Selasa, 02 Desember 2014

Loop graft : Pilihan Lain Kami , Bila Cimino tidak mungkin dilakukan ?....

Ruang Praktek Bedah - dokter ramzi spb | Loop Graft | Merupakan pilihan lain yang lebih advance dan penuh dengan resiko dalam menjamin akses cuci darah bagi penderita GGK yg mesti bertahan dalam kelangsungan kehidupan yang merupakan hak dari seluruh penderita dengan kelainan fungsi ginjal permanen ini.. Kegagalan dalam melakukan pembuatan cimino pada seluruh lokasi yang lazim di gunakan membuat pilihan ini menjadi harapan lain dalam kelangsungan dan menjadi jaminan kelangsungan proses mencuci darah. Banyak hal dapat menjadi penyebab pembuatan akses cuci darah ini menjadi problema , seperti pembuluh vena luar yang memang sangat kecil dari bawaan sehingga pembuatan cimino menjadi sering mengalami kegagalan , selain faktor kelainan lain seperti faktor pembekuan yang kurang normal atau adanya kelainan jantung.


AV Loop graft team saat melakukan operasi di divisi bedah vaskular dan endovaskular RSCM




Kondisi tangan kiri penderita yang telah berulang kali mengalami kegagalan dalam proses pembuatan akses untuk pencucian darah seperti cimino kanan dan kiri , av brachiocfalika kanan dan kiri , av brachiobasilika kanan dan kiri dan telah gagal juga proses transposisi di kanan dan kiri . dan saat ini pasien telah mendapat jaminan akses cuci darah dari jugular vein ..( Long term CDL ).


Operasi AV loop graft seyogyanya dapat di lakukan dengan pembiusan lokal atau lokal anestesi sehingga kemungkinan resiko terhadap vital organ seperti , ginjal , jantung dan hati akan sedikit berurang akibat obat-obat anestesi . namun ini tentu mesti disesuaikan dengan kondisi umum dan sensitivitas individual pasiennya
 
Pada kasus ini dilakukan pembuatan Loop graf dengan menggunakan deep vein alias vena dalam di lengan sehingga mesti masuk ke daerah yang berbahaya di bagian dalam yang dekat dengan dengan nervus dan sendi . diameter pembuluh vena dalam dan kepastian mengenai jumlahnya mesti di ketahui dengan pasti oleh dokter akli bedahnya serta mengerti resiko yang terjadi saat bermain-main dengan vena dalam karena jika vena luar sudah bermasalah , maka kerusakan sedikit saja pada vena dalam akan menyebabkanlengan mengalami bengkak yang akan membahayakan terhadap keselamatan lengan tersebut.

Evaluasi yang ketat dan baik , sebelum , sesaat dan setelah tindakan loop graft adalah mutlak dan mesti di ketahui oleh seorang ahli bedah atau ahli bedah veskuler yang melakukan tindakan. Sebab keberhasilan akan sangat tergantung dengan persiapan yang matang , handling yang baik dan follow up pasca operasi yang baik dan teratur. Tindakan yang asal-asalan tentu akan mencelakakan pasien yang menisbikan peluang untuk keberlangsungan kehidupan.


Saat melakukan tindakan tunneling graft dimana dibuat track yang cukup untuk penempatan graft sehingga tidak , menyempit , tidak trombus dan tidak membentuk sudut yang tajam , sahingga aliran darah menjadi lancar , salah satu hal yang sering menjadi masalah adalah trombus pada hampis setiap pemasangan graft buatan dan mesti di antisipasi dengan berbagai tehnik yang khusus di bidang bedah vaskuler. sebab thrombus yang telah terbentuk tentu akan menyebabkan usaha keras dan beresiko ini menjadi sia-sia , apalagi jika mengingat bahwa graft merupakan produk yang tidak murah .

 
Hasil akhir pasca dilakukan tindakan operasi pemasangan loop graft yang kami lakukan di RSCM dengan gambaran graft yang terlihat terisi dan selanjutnya perawatan dengan kontrol yang baik maka daerah yang cukup panjang untuk track puncture buat cuci darah pada lengan bawah. Belum banyak uji klinis yang menyatakan tentang lamanya jaminan akses cuci darah ini , namun dari pengalaman pada pasien yang pernah di amati adalah sekitar 2-4 tahun.

Keyword tag : Ruang Praktek Bedah - Dokter Ramzi SpB | AV Loop graft | Apa pilihan jika simino dan av shunt sudah gagal semua | Resiko yg terjadi jika melakukan AV Loop Graft | apakah Loop graft sesuatu pilihan sulit yang tanpa resiko | Loograft dapat dilakukan di bedah vaskuler RSCM | AV Loop graft yang di lakukan di div bedah vaskular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..