Selasa, 10 Maret 2015

Rupture vena cava inferior di meja oprasi suatu kasus yang kerap terjadi

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | Rupture Vena Cava Inferior | Terjadinya robekan pada vena cava inferior adalah masalah tersendiri di dunia perbedahan . Kerap robekan pada pembuluh balik terbesar di rongga tubuh kita ini menjadi momok bagi banyak ahli bedah yang bermain di regio thorak dan abdomen . Terutama operasi pada kasus - kasus tumor baik tumor hati , tumor lambung , tumor ginjal , tumor usus , tumor limfa , pancreas dll akan beresiko terkena atau merobek atau melukai  pembuluh vena besar di rongga perut seperti vena cava inferior , vena cafa superior , vena porta dll . Jika robekan pada vena besar tersebut akan sangat beresiko untuk terjadinya odem , peninggian tekanan vena di bagian distal atau bagian ujung . Jika kondisi akut akan bisa membahayakan nyawa penderita , khususnya jika terjadi di anatomis tertentu yang tidak punya colateral yang mumpuni . sehingga tindakan penangananya jadi lebih sulit  dan beresiko.




Sering akibat perlengketan dengan massa tumor yang sangat sulit bahkan menyatu dengan massa tumor , sehingga disseksi yang sebaik apapun meski juga sudah di tangani oleh seorang ahli bedah khusus pembuluh darah bukan tidak mungkin akan mencederai salah satu lapisan dinding arteri atau vena yang berada di sekitar atau di dalam massa tumor .

Aorta atau arteri adalah organ vaskular yang berdinding tebal dengan pulsasi atau denyut yang dapat di raba sehingga lebih memudahkan bagi seorang operator untuk mengetahui letah atau posisi dari aorta atau arteri tersebut . Tapi untuk vena beski selebar vena cava inferior yang jika kembang bisa berdiameter 2 cm serta cenderung kolaps . Saat melakukan pembebasan jaringan kerap sensitifitas di ujung jari akan sulit untuk mendeteksi keberadaan anatomi yang pasti dari vena ini. Hal-hal seperti ini sering terjadi karena ketiadaan marker pasti dari vena tersebut dan hal ini sangat berbeda dengan arteri yng jelas berdenyut dengan lumen yang teraba keras dan bulat karena dinding arterinya yang lebih tebal ..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..