdk melihat pasti bagaimana posis kepala saat terbentur krn kami sdg di luar ruangan. Kami mendengar suara benturan keras di tembok dan kami dapati anak saya menangis sambil menutup wajahnya dgn tangan, tak lama setelah itu dia muntah dan disusul muntah yg memancar kurleb stgh meteran. Setelahnya tdk ada efek apa2, anak sy kembali ceria dan tidur. Apakah ini tdk apa2 dok? Apa perlu kami ct scan? atau cukup hanya diawasi di rumah? Terimakasih

    BalasHapus
  21. Asw. Salam kenal dok, nama saya Dini. Tadi malam anak saya yg berumur 3 tahun kepalanya terbentur tembok, saya dan suami tdk melihat pasti bagaimana posis kepala saat terbentur krn kami sdg di luar ruangan. Kami mendengar suara benturan keras di tembok dan kami dapati anak saya menangis sambil menutup wajahnya dgn tangan, tak lama setelah itu dia muntah dan disusul muntah yg memancar kurleb stgh meteran. Setelahnya tdk ada efek apa2, anak sy kembali ceria dan tidur. Apakah ini tdk apa2 dok? Apa perlu kami ct scan? atau cukup hanya diawasi di rumah? Terimakasih

    BalasHapus
  22. Asw. Salam kenal dok, nama saya Dini. Tadi malam anak saya yg berumur 3 tahun kepalanya terbentur tembok, saya dan suami tdk melihat pasti bagaimana posis kepala saat terbentur krn kami sdg di luar ruangan. Kami mendengar suara benturan keras di tembok dan kami dapati anak saya menangis sambil menutup wajahnya dgn tangan, tak lama setelah itu dia muntah dan disusul muntah yg memancar kurleb stgh meteran. Setelahnya tdk ada efek apa2, anak sy kembali ceria dan tidur. Apakah ini tdk apa2 dok? Apa perlu kami ct scan? atau cukup hanya diawasi di rumah? Terimakasih

    BalasHapus

leave a comment please..