Sabtu, 21 Februari 2015

Perdarahan renal segmen superior dilakukan embolisasi sementara selectif pada arteri renalis superior..

Ruang Praktek bedah - doker ramzi spb | Embolisasi arteri renalis superior | Pasien adalah laki-laki usia muda parus baya sekitar 30 tahunan terdeteksi adanya gambaran peritonitis dan dari usg terlihat adanya kolecting darah dengan haemoglobin yang cenderung selalu turun. . curiga suatu trauma pada abdomen akibat urutatau massage yang terlalu keras may be atau pijat yang terlalu bersemangat . Dan oleh ahlibedah saluran cerna di lakukan tindakan laparotomi untuk membuka rongga perut namun setelah di lakukan eksplorasi alias mencari sumber perdarahan ternyata di rongga dalam perut atau abdomen tidak di jumpai adanya perdarahan aktif .


Namun darah terus ada terkumpul , dan pada bagian belakang atau posterior terlihat adanya hematom atau berwarna merah yg berdenyut akhirnya di putuskan ini adalah proses imbibisi atau rembesan dari bawah belakang yg di curigai perdarahan dari arteri renalis akibat rupture ginjal pada pool superior.

Oleh bagian bedah saluran cerna luka operasi di tutup kembali dan di konsultasikan kebagian bedah vaskular dan endovaskular.

Pasien 1 hari kemudian di persiapkan untuk di lakukan tindakan arteriografi dan persiapan embolisasi atau cover stent . Dengan akses standar dari femoral dilakukan arteriografi bertahap dan seselektif mungkin melalui cabang arteri renalis superior bagian posterior dan lateral . Terlihat adanya ekstravasasi dari contras pada pool atas dan permukaan ginjal yang tidak beraturan . selanjutnya di lakukan memasukkan bahan embolan dengan kateter kecil dan bahan embolan ini bersifat sementara untuk 2-3 hari saja sehingga setelah itu bahan ini akan terdilusi sendiri . Bahan embolan ini kami buat dengan tecnik kusus dan diolah sendiri sesuai pengalaman di lapangan.

Setelah itu di lakukan kembali kontrol dengan menyemprotkan kontras ke arteri renalis superior dan terlihat ekstravasasi yang semakin berkurang . Begitu selanjutnya pada cabang-cabang yang lain di pilih secara selectif sehingga kemungkinan untuk terjadi resiko iskemia pada daerah yang telah di sumbat dengan embolan bisa di minimalisir.

Keyword tag : Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb , Perdarahan trauma ginjal bagian atas , embolisasi pada trauma ginjal , embolant sementara . temporary embolisasi , selectif embolisasi , Pilihan lain mengontrol perdarahan pada trauma ginjal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..