Sabtu, 21 Februari 2015

Embolisasi untuk meminimalisir perdarahan pada total parotidektomy ...

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Embolisasi pada total parotidektomy | di dunia telah menjadi trend perkembangan dan kemajuan tindakan endovaskular dengan melakukan sumbatan pada arteri feeding massa tumor pada sumber-sumber yang tervisualisasi jelas dengan pemeriksaan ct angiografi atau langsung saat di lakukan pemeriksaan arteriografi di cath lab . Perdarahan yang di perkirakan akan banyak terjadi dapat di minimalisir dengan menutup sementara sumber - sumber feeding arteri secara selectif. Pemahaman anatomi dan variasi yang masih di toleris merupakan kunci keberhasilan dengan kerusakan jar sehat seminimal mungkin.


Ketelitian dan kejelian yang di tunjang oleh pengetahuan yang mumpuni sangat menetukan keberhasilan tindakan ini . apalagi bermain diarea kepala yang merupakan daerah yang sangat beresiko , terutama untuk terjadi lepasnya thrombus , plak atau bahan embolan yang di gunakan sehingga pilihan bahan embolan juga mesti di perhitungkan secara baik dan matang. Perlu di ingat resiko stroke dan kematian selalu mengancam pasien.

Mempelajari setiap milimeter anatomi yang tergambar pada ct angiografi dan di lanjutkan dengan arteriografi yang nyata akan mempertegas sumber feeding arteri yang kita harapkan .


Sebelum melakukan arteriografi , dari CTA sudah didapat gambaran yang jelas dan lengkap mengenai lokasi feeding utama dari arteri dan berasal dari cabang yang mana ...begitu juga kita harus melakukan explore yang lebih detail tentang feeding arteri tambahan dan aksessories . Pembesaran yang baik akan memudahkan untuk membaca sumber perdarahan berasal.Biasanya embolisasi yang dilakukan adalah yg sementara sekitar 2-3 hari . sebelum jadwal operasi terbuka dilakukan.

Namun perlu di ingatkan bagi operator eksisi massa tumor agar berhati-hati karena sumber perdarahan telah di tutup atau dikurangi sehingga sulit melakukan identifikasi keberadaan arteri yang telah ditutup sebab tentu tidak di jumpai lagi adanya pulsasi.Artinya melakukan tindakan dengan lebih hati-hati agar tidak mengenai bagian arteri utama..

Keyword tag : Ruang Praktek Bedah - dokter ramzi spb , embolisasi pada Ca parotis , resiko embolisasi di daerah kepala , CT angiografi mutlak sebelum arteriografi , temporari embolisasi. kapan di lakukan embolisasi sementara ini .

1 komentar:

  1. Selamat sore dok. Saya wanita 22 tahun.
    2 tahun lalu ada benjolan di depan telinga kiri saya (persisnya di depan telinga bagian atas tepat dibawah tulang area jambang pada laki2) Benjolan teraba lembut berbarengan dengan jerawat besar yg tumbuh di dahi kiri saya. Ketika jerawat tsb sembuh, benjolan ini pun ikut mengecil. Namun tidak menghilang, melainkan hanya mengecil saja. Tidak teraba secara langsung tapi jika ditekan bisa terasa ada benjolan.
    4 hari yg lalu saya merasa benjolan membesar.namun tidak menonjol keluar, tapi terasa membesar. Benjolan terasa lembut nyaris keras jika ditekan dan mobile.
    Tidak ad keluhan nyeri, merah,sakit,pusing, dan lain2.
    Yg saya rasakan adalah benjolan ini sperti menekan kedalam dan memberikan rasa tidak nyaman.
    Saya sudah ke dokter bedah tp kata dokter tidak ada apa2. Saya baca2 dan mendengar tumor parotis menjadi takut.
    Namun kata dokter tersebut benjolan tumor parotis berada di bawah telinga bukan didepan telinga.
    Saya mau memastikan ini apa dok..dan knapa tiba2 membesar.
    Terimakasih

    BalasHapus

leave a comment please..